Analisis Faktor yang Menyebabkan Belum Tercapainya Target Pelaporan Nilai Kritis Laboratorium: Studi di Instalasi Patologi Klinik Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

Unduhan
Latar Belakang: Nilai kritis laboratorium merupakan hasil laboratorium yang menunjukkan keadaan patofisiologi yang tidak normal yang dapat mengancam nyawa pasien jika tidak segera dilakukan tindakan medis. Pelaporan nilai kritis laboratorium di Instalasi Patologi Klinik Rumah Sakit Umum Haji Surabaya periode Januari-Juli tahun 2020 belum 100%.
Tujuan: Penelitian ini menganalisis faktor penyebab belum tercapainya target pelaporan nilai kritis laboratorium di Instalasi Patologi Klinik Rumah Sakit Umum Haji Surabaya berdasarkan faktor psikologis dan faktor organisasi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 23 orang yang diambil secara total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 73,9% responden bermotivasi tinggi, 91,3% responden berpersepsi baik, 82,6% responden berkepribadian tipe B, 69,6% responden memiliki pembelajaran baik, 78,3% responden memiliki stres kerja rendah, 52,2% responden menyatakan kepemimpinan cukup baik, 95,7% responden menyatakan imbalan sedang, 60,9% responden menyatakan desain pekerjaan sesuai profesi, dan 87,0% struktur organisasi efektif.
Kesimpulan: Faktor yang menyebabkan belum tercapainya target pelaporan nilai kritis laboratorium di Instalasi Patologi Klinik, Rumah Sakit Umum Haji Surabaya periode Januari-Juli 2020 berdasarkan Prinsip Pareto 80/20 adalah motivasi, pembelajaran, kepemimpinan, dan desain pekerjaan. Sebaiknya analis kesehatan meningkatkan motivasi diri, menjadikan pengalaman sebagai pembelajaran, pimpinan sebagai rekan kerja, bekerja dengan baik tanpa paksaan serta Instalasi Patologi Klinik memberikan penghargaan karyawan terbaik, melakukan evaluasi, memberi pemahaman dan penjelasan pengambilan keputusan, mengatur perputaran pembagian tugas.
Ahmad, Y. et al. (2019) ‘Pengaruh Stres Kerja , Beban Kerja , Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Fif Group Manado The Effect Of Work Stress , Workload , And Work Environment On Employee Performance At PT. FIF Group Manado Rivai ( 2008 : 309 ) mendefinisikan', 7(3), pp. 2811–2820.
Amalia, R. S. and Hadi, C. (2019) ‘Peran desain pekerjaan dan karir bagi karyawan generasi milenial', 28(1), pp. 10–21. doi: 10.30996/fn.v28i1.2421.
Andayani, I. and Tirtayasa, S. (2019) ‘Pengaruh Kepemimpinan , Budaya Organisasi , Dan Motivasi Terhadap', 2(1), pp. 45–54.
Anggraeni, F. N. (2020) ‘Determinan motivasi internal terhadap kinerja', 3(2), pp. 161–170. doi: 10.37481/sjr.v3i2.191.
Crystandy, M., Tampubolon, I. L. and Najihah, K. (2019) ‘Pengaruh Kepemimpinan Dan Imbalan Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Datu Beru Takengon', Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI). Universitas Muhammadiyah Palu, 2(1), pp. 61–68. doi: 10.31934/MPPKI.V2I1.532.
Du, H. et al. (2018) ‘Derivation of Outcome-Based Pediatric Critical Values', pp. 324–331. doi: 10.1093/AJCP/AQX165.
Ermawati, N. and Delima, Z. M. (2016) ‘Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, Dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kabupaten Pati)', Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), p. 163. doi: 10.30659/jai.5.2.163-174.
Fatima, I. et al. (2019) ‘Dimensions of service quality in healthcare: A systematic review of literature', International Journal for Quality in Health Care, 31(1), pp. 11–29. doi: 10.1093/intqhc/mzy125.
Hartati, Y., Ratnasari, S. L. and Susanti, E. N. (2020) ‘Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Indotirta Suaka', Dimensi, 9(2), pp. 294–306.
Kadarwati (2019) ‘Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, Dan Pembelajaran, Terhadap Kinerja Pemasar Asuransi Jiwa Studi Kausal Di PT Indolife Pensiontama', 11(1), pp. 1–28.
Lee, D. and Kim, K. K. (2017) ‘Assessing healthcare service quality: a comparative study of patient treatment types', International Journal of Quality Innovation. International Journal of Quality Innovation, 3(1), pp. 1–15. doi: 10.1186/s40887-016-0010-5.
Lestari, D. (2016) ‘Analisis Desain Pekerjaan Pada PT Ciputra Graha Mitra di Samarinda', Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), pp. 211–221. Available at: https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/03/Jurnal (03-15-16-07-15-25).pdf.
Lippi, G. and Mattiuzzi, C. (2016) ‘Critical laboratory values communication: Summary recommendations from available guidelines', Annals of Translational Medicine, 4(20), pp. 2–5. doi: 10.21037/atm.2016.09.36.
Marjaya, I. and Pasaribu, F. (2019) ‘Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai', Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), pp. 129–147. doi: 10.30596/maneggio.v2i1.3650.
Noor, N., Rahardjo, K. and Ruhana, I. (2016) ‘PENGARUH STRES KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT JasaRaharja (Persero) CabangJawaTimur di Surabaya)', Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 31(1), pp. 9–15.
Nur, I. R., Hidayati, T. and Maria, S. (2016) ‘Pengaruh Konflik Peran, Ambiguitas Peran Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan', Jurnal Manajemen, 8(1), pp. 1–18.
Rahmawaty, D. (2017) ‘Pengaruh Persepsi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Moderasi', Jurnal Benefita, 2(3), p. 278. doi: 10.22216/jbe.v2i3.2285.
Rocha, B. C. B. et al. (2016) ‘The critical value concept in clinical laboratory', Jornal Brasileiro de Patologia e Medicina Laboratorial. Sociedade Brasileira de Patologia Clínica, , 52(1), pp. 17–20. doi: 10.5935/1676-2444.20160008.
Salsabila, Z. et al. (2021) ‘Healthcare Failure Mode and Effect Analysis Design for Indonesia Hospital Laboratories: a Literature Review', Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 9(1), p. 33. doi: 10.20473/jaki.v9i1.2021.33-54.
Sari, A. D. and Chalidyanto, D. (2016) ‘Hubungan Faktor Psikologis Terhadap Kinerja Radiografer Rumah Sakit', Indonesian Journal of Health Administration (Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia). Universitas Airlangga, 4(1), pp. 9–17. doi: 10.20473/JAKI.V4I1.2016.9-17.
Setyowati Subroto (2017) ‘Analisis Pengaruh..... Setyowati Subroto', Analisis Pengaruh Locus of Control Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai, 8, pp. 35–44.
Subagia, N. K. W., Holilulloh and Nurmalisa, Y. (2015) ‘Persepsi Masyarakat terhadap Konsep Tri Hita Karana sebagai Implementasi Hukum Alam', Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang, 3, pp. 103–111.
Suta, I. G. M. A. B. and Ardana, I. K. (2018) ‘Pengaruh Kompensasi, Persepsi Dukungan Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Retensi Karyawan', E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), p. 1087. doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p18.
Suwaji, R. and Sabella, R. I. (2019) ‘Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan Pt. Aerofood Acs Kota Surabaya', Jurnal Mitra Manajemen, 3(10), pp. 976–990. doi: 10.52160/ejmm.v3i10.290.
Ulumiyah, N. H. (2018) ‘Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas', Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), p. 149. doi: 10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155.
Wahyudi, W. (2019) ‘Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Cv. Andalah Jaya Tugumulyo', Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting ..., 2(3), pp. 351–360. doi: 10.5281/zenodo.3269399.
Zubir, Z. et al. (2019) ‘Analysis Of The Difference Of Completeness Of Reporting And Documentation Of Laboratory Critical Values Pre And Post-Intervention In Bona Ward Rsud Dr. Soetomo Surabaya', Indonesian Journal of Clinical Pathology and Medical Laboratory, 26(1), p. 23. doi: 10.24293/ijcpml.v26i1.1342
Hak Cipta (c) 2023 Sonny Marsetyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing right of the article without restrictions.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA).
3. The Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.