Makna Pencapaian Prestasi Belajar pada Mahasiswa Program Pascasarjana dengan Peran Ganda

makna prestasi belajar mahasiswa dengan peran ganda

Authors

  • Ervin Nurul Affrida
    ervin.nurul.affrida-2015@psikologi.unair.ac.id
    Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
  • Veronika Suprapti Departemen Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
3 July 2017

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman dan makna pencapaian prestasi belajar pada mahasiswa Program Pascasarjana dengan peran ganda. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan tiga orang mahasiswa perempuan pada Program Pascasarjana yang berstatus menikah dan bekerja dengan indeks prestasi kumulatif diatas 3.50 sebagai kriteria partisipan. Teknik penggalian data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Teknik pemantapan kredibilitas yang digunakan adalah member check. Analisis data penelitian menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Temuan pengalaman dalam mencapai prestasi belajar pada mahasiswa dengan peran ganda meliputi tertib presensi perkuliahan, mengerjakan tugas tepat waktu, mempersiapkan diri mengikuti ujian, dan melengkapi literatur yang mendukung pembelajaran. Temuan makna dalam mencapai prestasi belajar meliputi meningkatkan harga diri, membuat bangga keluarga, dan mencapai jenjang karir. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengalaman mahasiswa dengan peran ganda berbeda-beda dalam mencapai prestasi belajar, sehingga pengalaman tersebut  juga dimaknai berbeda menurut persepsi masing-masing individu.