Cultural Event Management in Promoting Siak as the "Truly Malay” for Strengthening Local Economy and Revitalizing Malay Culture

komunikasi budaya event budaya Melayu Siak

Authors

January 1, 2018

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan acara budaya yang diadakan oleh masyarakat lokal Siak Sri Indrapura. Ini juga menyelidiki keterlibatan lebih lanjut dan kepedulian pariwisata dalam mempromosikan Siak sebagai "Truly Malay.” Penelitian ini juga mengeksplorasi upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memperluas jaringan dan mempromosikan acara budaya sebagai daya tarik lokal, baik dalam lingkup lokal dan internasional, sambil memperkuat ekonomi lokal dan merevitalisasi budaya Melayu. Menggunakan pendekatan komunikasi dan budaya, penelitian kualitatif ini menemukan beberapa acara budaya di Siak: Festival Siak Bermadah, Ghatib Benghanyut, dan wisata olahraga seperti Tour de Siak. Semua acara ini memberdayakan masyarakat lokal dan menarik perhatian dunia. Studi ini juga menemukan bahwa peran pemerintah dalam mempromosikan acara-acara ini tercermin dalam bentuk publikasi di media komunikasi dan / atau peningkatan sumber daya manusia dan instrumen pendukung lainnya. Sementara untuk masyarakat lokal, ada peningkatan ekonomi kreatif dan upaya yang mengarah pada revitalisasi budaya Melayu