Pengaruh Kualitas Udara dan Kondisi Iklim terhadap Perekonomian Masyarakat (Literature Review)

iklim kualitas udara perekonomian masyarakat

Authors

  • Muhammad Arsya Fath
    muhammad.arsya.fath-2017@fkm.unair.ac.id
    Departemen Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
20 November 2021

Downloads

Pendahuluan: Menyadari tingginya aktivitas dan mobilitas manusia dalam menjalankan kehidupannya membuat kualitas lingkungan terutama udara menjadi berubah yang dapat berdampak terhadap iklim dunia. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mencegah dan mengendalikan polusi udara yang berlebihan agar tidak terjadi perubahan iklim. 

Tujuan: Penelitian ini diadakan untuk mengetahui pengaruh kondisi iklim dan kualitas udara terhadap perekonomian masyarakat. 

Metode: Penelitian ini dilakukan secara literature review dan dilakukan dengan cara mencari, memilih, mensintesis, dan mempelajari artikel yang sesuai dengan topik yang dibahas. Artikel yang ditemukan sebanyak 10 artikel yang berlokasi di Indonesia dan beberapa negara di dunia serta memiliki rentang waktu 10 tahun terakhir (2011 – 2021). 

Hasil dan Pembahasan: Penelitian ini mengungkapkan bahwa aktivitas masyarakat seperti pembakaran hutan dan penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan menyebabkan perubahan kualitas udara yang berdampak pada perubahan iklim dunia.  Akibat perubahan iklim dan polusi udara menyebabkan ekonomi masyarakat menjadi berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia.

Kesimpulan: Hasilnya didapat bahwa perekonomian masyarakat sangat bergantung terhadap iklim dan kualitas udara. Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan langkah pencegahan dan penanganan polusi udara agar iklim dunia tetap stabil. 

 

Kata kunci: iklim, kualitas udara, perekonomian masyarakat