Diabetes Self Management Education (DSME) Improve Knowledge, Attitude, And Self Efficacy of Diabetes Mellitus Type 2 Patients

attitude diabetes self management education (DSME) knowledge self efficacy

Authors

August 20, 2019

Downloads

Pendahuluan: Penderita Diabetes masih kesulitan melakukan perawatan mandiri dari informasi kesehatan yang sudah di dapat dan didengar. Salah satu satu aspek yang memegang peranan penting dan efektif dalam pengelolaan diabetes melitus adalah pemberian edukasi dalam bentuk Diabetes Self Management Education (DSME). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap pengetahuan, sikap dan self efficaccy penderita DM Tipe 2

Metode: Penelitian berdesain Quasy Experimental. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Total Populasi 75 responden dan didapat sampel 37 responden. Variabel independen adalah Diabetes Self Management Education (DSME). Variabel dependen adalah pengetahuan, sikap, dan self efficacy. Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik Wilxocon Signed Rank Test dan Mann Whitney U rest dengan kemaknaan α≤0,005.

Hasil: Hasil analisis statistik Uji Wilcoxon rank test didapatkan pada pre post test kelompok perlakuan dan kelompok kontrol yaitu pengetahuan dari (p=0,000) menjadi (p=0,317), sikap dari (p=0,000) menjadi (p=0,046) dan self efficacy dari (p=0,000) menjadi (p=1,000). Uji statistik Mann Whitney U rest didapatkan nilai p = 0,000 pada kelompok perlakukan dan kelompok kontrol.

Kesimpulan: Diabetes Self Management Education (DSME) dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan self efficacy penderita DM tipe 2. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk membandingkan pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) dengan media booklet dan media lain dengan menggunakan kelompok kontrol.