Efektivitas Media Sosial Instagram Milik Rumah Sakit di Kabupaten Serang Dalam Promosi Kesehatan COVID-19
Downloads
Latar Belakang: Dalam pemutusan rantai penyebaran COVID-19 maka dilakukan promosi kesehatan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Dalam promosi kesehatan ini diperlukan media untuk menyampaikan pesan. Salah satu media sosial tersebut ialah Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat khususnya kalangan muda. Banyak organisasi layanan kesehatan yang menggunakan media sosial salah satunya rumah sakit.
Tujuan: Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari media sosial dalam mempromosikan kesehatan terkait COVID-19 pada rumah sakit di Kabupaten Serang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan data sekunder. Data berasal dari hasil pengamatan akun media sosial Instagram yang dimiliki oleh rumah sakit dengan berbagai tipe yang berada di Kabupaten Serang, total terdapat 3 akun media sosial Instagram. Data dikumpulkan berdasarkan postingan pertama yang terbit pada bulan Maret 2020 – 19 Oktober 2020. Data yang dikumpulkan untuk mengetahui engagement account yaitu dengan melihat total followers, likess, dan comments.
Hasil: Semua rumah sakit yang tersebar di Kabupaten Serang bertipe C. Rumah sakit di Kabupaten Serang memberikan pelayanan yang melibatkan teknologi dan informasi salah satunya penggunaan media sosial Instagram. Rumah Sakit Ibu dan Anak Permata Serdang tidak memilik postingan selama periode Maret 2020 – Oktober 2020, postingan pada akun Instagram rumah sakit Hermina Ciruas dan akun Instagram rumah sakit Kurnia Serang mempunyai topik dalam penyampaian pesan terkait COVID-19 sangat beragam. Engagement rate RS Hermina Ciruas yaitu sebesar 1,86%, engagement rate RS Kurnia Serdang sebesar 1,28%, dan engagement rate RSIA Permata sebesar 0%.
Kesimpulan: Media sosial instagram bisa digunakan sebagai media promosi kesehatan terkait COVID-19 yang efektif bagi segmentasi usia muda.Acha-Anyi, A. et al., 2020. Social media for health promotion: A visual analysis of "TB proof” South Africa's Facebook page. Technology in Society, 63.
Afif, M.F. Al, Nuringwahyu, S. & Krisdianto, D., 2020. Pengaruh Konten Dan Promosi Giveaway Terhadap (Studi Kasus Mobile Legends Bang Bang Pada Akun Instagram @devclovedmlbb). JIAGABI, 9(1), pp.24–27.
Ahmad Ghifary Rizalun Nafis, 2017. Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada Produk Jilbab Afra.
BPS Kabupaten Serang, 2020. Kabupaten Serang Dalam Angka 2020
Dean, B., 2021. Social Network Usage & Growth Statistics: How Many People Use Social Media in 2021? Available at: https://backlinko.com/social-media-users [Accessed June 21, 2021].
Fahriza, M. & Pujiyanto, 2021. Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit : Systematic Review. , 13, pp.100–108.
Fauziah, R., Ratnamulyani, I.A. & Kusumadinata, A.A., 2018. Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. , 4(April), pp.27–40.
Firsti, O., Mukti, W. & Putri, N.K., 2021. Analisis Sosial Media : Penggunaan Instagram dalam Menyampaikan Pesan Kesehatan pada Dewasa Muda di Indonesia. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education., 9(1), pp.36–43.
Huang, Y.T. & Su, S.F., 2018. Motives for instagram use and topics of interest among young adults. Future Internet, 10(8).
MacDonald, I., 2014. Hospitals embrace social media, but have yet to realize its full benefits. Available at: https://www.fiercehealthcare.com/healthcare/hospitals-embrace-social-media-but-have-yet-to-realize-its-full-benefits [Accessed June 21, 2021].
Marliani, L. & Achadi, A., 2019. The Effectiveness of Instagram as a Promotion Media at Citra Ananda Maternal and Child Health Hospital, Ciputat, Banten. , pp.99–99.
Miyata, N.S., 2019. Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. AGORA, 7(2).
Norman, C.D., 2012. Social Media and Health Promotion. SAGE Journal, 19(4), pp.3–6.
Nurdianna, F., 2018. Pelaksanaan Promosi Kesehatan Di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal PROMKES, 5(2), p.217.
Nurrahman, R. & Yuliati, 2019. Efektivitas Media Sosial Instagram @Visitbengkulu Sebagai Media Promosi Pariwisata Provinsi Bengkulu. Jurnal Kaganga, 3(1), pp.25–36.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit
Rachmat, H.H., 2018. Paradigma Pemikiran Dasar Pembangunan Kesehatan Di Indonesia. Yogyakarta: UGM PRESS.
Sheldon, P. & Bryant, K., 2016. Instagram: Motives for its use and relationship to narcissism and contextual age. Computers in Human Behavior, 58, pp.89–97.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Vionita, L. & Prayoga, D., 2021. Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Dalam Promosi Kesehatan Di Rumah Sakit Kabupaten Tangerang. MKMI UNDIP, 20(2), pp.126–133.
Copyright (c) 2022 Luthfia Vionita, Diansanto Prayoga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing right of the article without restrictions.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA).
3. The Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.