Makna Pencapaian Prestasi Belajar pada Mahasiswa Program Pascasarjana dengan Peran Ganda
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman dan makna pencapaian prestasi belajar pada mahasiswa Program Pascasarjana dengan peran ganda. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan tiga orang mahasiswa perempuan pada Program Pascasarjana yang berstatus menikah dan bekerja dengan indeks prestasi kumulatif diatas 3.50 sebagai kriteria partisipan. Teknik penggalian data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Teknik pemantapan kredibilitas yang digunakan adalah member check. Analisis data penelitian menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Temuan pengalaman dalam mencapai prestasi belajar pada mahasiswa dengan peran ganda meliputi tertib presensi perkuliahan, mengerjakan tugas tepat waktu, mempersiapkan diri mengikuti ujian, dan melengkapi literatur yang mendukung pembelajaran. Temuan makna dalam mencapai prestasi belajar meliputi meningkatkan harga diri, membuat bangga keluarga, dan mencapai jenjang karir. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengalaman mahasiswa dengan peran ganda berbeda-beda dalam mencapai prestasi belajar, sehingga pengalaman tersebut juga dimaknai berbeda menurut persepsi masing-masing individu.
Azwar, S. (2004). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bastaman, H.D. (2007). Logoterapi: Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Budiharjo, P. (1997). Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius.
Boyatzis, R.E. (1998). Transforming Qualitative Information: Thematic Analysis and Code Development. Sage Publication.
Chaplin, J.P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta : Raja Grafindo.
Creswell, J.W. (1994). Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. New Delhi India: Sage Publications India Pvt. Ltd.
Couzy, M. (2012). Conflicting Roles: Balancing Family and Professional Life-a Chalengge for Working Women. Linnaeus University: Thesis School of Business and Economics.
Fakih, M. (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Frankl, F.E. (1988). The Will to Meaning, Foundations and Applications of Logotherapy. New York: Meridian.
Greenhaus, J. H., & Beutell, N. J. (1985). Sources of conflict between work and family roles. Academy of management review, 10(1), 76-88.
Hidayah, L. (2015). Konflik Peran Ganda Mahasiswi Sosiologi FISIP Universitas Jember yang Telah Menikah. Naskah Publikasi. Universitas Jember.
Malhotra, S., & Sachdeva, S. (2005). Social roles and role conflict: An interprofessional study among women. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 31(1-2), 37-42.
Michelle, Z. R. & Louise. L. (1974). Women, Culture and Society. Stanford: Stanford University Press.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permana, H.D. (2011). Konflik Peran Ganda dan Prestasi Belajar pada Mahasiswa yang Bekerja di Pizza Hut Semarang. Naskah Publikasi. Universitas Negeri Semarang.
Ruslina. (2014). Hubungan Antara Konflik Peran Ganda Dengan Stres Kerja Pada Wanita Bekerja. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rohman, N.H. (2010). Implikasi Pernikahan pada Masa Studi Terhadap Prestasi Belajar. Naskah Publikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sartre, J. P. (1965). Essays in Existentialism. Citadel Press.
Smith, J. A., & Osborn, M. (2007). Interpretative Phenomenological Analysis. In J. A. Smith (Ed.), Qualitative Psychology: Practical Guide to Research Method. London : SAGE Publications.
Thomas, J., Raynor, M., & Al-Marzooqi, A. (2012). Marital Status and Gender as Predictors Of Undergraduate Academic Performance: a United Arab Emirates Context. Learning and Teaching in Higher Education: Gulf Perspectives (2). Diakses dari http://lthe.zu.ac.ae
Tjiptoherijanto, P. (1997). Migrasi, Urbanisasi dan Pasar Kerja di Indonesia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia Press.
Yin, R. K. (1997). Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental is a periodical journal publisher with Open Access principles and Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0); therefore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use any information and re-distribute the content of this journal for any purposes, including commercial purposes. This can be done as long as the person satisfies the following two conditions; (1) the person is obliged to provide a proper attribution by citing the original source and indicate any changes they have made; and (2) the person is strictly not allowed to make any restrictions, both legal and technological limitations, that restrict others to have the same level of distribution rights.
The manuscript copyright remains with the author; therefore, INSAN JPKM do not and will not request for copyright transfer on all published manuscripts in INSAN JPKM.