Optimalisasi Peran Guru SD dalam Perspektif Kebijakan Kurikulum Pembelajaran Mandiri

Peran Guru Sekolah Dasar Kebijakan Kurikulum Belajar Mandiri

Authors

December 25, 2022

Downloads

Kebijakan Kurikulum Mandiri Belajar merupakan tawaran dalam merekonstruksi sistem pendidikan nasional, dengan menata ulang sistem pendidikan guna menyongsong kemajuan perubahan dan kemajuan bangsa yang menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi peran guru sekolah dasar dalam perspektif kebijakan Kurikulum Mandiri Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menggambarkan peran utama guru adalah membantu siswa dalam proses pengembangan diri serta mengoptimalkan bakat dan kemampuannya. Selain itu guru memegang peranan penting dalam pengelolaan kelas, salah satunya guru berperan sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dalam pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat tercapai. Seorang guru juga harus menjadi teladan yang baik bagi siswanya, memberikan dorongan untuk belajar dan dapat membangkitkan minat belajar siswa serta mengoptimalkan perspektif kebijakan Kurikulum Mandiri Belajar. menyimpulkan bahwa untuk mengoptimalkan peran guru SD dalam perspektif kebijakan Kurikulum Belajar Mandiri diperlukan berbagai unsur peran, antara lain sebagai berikut: 1.) Guru sebagai ukuran kognitif; 2.) Guru sebagai agen moral dan politik; 3.) Guru sebagai inovator; 4.) Guru memainkan peran kooperatif.