Males' Supports and Perspectives on Using and Selecting Long-Term Contraceptive Aids: A Descriptive Inquiries

dukungan suami kontrasepsi metode kontrasepsi jangka panjang pasangan usia subur

Authors

August 14, 2020

Downloads

Pendahuluan: Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) menganjurkan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), seperti Intra Uterine Device (IUD), implant, Metode Operasi Pria (MOP), dan Metode Operasi Wanita (MOW). Pertimbangan dalam pemilihan MKJP diidentifikasi berhubungan dengan beberapa faktor diantaranya adalah dukungan suami. Namun, Dukungan suami dalam kepesertaan KeluargaBerencana khususnya kontrasepsi jangka panjang belum pernah dieksplorasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam dukungan suami terhadap pemilihan kontrasepsi jangka panjang.

Metode: Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi langsung pada 16 partisipan pria pasangan usia subur. Partisipan dalam penelitian ini diperoleh dari teknik purposive sampling dengan kriteria, merupakan suami dari istri pengguna MKJP yang berusia 30-49 tahun dan bisa baca tulis. Penelitian dilaksanakan di desa Tlogopojok dengan tenik wawancara terbuka dan analisis Colaizi

Hasil: Terdapat 5 tema yaitu MKJP lebih mudah dan praktis, Pemilihan jenis MKJP menjadi keputusan bersama, MKJP memberikan pengalaman yang positif, MKJP pilihan yang aman dan menenangkan, dan dukungan suami dalam penggunaan MKJP.

Kesimpulan: Penggunaan MKJP dipengaruhi oleh peran suami dalam pengambilan keputusan dan dukungan suami. Penelitian ini menemukan dukungan yang diberikan suami yaitu dalam bentuk transportasi, informasi dan diskusi bersama. Selain itu MKJP juga dinilai ungguluntuk menunda atau mencegah kehamilanyang tidak diinginkan dan aman untuk kesehatan.