Pendidikan Domestik dan Konstruksi Peran Perempuan Indian Amerika Inferior dalam The School Days of an Indian Girl dan The Wide Spread Enigma of Blue Star Woman Karya Zitkala-Sa

Olga Rorintulus

= http://dx.doi.org/10.20473/mozaik.v18i2.10937
Abstract views = 182 times | downloads = 234 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan konstruksi peran perempuan Indian Amerika inferior dalam masyarakat kulit putih melalui pendidikan domestik bagi anak-anak perempuan Indian Amerika di akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20 seperti terefleksi dalam karya sastra Zitkala-Sa, The School Days of an Indian Girl and The Widespread Enigma of Blue Start Woman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengumpulkan data-data kualitatif melalui tehnik penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan sastra feminisme yang mengaplikasikan teori feminisme liberal tentang gender. Hasil analisa menunjukkan bahwa pendidikan domestik bagi anak-anak perempuan Indian Amerika merupakan suatu konstruksi gender yang menanamkan budaya patriarki masyarakat kulit putih yang memposisikan peran perepuan Indian Amerika inferior dalam masyarakat kulit putih Amerika di akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20 seperti terefleksi dalam karya-karya Zitkala-Sa.

Keywords


gender, inferior, pendidikan domestik, perempuan Indian Amerika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Olga Rorintulus

    

  

 

Free counters!

View Mozaik Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.