Analisis Hubungan Waktu Tunggu terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas: Literature Review

Unduhan
Latar Belakang: Masyarakat sebagai penerima pelayanan kesehatan tentu menginginkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Untuk mengetahui bermutu atau tidaknya suatu pelayanan kesehatan dapat ditinjau melalui waktu tunggu dan kepuasan pasien yang merupakan indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Waktu tunggu memiliki peran yang penting dalam memberikan kesan pertama yang baik untuk pasien.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien di puskesmas.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review yang berbasis pada protokol PRISMA. Literatur yang diulas merupakan literatur yang membahas tentang kepuasan pasien berdasarkan waktu tunggu pelayanan di puskesmas.
Hasil: Hasil pencarian artikel pada database Google Scholar dan ResearchGate menunjukkan bahwa terdapat 4 (empat) jurnal yang sesuai dengan kriteria. Keempat artikel ini telah di filterisasi menggunakan kata kunci, kriteria inklusi dan eksklusi, diterbitkan antara tahun 2018-2021. Seluruh artikel yang ditelaah merupakan artikel berbahasa Indonesia dengan jenis penelitian kuantitatif.
Kesimpulan: Berdasarkan keempat jurnal yang telah ditelaah, 3 (tiga) diantaranya menunjukkan hasil bahwa lamanya waktu tunggu pelayanan berhubungan dengan kepuasan pasien di puskesmas.
Dewi, A., Eravianti and Kumala Putri, D. (2021) ‘Hubungan Lama Waktu Tunggu Pasien Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Lubuk Begalung', Seminar Nasional Syedza Saintika, 1(1), pp. 45–54.
Dewi, M. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur', Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(2), pp. 535–544.
Dewi, M.O. and Marsepa, E. (2021) ‘Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Mauk Kabupaten Tangerang Banten', Nusantara Hasana Journal, 1(7), pp. 33–37.
Fatrida, D. and Saputra, A. (2019) ‘Hubungan Waktu Tunggu dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan', Jurnal 'Aisyiyah Medika, 4.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2008) ‘Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota'. Jakarta.
Laeliyah, N. and Subekti, H. (2017) ‘Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu', Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), p. 102. Available at: https://doi.org/10.22146/jkesvo.27576.
Maulana, D. et al. (2019) ‘Analisis Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Maccini Sombala', Jurnal Kesehatan, 12(2), p. 99. Available at: https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10483.
Notoatmodjo, S. (2007) Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.
Olive (2017) ‘Hubungan Waktu Tunggu dan Waktu Sentuh Pasien Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan.'
Wulandari, P., Listiawaty, R. and Hafiz, A. (2020) ‘Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi', Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, 3(2), pp. 265–269.
Hak Cipta (c) 2023 Shanti Pawitra Paramesthi, Diansanto Prayoga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing right of the article without restrictions.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA).
3. The Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.