Analisis Inaportnet Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Dengan Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pelayaran
Downloads
Penggunaan Inaportnet memiliki manfaat seperti informasi tentang efektivitas dan efisiensi operasi di tempat, seperti kontrol perizinan, bongkar muat, rencana tambat, operator kapal tunda, dan lainnya. Inaportnet saat ini menyediakan INSW dengan informasi waktu tunggal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas sitem (X1), kualitas informasi (X2), kualitas pelayanan (X3) pada sistem Inaportnet terhadap kepuasan pengguna (Y) dengan melalui kinerja karyawan (X) sebagai variabel intervening. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah karyawan manajemen PT Anugerah Tirta Samudra sedangkan sampel berjumlah 35 respoden dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Data yang digunakan yaitu diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda serta menggunakan uji path analysis yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh langsung maupun tidak langsung dari varibel. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian kualitas data dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil olah data menunjukkan item kuisioner bersifat valid dan semua variabel bersifat reliabel. Setelah itu dilakukan uji sobel untuk mengetahui adanya pengaruh yang dilakukan oleh variabel intervening. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem (X1), kualitas informasi (X2), kualitas pelayanan (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pengguna (Y) dan kinerja karyawan (Z). Serta adanya pengaruh variabel intervening melalui kinerja karyawan yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sistem Inaportnet.
Efendi, RTJ, Tridayanti, H., Suyono, J., Elisabeth, DR, & Arisanti, D. (2021) Faktor Penentu Loyalitas Pelanggan: Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Internasional IJEBD Kewirausahaan Dan Pengembangan Bisnis eISSN 2597-4785 pISSN 2597-4750, 4 (3), 396-404.
Gunawan, A. Z. P. C. P. (2019) Penerapan Sisumaker (Sistem Surat Masuk Dan Surat Keluar) PadaKantor Imigrasi Kelas I Tpi Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Haryanto, R. (2018) Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Persepsi Manfaat Sebagai Variabel Intervening (Studi pada penerapan VMS(Vessel Management System) di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) CabangTanjung Priok). Journal For Business And Entrepreneurship 2(2).
Herlina, H., & Diputra, T. T. (2018) Implementasi Rumus Sobel Pada Web Dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variabel Intervening. Jurnal Algoritma, Logika Dan Komputasi, 1(1).
Hidayat, A., & Saleh, M. (2018) Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Pemasaran TerhadapKinerja Karyawan Di Pt. Inti. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2):201-220.
Maryana, F., Ridhawati, R., & Astuti, R. E. (2019) Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas InformasiTerhadap Pengguna (Survei Pada Pengguna Jasa Pengguna Sistem Aplikasi Inaportnet Yang Terdaftar Di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin). DinamikaEkonomi-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 12(1): 162-179.
Okthary, S. (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pelabuhan Terhadap Kepuasan Pelanggan BongkarMuat Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Belawan (Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Philip Kotler. (2002) Manajemen Pemasanan. Edisi Millenium. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo
Sari, A. K. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pelabuhan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bongkar Muat Pada PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Belawan.
Sandjojo, N. (2011) Metode analisis jalur dan aplikasinya.
Sirait, S. S., & Thalib, F. (2020) Analisis Kualitas Layanan Inaportnet Dikantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dengan Metode Servqual Dan Qfd. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 25(1): 82-96.
Sugiyono, D. (2013) Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Tambalean, F. A. K., Manossoh, H., & Runtu, T. (2018) Pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi di BEI. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi 13(04).
Tulodo, B. A. R., & Solichin, A. (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi danPerceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 10(1):25-43
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles submitted by the author and published in the Jejaring Administrasi Publik are fully copyrighted to their authors under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The formal legal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
The Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA) license allows for the redistribution and reuse of licensed works provided that the creator is given appropriate credit and that any derivative work is available under a "same, similar, or compatible license". In addition to the above provisions, the editorial board is not responsible for copyright infringement.