Style’ Bahasa dalam Teks Iklan Produk Bermakna Asosiatif Pornografi

Sri Wiryanti

= http://dx.doi.org/10.20473/mozaik.v19i2.13513
Abstract views = 462 times | downloads = 1075 times

Abstract


Muatan makna asosiatif pornografi merupakan salah satu cara iklan produk menarik perhatian khalayak konsumen.  Untuk mengungkapkan  isi, fungsi dan asosiasi-asosiasi produk memerlukan  style bahasa yang mampu menginformasikan dan mempersuasi agar mendapat respon yang memadai.  Metode kualitatif dengan teknik framing digunakan untuk memahami  style bahasa iklan bermakna asosiatif pornografi. Hasil analisis menunjukkan fitur makna porno  iklan produk mengacu seputar organ intim dan hubungan intim  yang direpresentasikan dalam bentuk figuratif baik dalam elemen verbal dan nonverbal. Bentuk figuratif mewakili kelenturan tanda bahasa, selain tidak ‘vulgar’, dapat mengurangi beban muatan makna porno. Muatan porno dikemas dengan style bahasa asosiatif dengan makna konotatif, stilistik, avektif, reflektif, dan kolokatif   yang deskriptif untuk melengkapi produk daripada menawarkan produk, dan  difungsikan untuk  menunjukkan,  menceritakan dan merangkum makna yang ingin disampaikan dalam iklan produk sebagai hal yang khusus.


Full Text:

PDF

References


Attwood, F. 2002. Reading porn: The paradigm shift in pornography research. Sexualities, 5(1), 91-105.

Bungin, Burhan. 2003. Pornomedia: Konstruksi Sosial Teknologi Telematika & Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta: Pranada Media.

Ching, M. K., Haley, M. C., & Lunsford, R. F. 1980. The Theoretical Relation between Linguistic and Literary Studies: An Introduction by Editors. Linguistic Perspectives on Literature. London: Routledge & Kegan Paul, 1-38.

Cook, G. 2001. The discourse of advertising. Psychology Press.

Crook, J. 2004. On covert communication in advertising. Journal of Pragmatics, 36(4), 715-738.

Dale, Edgar (et al). 1971. Techniques of Teaching Vocabulary. Palo Alto, California : Field Education Publication, Incorporated.

Dyer, G. (2008). Advertising as communication. Routledge.

Entman, R. M. 1993. Framing: Toward clarification of a fractured paradigm. Journal of communication, 43(4), 51-58.

Fiske, John. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi.cet.ke-1. Jakarta: Rajawali Pers. .

Hagijanto, Andrian D. (2001).’Simbol budaya sebagai Representasi Positioning dalam Iklan Produk Mobil Eropa dan Mobil Jepang’. Nirmana, vol. 8 no, 2, hal,20-23. Jurnal Diskomvis Surabaya: UK Petra.

Huang, Y. (Ed.). 2017. The Oxford handbook of pragmatics. Oxford University Press.

Hall, Ann.C & Mardia J.Bishop. 2007. ‘Pornography-Sex in Mass Media’ Pop-porn:Pornography in American Culture. no. I. Post Road West, Westport, London: Praeger Publishers

Jackson, Howard and Etienne Ze Amvela 2007. Words, Meaning and Vocabulary. London: Continuum International Publishing Group Ltd, Print.

Jefkins. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kreidler, C. W. 2013. Introducing English Semantics. Routledge.

Leech, Geoffrey. 1983. Principles of Pragmatics. New York: Longman

Lee, Monle & C. Johnson. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perpektif Global, Cet-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Forceville, C. Relevance Theory as Model for Analyzing Visual and Multimodal Communication:(version28/12/12).Availableat:. Access on: 24 May 2014.

Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saeed, J. I. 2003. Semantics. Malden: Blackwell Publisher Inc.

Sperber, D. & Wilson. D. 1995. Relevance: Communication and Cognition. Oxford: Blackwell.

Tanaka, K 1994. Advertising Language: a Pragmatic Approach to Advertisements in Britain and Japan. London:Routledge.

Vihma, Susan & Seppo Vᾰkeva. 2009. Semiotika Visual dan Semantika Produk, Pengantar Teori dan Praktik Penerapan Semiotika dalam Desain. Yogyakarta & Bandung: Jalasutra.

Widdowson, H. G. 1978. Teaching language as communication. Oxford University Press.

Wijana, I. 2003. Kartun: Studi Tentang Permainan Bahasa. Jogyakarta: Ombak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Wiryanti

    

  

 

Free counters!

View Mozaik Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.