Hubungan Paparan Toluena di Udara dengan Fungsi Ginjal Pada Pekerja Bengkel Pengecetan Mobil Surabaya

paparan toluena ginjal kadar kreatinin kadar BUN secure work

Authors

2 June 2022

Downloads

ABSTRAK

Latar Belakang:Toluena merupakan salah satu bahan kimia yang termauk dalam pelarut oganik yang bersifat volatile atau mudah menguap. Salah satu efek yang ditimbulkan dari paparan toluena adalah adanya penurunan fungsi ginjal pada kelompok yang terpapar. Salah satu pemeriksaan yang digunakan untuk melihat fungsi ginjal pada seseorang adalah dengan melakukan pemeriksaan kadar kreatinin dan BUN.

Tujuan: untuk melihat kadar kreatinin dan BUN pada pekerja sebagai suatu pemeriksaan terhadap fungsi ginjal.

Method: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian bersifat observasioanl dengan menggunakan rancangan Cross Sectional Study.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja di bengkel pengecatan mobil Surabaya yang berjumlah 20 orang.

Hasil: hubungan antara paparan toluena dengan kadar kreatinin dan BUN pada pekerja bersifat lemah dan searah (koefisien korelasi= 0,244 dan 0,042). Sementara itu untuk hubungan antara kadar kreatinin dan BUN dengan karakteristik responden juga bersifat lemah. Lemahnya hubungan antar variabel dapat diakibatkan oleh berbagai faktor lain. Kesimpulan: paparan toluena yang melebihi nilai ambang batas dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan suatu gangguan kesehatan salah satunya adalah penurunan fungsi ginjal. Sehingga pekerja harus memakai APD selama bekerja serta menjaga personal hygiene dengan baik.

 

Kata kunci: paparan toluena, ginjal, kadar kreatinin, kadar BUN