Hubungan Karakteristik Santri, Mutu Makanan, dan Daya Terima Konsumsi Santri Di SMA Al Izzah International Islamic Boarding School Kota Batu
Downloads
Background: The good quality of food service management is reflected when the consumer's food acceptability is also high. Factors that can affect consumer's food acceptability are consumer characteristic and food quality in its food servce management.
Objective: The objective of this study was to analyze the correaltion between consumer characteristic and food quality with consumer's food acceptability at the High School of Al Izzah IIBS Batu.
Method: This was an observational study with cross sectional research design. As the study sample, 67 people were randomly selected using proportionate stratified random sampling technique.
Results: There was no significant correlation between age and food acceptability (p-value=0.38), no correlation between education level and food acceptability (p-value=0.48), also no correlation between regional origin and food acceptability (p-value=0.29). There was no correlation between santri characteristics and food acceptability. Also there was no significant correlation between food quality and food acceptability.
Conclusion: Food quality at the High School of Al Izzah IIBS Batu is quite good with the food acceptability is good also. Although there is no correlation between the variables because the food acceptability is not only affected by food quality, but also the quality of service and sanitation hygiene of food handlers there.
Abstrak
Latar Belakang: Penyelenggaraan makanan dapat dikatakan baik jika daya terima konsumennya juga tinggi. Faktor yang dapat mempengaruhi daya terima konsumen adalah karakteristik konsumen dan mutu makanan dari penyelenggara makanan tersebut.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara karakteristik santri dan mutu makanan dengan daya terima konsumsi pada penyelenggaraan makanan di SMA Al Izzah IIBS Batu.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebesar 67 orang, diambil secara acak menggunakan proportionate stratified random sampling. Variabel karakteristik santri dan mutu makanan diobservasi dengan metode wawancara dan penyebaran kuesioner, sedangkan variable daya terima diobservasi dengan metode penimbangan jumlah sisa makanan.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen utama pada penyelenggaraan makanan disana mayoritas adalah remaja berusia 16 tahun yang berasal dari Jawa, mutu makanan yang ada di SMA Al Izzah sudah tergolong cukup baik (TCR=50,25), dan daya terima santri juga sudah baik (n=98,5%). Kemudian pada variabel karakteristik responden tidak terdapat hubungan dengan daya terima konsumsi yaitu usia responden (p=0,38), tingkat pendidikan (p=0,48), dan asal daerah (p=0,29). Variabel mutu makanan (p=1,00) juga tidak berhubungan dengan daya terima konsumsi pada santri.
Kesimpulan: Mutu makanan pada penyelenggaraan makanan di SMA Al Izzah IIBS Batu terbilang cukup baik dengan daya terima konsumsi santri yang juga baik. Meskipun tidak terdapat hubungan antara keduanya karena daya terima konsumsi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor mutu makanannya saja melainkan mutu pelayanan dan sanitasi hygiene dari penjamah makanan disana.
Syafe'i, I. PONDOK PESANTREN: LEMBAGA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN KARAKTER. J. Pendidik. Islam 8, 61–82 (2017).
Adriani, M., and Wirjatmadi, B. Pengantar Gizi Masyarakat. (Kencana, 2013).
Taqhi, A. The Description of Food Procurement Systemat the Hubulo Islamic Boarding School, Gorontalo. J. MKMI 241–247 (2014).
Semedi, P. & Kartasurya, M. I. Hubungan kepuasan pelayanan makanan rumah sakit dan asupan makanan dengan perubahan status gizi pasien ( Studi di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak ). 2, (2013).
Sugiyono. Statistika UntuMoehyi, M. and. (1992). Pengetahuan Bahan Makanan. Jakarta: Balai Pustaka.k Penelitian. (Alfabeta, 2011).
Moehyi, M. and. Pengetahuan Bahan Makanan. (Balai Pustaka, 1992).
Bakri, B., Intiyati, A., and W. Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. (PPSDM Kesehatan, 2018).
Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. (Fakultas Kedokteran UI, 2007).
Azwar, S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. (Pustaka Pelajar, 2010).
Wulansari, A., Setiawan, B., and Sinaga, T. Penyelenggaraan Makanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen. J. Gizi dan Pangan 8(2), 151–158 (2013).
Anggiruling, D. O. EVALUASI SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN DI PONDOK PESANTREN AL-MUSYARROFAH. (2016).
Ismawati, R. STUDI TENTANG TINGKAT KESUKAAN RESPONDEN TERHADAP PENGANEKARAGAMAN LAUK PAUK DARI DAUN KELOR ( Moringa oleivera ). e-Journal Boga 5, 17–22 (2016).
Fitriyani. Eksperimen Pembuatan Roti Tawar dengan Penggunaan Sari Bayam (Amaranthus sp.). Food Scien Culin. Educ. J. 2, 16–23 (2013).
Ahmad, A., Kashif-ur-Rahman, Saif, I., and Safwan, N. An Empirical Investigation of Islamic Banking in Pakistan based on Perception of Service Quality Corporate Social Responsibility in Pakistan: A Case of Services Sector View project. African J. Bus. Manag. 4(6), 1185–1193 (2010).
Cahyawari, M. M. HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN MAKANAN DAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN SISA MAKANAN PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II RAWAT INAPDI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013).
Azwar, A. Menuju Pelayanan Kesahatan yang Lebih Bermutu. (Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia, 1996).
Utama, A. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. OPSI 1, 96–110 (2003).
Noviati, T. Analisis Hubungan Faktor-Faktor Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Melalui Pengukuran Harapan dan Persepsi Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. (Universitas Indonesia, 2004).
Sumarwan, U. Perilaku Konsumen dan Penerapannya dalam Pemasaran. (Ghalia Indonesia, 2011).
Hendrayani, I. N. GULAKU DI KOTA BOGOR ( Studi Kasus di Giant Botani Square dan Ramayana BTM ) Oleh : PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGRIBISNIS. (Institut Pertanian Bogor, 2008).
Sari, E. W. L. FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009).
Lubis, M. Z. TINGKAT KESUKAAN DAN DAYA TERIMA MAKANAN SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KECUKUPAN ENERGI DAN ZAT GIZI PADA SANTRI PUTRI MTS DARUL MUTTAQIEN BOGOR. (Institut Pertanian Bogor, 2015).
Fiani, M., Edwin, S., Pemasaran, J. M., Petra, U. K. & Siwalankerto, J. ANALISA PENGARUH FOOD QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI KECIK TOKO ROTI GANEP ' S DI KOTA SOLO. J. Manaj. Pemasar. 1, 1–6 (2012).
Istianto, J. H. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. J. Ekon. dan Inf. Akutansi 1(3), (2011).
AMERTA NUTR by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.