Pengaruh Metode Quantum Writing terhadap Keterampilan Menulis Akademik
Downloads
Kemampuan menulis mahasiswa, terutama dalam menulis akademik dibutuhkan dalam membuat tugas akhir atau skripsi. Sebagai bagian dari kemahiran berbahasa Indonesia kemampuan menulis akademik mahasiswa pendidikan vokasi S1- Terapan Politeknik Negeri Bali masih kurang memadai, dan untuk meningkatkan kemampuan menulis akademik diperlukan metode-metode pengajaran yang tepat. Penggunaan metode quantum writing dirasa tepat oleh para pengajar dan dibuatlah buku ajar dengan menggunakan metode tersebut. Artikel ini membahas bagaimana pengaruh penerapan buku ajar dengan menggunakan metode quantum dalam pembelajaran menulis akademik pada pendidikan vokasi S1-Terapan Politeknik Negeri Bali. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner kepada 105 mahasiswa Program Studi D-4 Manajemen Bisnis Internasional dan Manajemen Informatika semester II pada tahun ajaran 2015/2016, dan selanjutnya dianalisis dengan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,81 % responden mengatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan sangat layak untuk mendukung proses pembelajaran menulis akademik. Hasil uji lapangan juga secara signifikan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar. Mann-Whitney U=2.027,5, n1 = 53, n2 = 52, p < 0,05, r = 0,41.[a1] Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa perlakuan berupa penerapan metode quantum pada kelas percobaan memiliki efek yang sangat kuat terhadap kemampuan menulis mahasiswa.
[a1]Narasikan hasil dari penghintungan sehingga terbaca untuk kalangan umum
Mozaik Humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Both authors and Mozaik Humaniora agree with the following attribution of journal:
1. Copyright of this journal is possession of Author, by the knowledge of the Editorial Board and Journal Manager, while the moral right of the publication belongs to the author.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.