Portraying Literacy in Dolly Lane, a Red Light District (RDL): Qualitative Content Analysis on the Narratives Produced by Dolly Teenagers

habitus kata-kata terpilih narasi tema terpilih

Authors

January 1, 2018

Downloads

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bukti bagaimana habitus dari Gang Dolly dapat memengaruhi seseorang yang telah tumbuh dan hidup di lingkungan sekitar. Narasi digunakan sebagai media untuk memperoleh data. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana habitus telah mampu memengaruhi disposisi dan skema kognitif seseorang ke dalam cerita yang mereka ceritakan. Analisis konten digunakan untuk mendekati data yang berasal dari narasi. Ada 14 narasi yang dihasilkan oleh 14 remaja dari lingkungan Gang Dolly. Di antara narasi-narasi itu, hanya dua yang mampu menunjukkan bagaimana habitus yang kuat dari para perawi berpengaruh pada cerita yang mereka tulis dalam narasi. Makalah ini mengungkapkan bahwa habitus, yang sangat kuat, akan dapat terus-menerus diungkapkan melalui tema dan kata-kata yang terpilih ketika kemudian mereka diminta untuk menulis kisah mereka. Temuan ini mengklaim bahwa ideologi literasi adalah perlakuan yang tepat bagi para remaja untuk hidup bebas dari prostitusi. Oleh karena itu, membina Kampung Literasi Dolly dapat diharapkan untuk menyelamatkan remaja di Kampung Dolly dari praktik prostitusi.