Penerapan Appreciative Inquiry di DMU Universitas XYZ

Sally Azaria

= http://dx.doi.org/10.20473/jpkm.V1I22016.125-133
Sari views = 979 times | downloads = 626 times

Sari


Merupakan sebuah keniscayaan apabila setiap organisasi, termasuk organisasi pendidikan mencanangkan dan mengalami perubahan. Visi yang dimiliki oleh suatu organisasi adalah acuan arah dari perubahan yang diinginkan. Setiap bagian di dalam organisasi seharusnya bergerak ke arah visi dari organisasi tersebut. Penelitian ini diadakan di Departemen Matakuliah Umum (DMU) Universitas XYZ. Penelitian ini berfokus untuk melakukan perubahan untuk meningkatan kualitas belajar mengajar, secara khusus menyusun standar materi kuliah DMU di Universitas XYZ. Penelitian ini akan difokuskan untuk memberikan peningkatan kapasitas DMU untuk melakukan perubahan dengan menemukan inti perubahan menggunakan metode Appreciative Inquiry (AI) dan melakukan perubahan dengan menggunakan dasar beberapa langkah perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Visi perubahan dalam penelitian ini diterjemahkan dalam suatu rencana kerja jangka panjang. Rencana kerja yang diambil setelah menjalani semua proses penelitian ini adalah: materi perkuliahan, perilaku dosen, dan manajemen DMU.


Kata Kunci


appreciative inquiry; manajemen perubahan; pengembangan organisasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Armenakis, A. A., Bernerth, J. B., Pitts, J. P., & Walker, H. J. (2007). Organizational change recipients' beliefs scale development of an assessment instrument. The Journal of applied behavioral science, 43(4), 481-505.

Besterfield, D.H., Besterfield-Michna, C., Besterfield, G.H. and Besterfield, M. (2003), Total Quality Management, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.

Cooperrider, D., & Whitney, D. D. (2005). Appreciative inquiry: A positive revolution in change. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers.

Cooperrider, D., Whitney, D. D., & Stavros, J. M. (2008). The appreciative inquiry handbook: For leaders of change. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers.

Kates, A., & Galbraith, J. R. 00..(2007). Designing your organization: Using the star model to solve 5 critical design challenges. San Francisco: Jossey-Bass.

Kotter, J. P., & Cohen, D. S. (2002). The heart of change: Real-life stories of how people change their organizations. Cambridge: Harvard Business Press.

Kotter, J. (2008). Our iceberg is melting: Perubahan dan kesuksesan dalam berbagai kondisi. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Kotter, J. (2011). A sense of urgency. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Maleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INSAN JPKM Telah Terindeks:

   
  

 

INSAN JPKM Telah Terdaftar Dengan:

p-ISSN:2528-0104 ; e-ISSN 2528-5181


Lisensi Creative Commons

Atribusi 4.0 Internasional

Statistik Jurnal

Lihat Statistik