PROFIL PERILAKU PENGELOLAAN OBAT PADA LANSIA

Ubaida Assalwa, Galuh P. Ningrum, Terid M. Tindawati, Sa’adatuz Zahro, Rizqa R. Trisfalia, Agnes P. Yuliani, Firman Syarifudin, Adinda L.N Najah, Adelia S. Devi, Feriska Irmatiara, Yuni Priyandani

= http://dx.doi.org/10.20473/jfk.v8i1.21916
Abstract views = 606 times | downloads = 689 times

Abstract


Lansia (lanjut usia) adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun keatas. Pada usia ini terjadi penurunan fungsi organ (fisiologis), penurunan pengetahuan (kognitif), dan penurunan psikologis yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit sehingga menyebabkan lansia menerima obat dalam jumlah yang banyak dan dapat mengakibatkan permasalahan dalam mengkonsumsi obat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil perilaku pengelolaan obat pada lansia. Lokasi pengambilan data dilakukan di kelurahan Pucang Sewu pada tanggal 11-15 September 2019. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada lansia. Variable penelitian ini meliputi cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat yang digunakan oleh lansia. Dari 108 responden, sebanyak 51,85%  menjawab lansia menebus obat untuk dirinya sendiri, sebanyak 12,96% keluarga lansia membantu lansia untuk minum obat, sejumlah 21,30% menyimpan obat untuk lansia disembarang tempat, dan 60,19% obat langsung dibuang ke tempat sampah tanpa dihancurkan/dikeluarkan isinya terlebih dahulu.

Keywords


lansia, pengelolaan obat, DAGUSIBU

Full Text:

PDF

References


BPOM RI 2015, Pemberian Informasi untuk Meningkatkan Kepatuhan Pasien (viewed 24 Agustus 2020), http://pionas.pom.go.id/ioni/lampiran-6-petunjuk-praktis-penggunaan-obat-yang-benar/pemberian-informasi-obat-untuk.

Muharrir, M, Ridwan, M, Maulana, R 2015, ‘Hubungan polifarmasi dengan tingkat kepatuhan minum obat pasien gagal jantung di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh’ Skripsi, Universitas Syiah Kuala.

Rohmayani, SA 2018, ‘Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan pengobatan pada lansia penderita hipertensi di Dusun Pundung Cambahan Nogotirto Sleman Yogyakarta’ Skripsi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

DepKes RI 2017, Analisis Lansia Indonesia 2017 (viewed 19 September 2019), www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/lainlain/Analisis%20Lansia%20Indonesia%202017.pdf .

Presiden RI 2014, Pelaksanaan Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia, Pemerintah Pusat Republik Indonesia, Jakarta.

MenKes RI 2014, Pelayanan Kefarmasian di Rumah (Home Pharmacy Care), Pemerintah Pusat Republik Indonesia, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats