VARIASI BAHASA DALAM INTERAKSI BARISTA COFFEE SHOP DI KECAMATAN GUBENG KOTA SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi bahasa yang digunakan barista coffee shop yang ada di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya serta menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemakaian variasi bahasa dalam komunikasinya. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif dengan mengumpulkan data berupa kata-kata yang menyangkut adanya variasi bahasa sesuai data yang ada di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan sistem simak, rekam, dan catat berupa tuturan percakapan antara barista coffee shop yang melayani pembelinya. Lokasi penelitian yang diteliti ialah sepuluh coffee shop yang ada di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Sesuai dengan hasil yang didapat dari lapangan, variasi bahasa yang digunakan oleh barista dan pembelinya pada saat di coffee shop yakni menggunakan bahasa informal. Seringnya penggunaan bahasa informal pada saat melakukan pelayanan di coffee shop dikarenakan banyaknya pengunjung dari kalangan remaja yang datang ke coffee shop untuk berkumpul bersama teman-temannya. Dalam komunikasi yang terjadi di coffee shop terdapat adanya bahasa campuran yang menjadi ciri dari variasi bahasa yang ada di coffee shop. Bahasa campuran yang terjadi di coffee shop yakni adanya bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris dengan bahasa Jawa, bahasa Jawa dengan bahasa Indonesia, penutur dan mitra tutur yang keduanya menggunakan menggunakan bahasa Jawa, dan bahasa Slang. Adanya bentuk variasi bahasa yang terjadi di coffee shop dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor usia, faktor keakraban, faktor jenis kelamin, dan faktor situasional
Kata kunci : barista, coffee shop, informal, sosiolinguistik, variasi bahasaAbdullah, Irwan. 2009. Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
J. Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. NTT: Nusa Indah.
Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik. Jakarta: Gramedia.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Prastowo, Andi. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, Gischa Joelita Eka. 2013. "Fungsi Coffee Shop bagi Masyarakat Surabaya”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Airlangga.
Rahmawati, Irma Tri. 2018. "Ragam Bahasa Penjual dan Pembeli di Pasar Puspa Agro Kabupaten Sidaorjo: Kajian Sosiolinguistik”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Airlangga.
Rakhmawati, Rizki Ayu. 2019. "Variasi Bahasa Mahasiswi Universitas Airlangga Asal Pulau Bawean Gresik: Kajian Sosiolinguistik”. Skripsi: Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Airlangga.
Rochmania, Dian Dwi. 2018. "Variasi Bahasa dalam Komunikasi Antarpenutur dalam Wedding Mahar Agung Organizer di Surabaya: Kajian Sosiolinguistik”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Airlangga.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.
Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Waty, Indah Kurnia. 2018. "Pemakaian Bahasa Pedagang dalam Transaksi Penjualan di Pasar Kedinding Surya Surabaya: Kajian Sosiolinguistik”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya: Universitas Airlangga.
Copyright (c) 2021 ETNOLINGUAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.