Kebijakan Bea Masuk Impor Barang E-commerce Dalam Kaitannya Dengan Hukum Persaingan Usaha
Downloads
Abstract
The government made Law Number 5 of 1999 concerning the prohibition of monopolistic practices and unfair business competition to regulate business actors in carrying out activities related to buying and selling in the market. The birth of this regulation provides a limit for business actors to create healthy business competition. The presence of a platform for online shopping also makes trading activities easier today. The development of this shopping style also affects the number of imported goods that enter Indonesia. There is a policy regarding the setting of the value for import duties on imported goods which has increased from the previous one. The change in the value of this import duty is a step by the government to protect domestic business actors.
Keywords: Law; Bussiness competition; Policy; Import.
Abstrak
Pemerintah membuat Undang – Undang Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat untuk mengatur pelaku usaha dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan jual beli didalam pasar. Lahirnya peraturan ini memberikan batasan bagi pelaku usaha agar menciptakan persaingan usaha yang sehat. Hadirnya platform untuk berbelanja online juga mempermudah kegiatan perdagangan saat ini. Berkembangnya gaya berbelanja ini juga berpengaruh terhadap banyaknya barang impor yang masuk ke Indonesia. Terdapat kebijakan mengenai pengaturan besaran nilai bagi bea masuk barang impor yang mengalami kenaikan dari sebelumnya. Berubahnya nilai bea masuk ini sebagai langkah pemerintah melindungi pelaku usaha domestik.
Kata Kunci: Hukum; Persaingan Usaha; Kebijakan; Impor.
Buku
Candra Ahmadi dan Dadang Hermawan, E-Business & E-Commerce (Andi Offset 2013).
Daniel V., et.all., comprehensive business law: principles and cases (Kent publishing Company 1987).
Paul A. Samsuelson dan William D. Nordhaus, Ilmu Mikro Ekonomi (Media Global Edukasi 2003).
Rachma Fitriati. Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif: Sebuah Riset Tindakan Berbasis Soft Systems Methodology (Yayasan Pustaka Obor Indonesia 2015).
Jurnal
Ferdiansyah, ‘Globalisasi Ekonomi, Integrasi Ekonomi Global, Dinamika Pasar modal & Kebutuhan Standar Akuntasi Internasional' (2016) Jurnal Akuntasi STIE STAN.
Imam, Adlin ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Barang Konsumsi di Indonesia' (2013) Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan.
Sedyaningrum, M., & Nuzula, N. F. ‘Pengaruh Jumlah Nilai Ekspor, Impor Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Nilai Tukar Dan Daya Beli Masyarakat Di Indonesia Studi Pada Bank Indonesia Periode Tahun 2006' (2015) Jurnal Administrasi Bisnis.
Kocas, Cenk, and Can Akkan. ‘How trending status and online ratings affect prices of homogeneous products' (2016) International Journal of Electronic Commerce.
Handayani Otih, et al. ‘Analisis Pasar Bersangkutan Dalam Hukum Persaingan Usaha Pada Era Disrupsi 4.0 (Bisnis Online Versus Bisnis Konvensional)' (2020) Soumatera Law Review.
Pratomo Gigih, ‘Analisis Welfare Loss Konsumen Sambungan Langsung Jarak Jauh Telepon Tetap Di Indonesia' (2010) Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi.
Sarwirini, ‘Implementasi Restorative Justice Dalam Penegakan Hukum Pajak' (2014) Yuridika.
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/ PMK.010 / 2019 tentang Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Impor Barang Kiriman.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 80 tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.
Copyright (c) 2021 Adelia Rizky Windyaka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.