Representasi Perempuan Tangguh Dalam Video Game Dreadout: Sebuah Kajian Adaptasi
Downloads
Perempuan selalu digambarkan memiliki kepribadian yang lemah, irasional, dan pasif, sedangkan laki-laki selalu digambarkan memiliki kepribadian yang kuat, rasional, dan aktif. Stereotip mengenai laki-laki dan perempuan dapat memengaruhi posisi seseorang dalam kehidupan sosialnya. Stereotip gender menjadi tema utama yang di angkat oleh Digital Happiness. Digital Happiness merilis dua media dengan ideologi yang berbeda, yaitu buku komik Dreadout dan video game Dreadout. Video game Dreadout diadaptasi dari buku komik Dreadout. Buku komik menggambarkan laki-laki sebagai tokoh utama yang tangguh, sedangkan video game menggambarkan perempuan sebagai tokoh utama yang tangguh. Penelitian ini akan mengkaji adaptasi video game Dreadout untuk mengetahui representasi perempuan tangguh yang berbeda dengan stereotip gender yang telah ada. Pembahasan pada penelitian ini bertujuan untuk menawarkan sebuah temuan bahwa perempuan dapat memiliki sisi maskulin, serta mengetahui ideologi yang ingin disampaikan oleh Digital Happiness kepada penonton.
Adi, C.S S.,. 2015. Komunikasi Pemasaran Video Game Melalui Media Digital: Studi Kasus Pemanfaatan Internet Dalam Komunikasi Pemasaran Video Game Dreadout oleh PT Digital Semantika Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Butler, Judith. 1990. Gender Trouble. New York: Routledge.
Chodorow, Nancy. 1983. "Family Structure and Feminine Personality,” dalam Rosaldo and Lamphere (Eds). Women, Culture, and Society. Stanford: Stanford University Press.
Greimas, A. J. 1987. On Meaning: Selected Writings in Semiotic Theory (Theory and History of Literature). University of Minnesota
Happiness, Digital. 2013. Dreadout. Bandung: Mizan Media Utama.
_______________. "Digital Happiness”. http://www.digitalhappiness.net/ (diakses pada tanggal 24 Maret 2020).
_______________. 2014. Game Dreadout. Bandung: Digital Happiness.
Hutcheon, Linda. 2006. A Theory of Adaptation. New York: Routledge.
Leondra, Yusuf. 2018. Tinjauan Visualisasi Karakter Linda Melinda Dalam Permainan Dreadout Menggunakan Analisa Deskriptif. Universitas Komputer Indonesia.
Mahardika, Wira. 2018. "Visual Illustration Analysis on Dreadout Game Poster Through Semiotics”. International Conference on Business, Economic, Social Science and Humanities.
Sunden, Jenny, dan Malin Sveningsson. 2012. Gender and Sexuality in Online Game Cultures: Passionate Play. New York: Routledge.
Mozaik Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Both authors and Mozaik Humaniora agree with the following attribution of journal:
1. Copyright of this journal is possession of Author, by the knowledge of the Editorial Board and Journal Manager, while the moral right of the publication belongs to the author.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.