Pemaknaan Finalis Putri Muslimah Indonesia terkait Konstruksi Kecantikan Islami dalam Kontes Putri Muslimah Indonesia

Rizka Kurnia Ayu

= http://dx.doi.org/10.20473/mozaik.v17i2.5372
Abstract views = 737 times | downloads = 1502 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pemaknaan finalis Putri Muslimah Indonesia akan makna kecantikan Islami dikaitkan dengan posisi mereka sebagai pemeluk agama Islam sekaligus peserta dalam kontes kecantikan Islami. Melalui pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan teori resepsi diketahui bahwa finalis Putri Muslimah Indonesia menempatkan diri mereka sebagai  Negotiated Dominant Hegemonic, dimana Finalis Putri Muslimah Indonesia menerima secara penuh dan terbuka pada  makna kecantikan bentukan acara Putri Muslimah Indonesia yang memandang bahwa kecantikan Islami adalah kombinasi antara agamis dan modis. Keduanya adalah modal kecantikan Islami yang tidak boleh dipisahkan. Kontes kecantikan Islami dianggap oleh finalis tersebut sebagai ajang yang dapat mendongkrak rasa percaya diri mereka untuk setara bahkan merasa lebih baik dindingkan  dengan perempuan di kontes kecantikan non Islami lainnya. Kontes kecantikan Islami adalah semacam verifikasi yang menghapus rasa minder mereka bahwa mereka adalah perempuan yang juga tetap bisa cantik dengan pemakaian atribut keagamaan.  Terlepas dari fakta bahwa pemaknaan finalis yang demikian ini justru mencerabut kecantikan islami dari esensi awalnya, finalis tersebut tetap meyakini bahwa kecantikan islami bentukan Putri Muslimah Indonesia lebih paralel dengan era ini dibandingkan dengan kecantikan Islami menurut ulama Islam.


Keywords


Finalis Putri Muslimah Indonesia, Kecantikan, Resepsi, Identitas

Full Text:

PDF

References


Al Mahami. 2006.Muhammad Kamil Hasan. Cantik Islami: Muslimah yang Dinanti. Jakarta: Almahira.

Ayu, Rizka Kurnia. 2017. Konstruksi Kecantikan dalam Acara Putri Muslimah Indonesia 2017 di Indosiar. Surabaya: Universitas Airlangga.

Bryan, Wilson. 1982. Religion in Sociological Perspective. oxford: Oxford University Press

Fardiana, Orrinda Ike. 2014 .Mitos Kecantikan Perempuan Muslim (Studi Diskursif dalam Blog Fashion Muslim) . Surabaya: Universitas Airlangga.

Hermawan, Kertajaya., 2008 . Arti Komunitas. Jakarta: Gramedia Group.

Husyein, Syarief. 2015. “Antropologi Jilboobs: Politik Identitas, Life Style, dan Syariah.” IN RIGHT Jurnal Agama dan Hak Asasi Manusia, edisi Mei No. 2 Volume 4 hlm 317-340.

Mulyati, Deartma. 2011.Kontruksi Sosial Media Internet Terhadap Penampilan Modis Komunitas Jilbabers Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga.

Nursyahbani, Ayu Agustin. 2012. Konstruksi dan Representasi Gaya Hidup Muslimah Perkotaan Study Kasus: Komunitas Hijabers Community. jakarta: Universitas Indonesia.

Sururin. 2000. “Pakaian Perempuan Perspektif Al-Qur’an.” Majalah AULA, No. 04/Th.XXII edisi April.

Wijayanti, Rani Ika. 2015. Representasi Kecantikan Dalam Iklan Nivea Versi Extra Whitening Deodorant Di Media Televisi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Wuryanto, Amalia Ghassani. 2016.Representasi Perempuan Berhijab dalam Iklan Wardah Versi Girls Day Out, Exclusive Series, dan Perfect Match. Surabaya: Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rizka Kurnia Ayu

    

  

 

Free counters!

View Mozaik Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.