Respons Masyarakat Kota Surabaya ketika Mengakses Informasi tentang Obat dan Pengobatan dari Media Sosial

Fatihatul Alifiyah, Anila Impian Sukorini, Andi Hermansyah

= http://dx.doi.org/10.20473/jfiki.v7i1SI2020.48-54
Abstract views = 77 times | downloads = 25 times

Abstract


Pendahuluan: Media sosial berpotensi sebagai ruang baru untuk penyebaran informasi kesehatan, seperti informasi mengenai obat dan pengobatan. Namun, media sosial kerap kali menampilkan menyajikan informasi dengan kualitas yang buruk. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui respons masyarakat saat mengakses informasi tentang obat dan pengobatan dari media sosial. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan secara cross-sectional. Pengambilan data dilakukan pada April-Mei 2020 dengan responden masyarakat Kota Surabaya yang berusia >17 tahun dan memiliki media sosial. Hasil: Mayoritas responden menyatakan “sering” mendapatkan informasi obat dan pengobatan dari media sosial (43,5%), Namun, sebagian besar responden belum  mengklarifikasikan informasi obat dan pengobatan yang diperoleh ke tenaga kesehatan (88,6%) ataupun melakukan penelusuran lebih dalam secara mandiri mengenai kebenarannya (84,4%). Responden menyatakan akan percaya dan menerapkan informasi yang mereka dapatkan dari media sosial, bila informasi tersebut berasal dari sumber yang kredibel dan reliabel (48,1%). Kesimpulan: Melimpahnya informasi tentang obat dan pengobatan yang beredar di media sosial membuat masyarakat kebingungan dalam memilah informasi obat dan pengobatan yang benar. Apoteker, sebagai ahli di bidang obat, memiliki peluang besar untuk menjadi sumber dan rujukan klarifikasi informasi obat dan pengobatan di media sosial.

Keywords


informasi obat, media sosial, masyarakat Surabaya

Full Text:

PDF

References


Alnjadat, R,Hmaidi, M. M., Samha, T. E., Kilania, M. M. & Hasswan, A. M. (2019). Gender Variations in Social Media Usage and Academic Performance Among the Students of University of Sharjah. Journal of Taibah University Medical Sciences; 14; 390–394.

Antheunis, M. L., Tates, K. & Nieboer, T. E. (2013). Patients’ and Health Professionals’ Use of Social Media In Health Care: Motives, Barriers and Expectations. Patient Education and Counseling; 92; 426–431.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2019). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Asur, S. & Huberman, B. A. (2010). Predicting the Future With Social Media. IEEE/WIC/ACM International Conference on Web Intelligence; WI 2010; 492–499.

Crilly, P., Jair, S., Mahmood, Z., Moin Khan, A., Munir, A., Osei-Bediako, I. & Kayyali, R. (2019). Public Views of Different Sources of Health Advice: Pharmacists, Social Media and Mobile Health Applications. International Journal of Pharmacy Practice; 27; 88–95.

Cumbraos-Sánchez, M. J., Hermoso, R., Iñiguez, D., Paño-Pardo, J. R., Allende Bandres, M. Á. & Latorre Martinez, M. P. (2019). Qualitative and Quantitative Evaluation of the Use of Twitter As a Tool of Antimicrobial Stewardship. International Journal of Medical Informatics; 131; 103955.

De Martino, I., D’Apolito, R., McLawhorn, A. S., Fehring, K. A., Sculco, P. K. & Gasparini, G. (2017). Social Media for Patients: Benefits and Drawbacks. Current Reviews in Musculoskeletal Medicine;10; 141–145.

Duggan, M. & Fox, S. (2013). PEW Internet Health Online 2013. Washington, D.C: Pew Research Center.

Gutierrez, M. A., Moreno, R. A. & Rebelo, M. S. (2017). Information and Communication Technologies and Global Health Challenges, Global Health Informatics: How Information Technology Can Change Our Lives in a Globalized World. Cambridge: Academic Press.

Hermansyah, A., Sukorini, A. I., Asmani, F., Suwito, K. A. & Rahayu, T. P. (2019). The Contemporary Role and Potential of Pharmacist Contribution for Community Health Using Social Media. Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology; 2019; 1–8.

Hootsuite. (2019). The Global State of Digital in 2019 report by Hootsuite. https://hootsuite.com/pages/digital-in-2019 (Accessed 12 December 2019).

Al Khaja, K. A. J., Al Khaja, A. K. & Sequeira, R. P. (2018). Drug Information, Misinformation, and Disinformation on Social Media: a Content Analysis Study. Journal of Public Health Policy; 39; 343–357.

Khan, M. L. & Idris, I. K. (2019). Recognise Misinformation and Verify Before Sharing: a Reasoned Action and Information Literacy Perspective. Behaviour and Information Technology; 38; 1194–1212.

Lee Ventola, C. (2014). Social Media and Health Care Professionals: Benefits, Risks, and Best Practices. Pharmacy and Therapeutics; 39; 491–500.

Li, Y., Wang, X., Lin, X. & Hajli, M. (2016). Seeking and Sharing Health Information on Social Media: a Net Valence Model and Cross-Cultural Comparison. Technological Forecasting & Social Change; 126; 28-40.

Ogston, S., Lemeshow, S., Hosmer, D., Klar, J. & Lwanga, S. (1991). Adequacy of Sample Size in Health Studies. Biometrics; 47; 347.

Pew Research Center. (2019). Social Media Use Over Time by Pew Research Center. http://www.pewinternet.org/data-trend/social-media/social-media-use-all-users/ (Accessed: 17 December 2019).

Pulido, C. M., Ruiz-Eugenio, L., Redondo-Sama, G. & Villarejo-Carballido, B. (2020). A New Application of Social Impact in Social Media for Overcoming Fake News in Health. International Journal of Environmental Research and Public Health; 17; 2430.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Rogers, E. M. (1997). Diffusion of Innovations, third edit. New York: The Free Press.

Vance, K., Howe, W. & Dellavalle, R. P. (2009). Social Internet Sites as a Source of Public Health Information. Dermatologic Clinics; 27; 133–136.

Yu, T. K., Lin, M. L. & Liao, Y. K. (2017). Understanding Factors Influencing Information Communication Technology Adoption Behavior: the Moderators of Information Literacy and Digital Skills. Computers in Human Behavior; 71; 196–208.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL FARMASI DAN ILMU KEFARMASIAN INDONESIA

View JFIKI Stats

         

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

    Find Us on Social Media:

                    

 Jfiki Farmasi Unair  @jfiki.unair