Respon Klien Terhadap Pelayanan Elektroakupunktur Hewan di Klinik La Femur Surabaya

respon klien elektroakupunktur klinik Surabaya

Authors

  • Tutik Rosita Idayati
    tutik.rosita.idayatih-2015@fkh.unair.ac.id
    Master of Veterinary Agribusiness, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
  • Koesnoto Supranianondo Department of Animal Husbandry, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
  • Sarmanu Sarmanu Department of Veterinary Anatomy, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
  • Raden Tatang Santanu Adikara Department of Veterinary Anatomy, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
  • Wiwik Misaco Yuniarti Department of Clinic and Animal Hospital, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
  • Suharsono Suharsono Department of Veterinary Anatomy, Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
September 26, 2020

Downloads

Elektroakupunktur merupakan metode modern dalam bidang akupunktur veteriner. Penerapan pada hewan dinilai efektif, ekonomis, tidak menimbulkan efek samping sehingga klien merasa puas. Kepuasan klien berdasarkan persepsi terhadap kualitas pelayanan yaitu kesesuaian antara harapan dan kenyataan yang diterima klien. Tangibel, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy merupakan lima unsur dimensi kualitas pelayanan. Jumlah responden yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 responden menggunakan layanan elektroakupunktur hewan sebanyak dua kali di klinik La Femur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan indeks kepuasan klien dan importance performance analysis. Hasil analisis data lima dimensi kualitas pelayanan elektroakupunktur hewan klinik La Femur menunjukkan nilai tangibel 0.91%, reliability 0.97%, responsiveness 0.99%, assurance 0.99% dan empathy 0.98%. Lima dimensi pelayanan elektroakupunktur hewan klinik La Femur menunjukkan nilai diatas standart.

Most read articles by the same author(s)