Hubungan Antara Indeks Masa Tubuh Dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders (Studi Kasus pada Pekerja Operator Container Crane PT. X Surabaya)

Musculoskeletal disorders Indeks massa tubuh Operator container cran

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang: Di era globalisasi seperti saat ini mempengaruhi beberapa aspek terutama pada bidang ekonomi perdagangan yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi timbulnya suatu permasalahan kesehatan pada pekerja. Musculoskeletal disorders (MSDs) merupakan penyakit akibat kerja terbesar kedua yang banyak dialami pekerja karena timbulnya keluhan atau gangguan pada bagian-bagian otot rangka. Di Indonesia tingkat prevalensi keluhan Musculoskeletal disorders (MSDs) sebesar 24,7%. Salah satu pekerjaan yang berisiko mengalami keluhan Musculoskeletal disorders (MSDs) yaitu tenaga kerja bongkar muat terutama Operator Container Crane. Penyebab gangguan musculoskeletal dapat diakibatkan dari faktor internal dan faktor eksternal, salah satunya yaitu factor indeks masa tubuh. Kelebihan berat badan (Overweight) dan obesitas dapat mempercepat kerusakan stuktur tulang karena menyangga berat badan yang terlalu berat sehingga terjadi penekanan pada bantalan saraf tulang belakang.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan indeks masa tubuh pekerja operator container crane di PT. Terminal Petikemas Surabaya terhadap keluhan musculoskeletal disorders (MSDs).

Metode: Desain penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat Cross-sectional kepada 61 responden. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari hasil observasi dan analisis kuisioner serta lembar penilaian Nordic Body Maps (NBM). Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji non parametrik korelasi spearmen menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukan sebanyak (59%) responden memiliki indeks masa tubuh gemuk (overweight). Berdasarkan uji korelasi spearmen yaitu tidak terdapat hubungan antara indeks masa tubuh dengan keluhan Musculoskeletal disorders (MSDs) dengan nilai signifikasi (p= 0,585).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan uji statistik tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antra indeks masa tubuh dengan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs). Meskipun begitu hal ini harus tetap diwaspadai agar tidak terjadi penyakit akibat kerja. Disarankan untuk tetap menjaga konsumsi makan yang seimbang, aktifitas fisik yang cukup serta olahraga yang teratur.