ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI MEDIA ONLINE DESA KARANGPOH KECAMATAN KRIAN KABUPATEN SIDOARJO (TINJAUAN PEMASARAN ISLAM)

Authors

January 26, 2021

Downloads

ABSTRAK

Dengan adanya teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin canggih, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Salah satunya yakni dengan cara mempromosikan usaha yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana implementasi strategi pengembangan serta dampak implementasi strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui media online di Desa Karangpoh kec. Krian kab. Sidoarjo (tinjauan pemasaran islam). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini menggunakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi strategi pengembangan project bunga kertas terbagi menjadi empat macam yakni memberikan promo, iklan, penentuan harga dan menjaga pelayanan dengan customer.

Kata kunci: Pengembangan Usaha, Media Online, Pemasaran Islam.

 

ABSTRACT

With technology, increasingly sophisticated information and communication, this can be used to develop micro small and medium enterprises. One of them is by promoting the business being carried out.This study aims to explore how the implementation of development strategies and the impact of implementing strategies for developing micro smalland medium enterprises through online media in Karangpoh village. Krian district. Sidoarjo regency (islamic marketing review). The method used is a qualitative method. This research approach uses case studies. The results of this study can be concluded that the implementation of the paper flower project development strategy is divided into four types, namely providing promos, advertising, pricing and maintaining service to customers.

Keywords: Business Development, Online Media, Islamic Marketing.



DAFTAR PUSTAKA

Andriana, A. (2019). Peningkatan omset penjualan melalui pembuatan logo dan promosi media online UMKM jamur kebontunggul. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 160-165.

Buchari, A. (2014). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

 

Dadan, S. (2016). Perencanaan strategi sektor usaha mikro dalam mengatasi permasalahan pemasaran. Wacana, Jurnal Sosial dan Humaniora, 19(2), 101-112.

Fathoni, A. (2018). Konsep pemasaran dalam perspektif hukum Islam. Jurisdictie, 9(1), 128-146.

Kurniawan, A. (2015). Transformasi pelayanan publik . Yogyakarta: Pembaruan.

Morissan. (2017). Teori komunikasi massa: Media, budaya dan masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, W. A. (2019). Studi tentang media sosial terhadap pengembangan UMKM melalui keunggulan bersaing dan implementasi model A.I.D.A. pada UMKM pangan di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 8(4), 152-165.

Prihatiningrum, Y. (2019). Peningkatan kemampuan pemasaran online bagi komunitas perempuan di rumah kreatif Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 86-93.

Rachmawan, B. (2015). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Regalfa, M, M. (2015). Strategi pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) melalui marketing online oleh dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Romli, K. (2016). Komunikasi massa. Jakarta: PT Gramedia.

Sariwaty, Y. (2019). Pengembangan usaha UMKM calief melalui implementasi komunikasi pemasaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 218-224.

Siregar, A. (2017). Komunikasi, negara, dan masyarakat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Siswanto, T. (2016). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 80-86.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistiani, D. (2017). Strategi pengembangan infrastruktur dalam menunjang kegiatan wisata di Kampung Jawa Tondano. Spasial: Perencanaan Wilayah dan Kota, 5(1), 10-20.

Subekti, S. (2015). Strategi pengembangan bandar udara H. Hasan dalam meningkatkan pelayanan penumpang. Warta Penelitian Perhubungan, 28(3), 171-180.

Suryawati, I. (2016). Jurnalistik suatu pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Syamsul, A. (2014). Jurnalistik online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.