Penerapan Latihan Keterampilan Sosial: Bermain Peran Pada Pasien Skizofrenia dengan Masalah Keperawatan Isolasi Sosial Di Ruang Puri Mitra RSJ Menur Surabaya
Downloads
ABSTRACT
Patients have difficulty in spontaneously relating to others who are manifested by isolating themselves, not being mindful and unable to share experiences. If social isolation patients are not resolved quickly, they can endanger the safety of themselves and others. The purpose of this research is to apply social skills training therapy: role play with social isolation nursing problem in Puri Mitra Meniran Mental Room of Menur Surabaya. The study design uses a case study, the subject of one patient's study with a catatonic diagnosis of schizophrenia, with social isolation nursing issues. Methods of collection by observation, interview, physical examination, and application of social skills training therapy: role play. Application of social skills training therapy: this role play is performed for approximately 60 minutes every day. The application is given in SP 1 step 6 on the 9th day indicating the patient is willing to communicate with others. Once this implementation is applied there is an increase in interacting with others. So the more often done for patients with social isolation then very helpful and facilitate the patient in interacting with others.
Keywords: Social Isolation, Social Skills; Role Playing
Abstrak
Pasien mengalami kesulitan dalam berhubungan secara spontan dengan orang lain yang dimanifestasikan dengan mengisolasi diri, tidak ada perhatian dan tidak sanggup berbagi pengalaman. Bila pasien isolasi sosial tidak cepat teratasi maka akan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan terapi latihan keterampilan sosial: bermain peran dengan masalah keperawatan isolasi sosial di Ruang Puri Mitra Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Desain penelitian menggunakan studi kasus, subjek penelitian satu orang pasien dengan diagnosa medis skizofrenia katatonik, dengan masalah keperawatan isolasi sosial. Metode pengumpulan dengan cara observasi, wawancara, pemeriksaan fisik, dan penerapan terapi latihan keterampilan sosial: bermain peran. Penerapan terapi latihan keterampilan sosial: bermain peran ini dilakukan selama kurang lebih 60 menit setiap hari. Penerapan tersebut diberikan dalam SP 1 langkah ke 6 di hari ke 9 menunjukkan pasien mau berkomunikasi dengan orang lain. Setelah diberikan penerapan ini terjadi peningkatan berinteraksi dengan orang lain. Sehingga semakin sering dilakukan untuk pasien dengan isolasi sosial maka sangat membantu dan mempermudah pasien dalam berinteraksi dengan orang lain.
Keywords: Isolasi Sosial, Keterampilan Sosial; Bermain Peran
DAFTAR PUSTAKA
Azizah, Lilik Ma'rifatul, dkk. 2016. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa- Teori dan Aplikasi Praktik Klinik. Yogyakarta: Infomedia Pustaka
Baradero, Mary. 2015. Kesehatan Mental Pskiatri. Jakarta: EGC Berhimpong,
Eyvin, dkk. 2016. Pengaruh Latihan Keterampilan Sosialisasi
Terhadap Kemampuan Berinteraksi Klien Isolasi Sosial Di Rsj Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Manado
Davidson. 2011. Keperawatan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kusumawati, Farida, dkk. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa.Jakarta : Salemba Medika
Keliat, Budi Anna, dkk. 2011. Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas: CMHN.Jakarta: EGC
Muhith, Abdul. 2015. Pendidikan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Andi
Riskesdas. 2013. Kesehatan Jiwa. www.litbang.depkes.go.id
Sumirta, I Nengah. 2016. Pelatihan Keterampilan Sosial: Bermain Peran Terhadap PeningkatanKemampuan Bersosialisasi Pasien Skizofrenia
Yusuf, Ah. 2015. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba
Medika
Yosep, Iyus. 2011. Keperawatan Jiwa. Bandung: PT Refika Aditama
Yosep, Iyus. 2014. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Bandung: PT Refika Aditama
Wakhid, Abdul, dkk. 2013. Penerapan Terapi Latihan Ketrampilan Sosial Pada Klien Isolasi Sosial Dan Harga Diri Rendah Dengan Pendekatan Model Hubungan Interpersonal Peplau Di Rs Dr Marzoeki Mahdi Bogor
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The copyright of this journal belongs to the Editorial Board and Journal Manager with the author's knowledge, while the moral right of the publication belong to the author.
- The formal legal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-Share Alike (CC BY-SA).
- Every publication (print/electronic) is open access for educational, research, and library purposes. In addition to the objectives mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright infringement