Penerapan Appreciative Inquiry di DMU Universitas XYZ
Downloads
Merupakan sebuah keniscayaan apabila setiap organisasi, termasuk organisasi pendidikan mencanangkan dan mengalami perubahan. Visi yang dimiliki oleh suatu organisasi adalah acuan arah dari perubahan yang diinginkan. Setiap bagian di dalam organisasi seharusnya bergerak ke arah visi dari organisasi tersebut. Penelitian ini diadakan di Departemen Matakuliah Umum (DMU) Universitas XYZ. Penelitian ini berfokus untuk melakukan perubahan untuk meningkatan kualitas belajar mengajar, secara khusus menyusun standar materi kuliah DMU di Universitas XYZ. Penelitian ini akan difokuskan untuk memberikan peningkatan kapasitas DMU untuk melakukan perubahan dengan menemukan inti perubahan menggunakan metode Appreciative Inquiry (AI) dan melakukan perubahan dengan menggunakan dasar beberapa langkah perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Visi perubahan dalam penelitian ini diterjemahkan dalam suatu rencana kerja jangka panjang. Rencana kerja yang diambil setelah menjalani semua proses penelitian ini adalah: materi perkuliahan, perilaku dosen, dan manajemen DMU.
Armenakis, A. A., Bernerth, J. B., Pitts, J. P., & Walker, H. J. (2007). Organizational change recipients' beliefs scale development of an assessment instrument. The Journal of applied behavioral science, 43(4), 481-505.
Besterfield, D.H., Besterfield-Michna, C., Besterfield, G.H. and Besterfield, M. (2003), Total Quality Management, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.
Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.
Cooperrider, D., & Whitney, D. D. (2005). Appreciative inquiry: A positive revolution in change. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers.
Cooperrider, D., Whitney, D. D., & Stavros, J. M. (2008). The appreciative inquiry handbook: For leaders of change. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers.
Kates, A., & Galbraith, J. R. 00..(2007). Designing your organization: Using the star model to solve 5 critical design challenges. San Francisco: Jossey-Bass.
Kotter, J. P., & Cohen, D. S. (2002). The heart of change: Real-life stories of how people change their organizations. Cambridge: Harvard Business Press.
Kotter, J. (2008). Our iceberg is melting: Perubahan dan kesuksesan dalam berbagai kondisi. Jakarta: Elex Media Kompetindo.
Kotter, J. (2011). A sense of urgency. Jakarta: Elex Media Kompetindo.
Maleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental is a periodical journal publisher with Open Access principles and Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0); therefore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use any information and re-distribute the content of this journal for any purposes, including commercial purposes. This can be done as long as the person satisfies the following two conditions; (1) the person is obliged to provide a proper attribution by citing the original source and indicate any changes they have made; and (2) the person is strictly not allowed to make any restrictions, both legal and technological limitations, that restrict others to have the same level of distribution rights.
The manuscript copyright remains with the author; therefore, INSAN JPKM do not and will not request for copyright transfer on all published manuscripts in INSAN JPKM.