Corporate Strategies in the Spread of Hallyu (Korean Wave) in Indonesia
Downloads
Artikel ini membahas strategi korporasi untuk meraih lebih banyak keuntungan dengan memanfaatkan perubahan-perubahan yang dibawa oleh globalisasi. Globalisasi telah membawa budaya hibrida yang merupakan kombinasi antara budaya lokal dan luar dan membentuk budaya baru. Budaya hibrida tersebut tidak hanya diinterpretasi sebagai hasil proses produksi korporasi tetapi juga simbol gaya hidup yang bertransformasi melalui penggunaan jaringan media global, yang didukung terutama oleh keberadaan masyarakat konsumen yang besar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus Hallyu di Indonesia dengan metode deskripsi analisis pada data-data sekunder yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung dengan produk-produk televisi dan perusahaan- perusahaan di dunia hiburan maupun nonhiburan. Dengan menggunakan pendekatan globalisasi budaya, artikel ini berargumen bahwa penerimaan dan penyebaran hallyu di Indonesia yang cukup mudah dipengaruhi oleh keberhasilan strategi perusahaan dalam mengeksploitasi pergeseran budaya dan masyarakat. Ada beberapa strategi yang digunakan oleh perusahaan: komoditisasi produk budaya, harga dan diferensiasi produk, penggunaan media sosial, dan dukungan dari peraturan pemerintah. Dapat disimpulkan bahwa Hallyu mudah berterima karena merupakan produk budaya hybrid yang memuat simbol-simbol modernitas Asia perkotaan dan budaya lokal.
Kata kunci: budaya hibrida, globalisasi, hallyu, konsumen, strategi perusahaan
Mozaik Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Both authors and Mozaik Humaniora agree with the following attribution of journal:
1. Copyright of this journal is possession of Author, by the knowledge of the Editorial Board and Journal Manager, while the moral right of the publication belongs to the author.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.