Analisis Customer Value Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik UNESA
Latar Belakang: Pertumbuhan pasien Poliklinik UNESA cenderung fluktuatif bahkan dapat dikatakan mengalami penurunan yang signifikan. Pada tahun 2018 pertumbuhan pelayanan pasien Poliklinik UNESA menurun dari tahun sebelumnya dengan persentasi sebesar -5,20 %. Pada tahun 2019 pertumbuhan pelayanan pasien Poliklinik UNESA merosot tajam yaitu sebesar -30,32 % dari tahun sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien di tahun 2019 yang sangat tajam dibandingkan periode tahun sebelumnya..
Tujuan: Menganalisis Customer Value terhadap kepuasan pasien yang berdampak pada penurunan kunjungan pasien di Poliklinik UNESA.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode online menggunakan google formulir. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 137 orang yang terdiri dari mahasiswa yang masih aktif kuliah saat penelitian ini dilakukan, pegawai yang masih aktif bekerja di UNESA dan masyarakat umum yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan di Poliklinik UNESA
Hasil: Hasil dalam penelitian ini adalah sebanyak 83 orang responden (60,6%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap emotional value, 79 orang responden (57,7%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap social value, 95 orang responden (69,3%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap quality/performance value dan 99 orang responden (72,3%) memiliki penilaian yang cukup baik terhadap price/value of money. Sebanyak 98 orang responden (71,5%) cukup puas terhadap pelayanan di Poliklinik UNESA dan sebanyak 98 orang responden (71,5%) cukup loyal terhadap pelayanan di Poliklinik UNESA. Karakteristik pasien memiliki signifikasi lebih kecil dari pada alpha terhadap costumer value, Customer value memiliki signifikasi lebih kecil dari pada alpha terhadap kepuasan pasien. Selain itu, kepuasan pasien memiliki signifikasi lebih kecil dari pada alpha terhadap loyalitas pasien
Kesimpulan: Karakteristik pasien memiliki signifikansi yang lebih kecil dari alpha pada Customer Value, Customer Value memiliki signifikansi yang lebih kecil dari alpha pada kepuasan pasien. Selain itu, kepuasan pasien memiliki signifikansi yang lebih kecil daripada alpha terhadap loyalitas pasien. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa karakteristik pasien mempengaruhi Customer Value, Customer Value mempengaruhi kepuasan pasien dan kepuasan pasien mempengaruhi loyalitas pasien.
Aeni, N. (2013), "Faktor Risiko Kematian Ibu”, Kesmas: National Public Health Journal, Vol. 7 No. 10, p. 453.
Haeckel, S.H., Carbone, L. and Berry, L. (2003), "How to Lead the Customer Experience”, Marketing Management, Vol. 12, pp. 18–23.
Khan, I., Garg, R.J. and Rahman, Z. (2015), "Customer Service Experience in Hotel Operations: An Empirical Analysis”, Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 189, pp. 266–274.
Mosahab, R., Mahamad, O. and Ramayah, T. (2010), "Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: A Test Of Mediation”, International Business Research, Vol. 3 No. 4, available at:https://doi.org/10.5539/ibr.v3n4p72.
Parasuraman, A., Berry, L.L. and Zeithaml, V.A. (1991), "Perceived service quality as a customer"based performance measure: An empirical examination of organizational barriers using an extended service quality model”, Human Resource Management, Vol. 30 No. 3, pp. 335–364.
Permana, A.W., Suardika, N., Sujana, W. and Yuesti, A. (2019), "Analysis of Service Quality and Value Effect on Patient Satisfaction and Its Effect on Loyalty of Hospital Patients in Hospital and Children of Pucuk Permata Hati”, International Journal of Contemporary Research and Review, Vol. 10 No. 02, pp. 21255–21266.
Pribadi, P., Satibi, Susi Ari Kristina and Suci Paramitasari Syahlani. (2021), "Building Patient Loyalty in Pharmacy Service: A Comprehensive Model”, Indonesian Journal of Pharmacy, pp. 241–250.
Puspaningrum, A. (2020), "Quality of Hospital Services and Loyalty: Role of Customer Value”, Proceedings of the 3rd Asia Pacific International Conference of Management and Business Science (AICMBS 2019), Atlantis Press, Paris, France, available at:https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200410.008.
Rahmani, Z., Ranjbar, M., Nadi Gara, A.A. and Heidari gorji, M.A. (2017), "The study of the relationship between value creation and customer loyalty with the role of trust moderation and customer satisfaction in Sari hospitals”, Electronic Physician, Vol. 9 No. 6, pp. 4474–4478.
Tseng, B.S., Tan, L., Kapoor, T.M. and Funabiki, H. (2010), "Dual Detection of Chromosomes and Microtubules by the Chromosomal Passenger Complex Drives Spindle Assembly”, Developmental Cell, Vol. 18 No. 6, pp. 903–912.
Yulianti, M. (2017), Pengaruh Service Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Instalasi Rawat Inap RSUD A.M Parikesit Kabupaten Kutai Kartanegara, UNHAS.
Zhou, W.-J., Wan, Q.-Q., Liu, C.-Y., Feng, X.-L. and Shang, S.-M. (2017), "Determinants of patient loyalty to healthcare providers: An integrative review”, International Journal for Quality in Health Care, Vol. 29 No. 4, pp. 442–449.
Copyright (c) 2022 Laura Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing right of the article without restrictions.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA).
3. The Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.