Pengaruh Metode Quantum Writing terhadap Keterampilan Menulis Akademik

keterampilan menulis akademik Mann-Whitney U-test metode quantum

Authors

June 1, 2017

Downloads

Kemampuan menulis mahasiswa, terutama dalam menulis akademik dibutuhkan dalam membuat tugas akhir atau skripsi. Sebagai bagian dari kemahiran berbahasa Indonesia kemampuan menulis akademik mahasiswa pendidikan vokasi S1- Terapan Politeknik Negeri Bali masih kurang memadai, dan untuk meningkatkan kemampuan menulis akademik diperlukan metode-metode pengajaran yang tepat. Penggunaan metode quantum writing dirasa tepat oleh para pengajar dan dibuatlah buku ajar dengan menggunakan metode tersebut.  Artikel ini membahas bagaimana pengaruh penerapan buku ajar dengan menggunakan metode quantum  dalam pembelajaran menulis akademik   pada  pendidikan vokasi S1-Terapan Politeknik  Negeri Bali. Pengumpulan data penelitian dilakukan  dengan observasi, wawancara, dan kuesioner  kepada 105 mahasiswa Program Studi D-4 Manajemen Bisnis Internasional  dan    Manajemen Informatika semester II   pada tahun ajaran  2015/2016, dan selanjutnya dianalisis dengan Mann-Whitney U-test.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,81 % responden  mengatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan  sangat layak untuk mendukung  proses pembelajaran menulis akademik. Hasil uji lapangan juga secara signifikan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar. Mann-Whitney U=2.027,5, n1 = 53, n2 = 52, p < 0,05, r = 0,41.[a1]  Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa perlakuan berupa penerapan metode quantum pada kelas percobaan memiliki efek yang sangat kuat terhadap kemampuan menulis mahasiswa.

 [a1]Narasikan hasil dari penghintungan sehingga terbaca untuk kalangan umum