EVALUASI PERSEPSI MUZAKKI TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS AIRLANGGA TENTANG KEIMANAN, PENDAPATAN, KEPERCAYAAN DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI

Authors

  • Riski Fathul Ulum
    riski.fathul-13@feb.unair.ac.id
    Departemen Ekonomi Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Airlangga
  • Eko Fajar Cahyono Departemen Ekonomi Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Airlangga
October 30, 2020

Downloads

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi penilaian kepercayaan, pendapatan, keyakinan dan citra lembaga terhadap minat membayar zakat profesi kepada tenaga kependidikan Universitas Airlangga. Metode yang di gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabulasi sederhana. Pengambilan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, serta mengambil sampel sebanyak 96 tenaga kependidikan dari seluruh Fakultas Universitas Airlangga Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa responden menilai setuju dan mempertimbangkan pentingnya nilai keimanan yang dianut dan mendorong minat untuk membayar zakat profesi. Responden menilai setuju dan mempertimbangkan besar kecilnya pendapatan yang diperoleh tiap bulan untuk membayar zakat profesi. Responden menilai setuju dan mempertimbangkan nilai kepercayaan yang telah di bangun pada LAZ dan BAZ dalam mendorong minat untuk membayar zakat profesi sedangkan responden merasa tidak setuju dengan citra lembaga,warna, logo dan brand yang di bangun oleh LAZ dan BAZ. Responden merasa yakin berzakat profesi.

Kata Kunci: Penilaian Keimanan,Pendapatan,Kepercayaan,Citra Lembaga,Minat,Zakat Profesi

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the perceptions of the assessment of trust, income, belief and the image of the institution on the interest in paying zakat professionally to education personnel at Universitas Airlangga. The method used is quantitative descriptive method using simple tabulations. Primary data collection in this study was carried out by using a questionnaire and taking a sample of 96 education personnel from all Faculties of Airlangga University, Surabaya. Based on the results of the study, it shows that respondents agree and consider the importance of the value of the faith they adhere to and encourage interest in paying professional zakat. Respondents agree and consider the size of the income earned each month to pay profession zakat profession. Respondents considered agreeing and considering the value of trust that has been built in LAZ and BAZ in encouraging interest in paying zakat professionally, while respondents did not agree with the image of the institution, colors, logos and brands built by LAZ and BAZ. Respondents feel sure they have zakat professionally.

Keywords: Valuation of Faith, Income, Trust, Image of   Institution, Interest, Profession Zakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>