INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental

Salam sehat mental!

Isu kesehatan mental dewasa ini menyedot perhatian besar dari publik, terutama para pemerhati kebijakan kesehatan. Studi Global Burden of Disease yang diselenggarakan oleh IHME menunjukkan bahwa enam jenis gangguan kesehatan mental termasuk dalam 20 penyakit yang paling bertanggungjawab untuk menimbulkan disabilitas serta mengakibatkan beban sosial dan ekonomi. Di Indonesia, gangguan kesehatan mental saat ini belum dipandang sebagai ancaman epidemiologis yang serius, apalagi bila dibandingkan dengan penyakit menular (communicable diseases) yang selalu menghiasi prioritas program kebijakan kesehatan. Pun, isu kesehatan mental di Indonesia masih didominasi soal gangguan jiwa berat dan pasung, padahal sejatinya, masalah kesehatan mental di Indonesia jauh lebih kompleks dari itu.

Oleh karena itu, INSAN Media Psikologi mulai tahun 2016 berubah nama menjadi INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental (JPKM). Pertimbangannya, kami berupaya untuk membuat spesifik cakupan kajian agar sejalan dengan bidang keunggulan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Namun di sisi lain, kami juga ingin memperluas segmentasi pembaca kami, sehingga artikel yang dimuat di JPKM relevan juga untuk dibaca oleh peminat kajian kesehatan mental di luar Psikologi.

INSAN JPKM saat ini telah terindeks di Directory of Open Access Journal (DOAJ)Science and Technology Index (SINTA)GARUDAGoogle ScholarPKP IndexROADCrossRef, dan ResearchGate.

Redaksi INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental terbuka dalam menerima ARTIKEL PENELITIAN dan ULASAN BUKU yang terkait dengan cakupan topik jurnal kami. Di antaranya adalah:

  1. Psikopatologi
  2. Promosi kesehatan mental
  3. Kesehatan mental komunitas
  4. Kesehatan mental dalam domain industri dan organisasi
  5. Kesehatan mental masyarakat (public mental health)
  6. Kesehatan mental dalam domain sekolah
  7. Pendidikan inklusi
  8. Kesehatan mental anak dan remaja
  9. Mutu layanan kesehatan mental

INSAN JPKM juga menerima naskah dalam bentuk LAPORAN KASUS yang berisi laporan terperinci atas terapi/intervensi psikologis yang dilakukan oleh praktisi/tenaga kesehatan mental. Harapannya, INSAN JPKM dapat menjadi media diseminasi atas studi mengenai efektivitas terapi/intervensi psikologis yang dilakukan oleh para praktisi/tenaga kesehatan mental profesional.

Pada beberapa kasus khusus, kami juga menerbitkan ARTIKEL PENELITIAN yang merupakan kajian literatur apabila salah satu kondisi berikut ini terpenuhi; literatur yang dianalisis diperoleh dengan metode yang sistematis, tema artikel dianggap memiliki urgensi yang tinggi oleh editor, dan/atau artikel kajian literatur tersebut ditulis oleh pakar di bidangnya.

Informasi

 

Etika Publikasi untuk Penulis

 

Perhatian untuk semua penulis dan calon penulis yang akan memasukkan naskahnya ke INSAN JPKM untuk ditelaah bahwa redaksi memperbarui kebijakan mengenai etika publikasi INSAN JPKM.

Penulis dilarang untuk memasukkan atau mempublikasi naskah yang sama di dua atau lebih jurnal yang berbeda atau sumber primer lainnya (prosiding, bunga rampai, dll.) Memasukkan naskah yang sama ke dua atau lebih jurnal yang sama untuk ditelaah merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak akan ditoleransi. Apabila penulis melakukannya, maka penulis akan dimasukkan dalam daftar hitam INSAN JPKM selama 2 tahun berturut-turut.


Selengkapnya, silahkan baca disini.

 
Dikirimkan: 2018-07-29
 
Lebih banyak informasi...

Vol 5, No 2 (2020): INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental

Daftar Isi

Ariadne Ayuningtyas Trianggono, Danny Irawan Yatim
PDF
88-111
Sulistami Prihandini, Linda Primana
PDF
112-124
Rosyian Badriana, Seger Handoyo
PDF
125-133
Endang R Surjaningrum, Tri Kurniati Ambarini, Atika Dian Ariana, Dian Kartika Amelia Arbi, Ika Yuniar Cahyanti, Nurul Hartini
PDF
134-141
Lita Indah Cahyani, Dewi Syarifah
PDF
142-149
Ilham Akhsanu Ridlo
PDF
162-171
Andi Ahmad Ridha
PDF
150-161