PERILAKU KONSUMSI ISLAMI PARA ALUMNI PONDOK PESANTREN DALAM MENCAPAI KESEJAHTERAAN ISLAM (STUDI KASUS ALUMNI PONDOK PESANTREN ISLAM MIFTACHUS SUNNAH SURABAYA)

Authors

  • Muhammad Ali Ridho
    muhammad.ali-13@feb.unair.ac.id
    Departemen Ekonomi Syariah-Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Unversitas Airlangga
  • Irham Zaki Departemen Ekonomi Syariah-Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Unversitas Airlangga
January 15, 2020

Downloads

Islamic boarding school can train a santri'sIndependence and it can be reflected after a santri becomes an alumni, such from economic welfare. This study aims to determine whether the consumption practice of alumni Islamic boarding school is in line with Islamic welfare or not. The research method used is descriptive qualitative approach by using case studyon alumni of Miftachus Sunnah Islamic boarding school. Data collection is done by in-depth interview, observation, and documentation. The validation technique used by source and technique triangulation. The analysis technique used is Miles- Huberman's.

The five areas of maqashid sharia in dharuriyyat level stand as an indicator of Islamic welfare. The results showed that the consumption practice of alumni of Miftachus Sunnah based on the values (justice, responsibility, and guarantee) and basic principles (efficiency, adequacy, freedom, balance, and solidarity) of Islamic economic behavior in the achievement and guarding of maqashid sharia indicate the suitability. 

Key words: Consumption behavior, values of Islamic economic, principal of Islamic economic, and maqashid sharia.


REFERENCES

AlQur'an danHadits.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad.tt. Al-Mustashfa. Jilid II. Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah Nama pengarang. Tahun. Judul. Nama penerbit atau volume.

As-Syatibi, Ibrahim bin Musa. 1997. Al- Muwafaqat.  Jilid II. Al-Aqrabiyah: Dar Ibnu Affan. Chaudhry, Muhammad Sharif. Tanpa Tahun. Sistem  Ekonomi  Islam:  Prinsip  Dasar.Terjemahan   oleh   Suherman   Rosidi. 2012. Jakarta: Kencana.

DITPONTREN. 2016. Analisis dan Interpretasi Data pada Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah (Madin), Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Tahun Pelajaran 2014-2015

Fadli, Adi. 2012. Pesantren: Sejarah dan Perkembangannya. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, Vol. V Nomor 1, Januari – Juni: 29-42

Nata, Abdullah. 2011. Studi Islam Komprehensif. Edisi Pertama, Cet. ke-1. Jakarta : Kencana.

Nizar,     Samsul     (Editor).     2007.     Sejarah

Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana. Poerwadarminto,  WJS.  1999.  Kamus UmumBahasa    Indonesia.     Jakarta:    Balai Pustaka.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. 2008. Ekonomi Islam. Edisi Kesatu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

--------. 2014. Ekonomi Islam. Edisi Kesatu. Cet. ke-6.  Jakarta:  PT  Raja  Grafindo Persada. 

Samuelson,  Paul  dan  William  D  Nor  Hans.

1993.     Ekonomi.     Jilid     I.     Jakarta:Airlangga.

Sanusi, Uci. 2012. Pendidikan Kemandirian Di Pondok Pesantren (Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri di Pondok al-Istiqlal  Cianjur dan  Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta'lim, Vol. 10 No. 2: 123- 139

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif  R&D.  Bandung: Alfabeta


Yin, Robert K. 2002. Studi kasus: Desain dan Metode, Terjemahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

-------------. 2009. Studi kasus: Desain dan Metode, Terjemahan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zuhriy, M. Syaifuddien. 2011. Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo, Vol. 19, No. 2, November:287-310



Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>