Keterampilan Literasi Media Sosial Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan
The Social Media Literacy Skill of Library Science Students of UIN North Sumatra Medan
Downloads
Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk bagi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan. Sebagai mahasiswa Ilmu Perpustakaan, mereka semestinya dapat menerapkan literasi informasi dan media dalam kesehariannya. Namun tidak dipungkiri terdapat pula yang kurang hati-hati dalam memilah dan menyebarkan informasi, seperti menyebarkan informasi yang mengandung penipuan dan yang dapat menyinggung perasaan sesama mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan literasi media sosial mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori literasi media baru dari Jenkins et al. yang terdiri dari dua belas kemampuan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan keterampilan literasi media sosial ditemui di kalangan mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan. Dari dua belas kemampuan literasi media sosial, hampir semua kemampuannya minimal sudah cukup dikuasai oleh informan. Beberapa kemampuan pada dasarnya juga telah dimiliki oleh informan, seperti play, appropriation, judgment, networking, dan negotiation. Selain kemampuan yang sudah cukup dikuasai, terdapat pula kemampuan yang terlihat tidak dikuasai oleh informan, yakni performance dan transmedia navigation. Jadi, meskipun terdapat kemampuan yang bisa dikatakan cukup dikuasai, informan tetap perlu memaksimalkan kemampuannya dalam berliterasi media sosial.
Abdillah, F., Adhiguna, D., & Sevtiana, A. (2017). Perancangan Video Profil sebagai Media Promosi STMIK CIC dengan Teknik Motion Graphic. Cirebon: Jurnal Digit, 7(1), 74–85.
Abidin, S., Cindoswari, A. R., & Gea, S. (2017). Kredibilitas Media Dalam Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus Kota Batam (Survei Koran Harian Batam Pos, Tribun Batam, Sindo Batam, Haluan Kepri, dan Pos Metro). Batam: Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 72–89.
Agustin, N. C., & Krismayani, I. (2019). Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa S-1 Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Semarang: Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3).
Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan Media Sosial (FoMO) Pada Generasi Milenial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 04(01), 86–106.
Arlinah, & Subuh, R. Do. (2019). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun. VI(2), 199–213.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, 51. https://apjii.or.id/survei2018s/download/TK5oJYBSyd8iqHA2eCh4FsGELm3ubj.
Atsar, Abdul. (2018). Mengenal Lebih Dekat Hukum Hak Kekayaan Intelektual. Sleman: Deepublish.
Ayub, M., & Sulaeman, S. F. (2022). Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial pada Remaja : Kajian Sistematik. Serang: Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 21–32.
Bachtiar S. Bachri. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdiknas.
Balaban-Sali, J. (2020). New Media Literacies of Communication Students. Contemporary Educational Technology, 3(4), 265–277. https://doi.org/10.30935/cedtech/6083
Burns, Kelli S. (2017). Social Media: A Reference Handbook: A Reference Handbook. Santa Barbara: ABC-CLIO.
Daluba, N., & Maxwell, C. (2013). Use of Academic Library By Undergraduate Students in Tertiary Institutions: a Case Study of Kogi State University, Anyigba. Institutions, 4(5), 536–542. http://www.savap.org.pk/journals/ARInt./Vol.4(5)/2013(4.5-51).pdf
Eisend, M. (2006). Source Credibility Dimensions in Marketing Communication – A Generalized Solution. Journal of Empirical Generalisastions in Marketing, 10(2), 1–33.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif (dasar-dasar dan aplikasi). Malang: Yayasan Asih Asah Asuh (YA3).
Hapsari, N. F. A., Ardyawin, I., & Saleh, A. (2020). Information Sharing Behaviour di Media Sosial. Mataram: Jurnal Ilmu Perpustakaan FISIP UMMAT, 2(2), 66–87.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hussain, M., Loan, F. A., & Yaseen, G. (2017). The Use of Social Networking Sites ( SNS ) By The Post-Graduate Students. Srinagar: International Journal of Digital Library Services, 7(1), 72–84.
Jenkins, Henry. (2009). Conforting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. London: The MIT Press.
Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397
McHaney, R. W., & Sachs, D. (2016).) Web 2.0 and Social Media: Business in a Connected World (3rd ed.). London: Bookboon Learning.
Noor, L. N. (2015). Peran Media Sosial dalam Proses Sosio-Edukasi Empat Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Notosusanto, N., Sugiyono, & Salimi, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Memindai dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Semarang: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7).
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.
Rozi, S. (2013). Etnis Minangkabau di Daerah Perbatasan: Perubahan Identitas dalam Interaksi Antaretnis di Rao Kabupaten Pasaman Sumatera Barat. 39(1), 215–245.
Scolari, C. A. (2009). Transmedia Storytelling : Implicit Consumers , Narrative Worlds , and Branding in Contemporary Media Production. 3, 586–606.
Shalda, C. A. (2022). Opini Publik Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Terhadap Prank-prank Ojek Online di YouTube.
Sidhartani, S. (2016). Literasi Visual sebagai Dasar Pemaknaan dalam Apresiasi dan Proses Kreasi Visual. Jakarta: Jurnal Desain, 03(03), 155–163.
Whiting, A., & Williams, D. (2013). Why people use social media: a uses and gratifications approach. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(4), 362–369. https://doi.org/10.1108/QMR-06-2013-0041
Copyright (c) 2023 Khairudz Dzakirah, Muhammad Dalimunte, Franindya Purwaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License for the published articles, legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA).