Pengaruh Orientasi Tujuan Dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa

Bernadetta Lisa Andika Permatasari, Nur Ainy Fardana

= http://dx.doi.org/10.20473/jpkm.V2I12017.77-83
Abstract views = 1162 times | downloads = 1161 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi tujuan dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek 132 siswa SMA Kristen Cita Hati Surabaya yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala orientasi tujuan, persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru, dan prokrastinasi akademik siswa Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi ganda melalui program IBM SPSS 23 menunjukkan Fhitung sebesar 1.492 dan p=.299 (p>.05) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara orientasi tujuan dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prokrastinasi akademik siswa.


Keywords


orientasi tujuan; persepsi siswa pada kompetensi guru; prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Ames, C., & Archer, J. (1988). Achievement goals in the classroom: Students' learning strategies and motivation processes. Journal of Educational Psychology, 80(3), 260.

Andreas. (2007). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Skripsi. Psikologi UI.

Arias, J.F. (2004). Recent Perspective in the Study of Motivation: Goal Orientation Theory. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. Department of Developmental Psychology and Universidad de Almeria.

Burka, J.B., & Yuen, L.M. (2008). Procrastination: Why You Do It: What to Do about It Now. Cambridge: Da Capo Press.

Ghufron, N. & Rini, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Az-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Howell, A. J., & Watson, D. C. (2007). Procrastination: Associations with achievement goal orientation and learning strategies. Personality and Individual Differences, 43(1), 167-178.

Pramusanti, N. (2012). Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Al-Islam 1 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pintrich, P.R. & D.H. Schunk. (1996). Motivation in Education, Theory, Research, and Application. Ohio: Prentice Education. Solomom, L.J. & Rothblum, E.D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31, 504-510.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Steel, P. (2004). The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Canada: University of Calgary.

Sunaryo. (2002). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bernadetta Lisa Andika Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

INSAN JPKM Telah Terindeks:

     

 

INSAN JPKM Telah Terdaftar Dengan:

p-ISSN:2528-0104 ; e-ISSN 2528-5181

Creative Commons Attribution 4.0 International License

Statistik Jurnal

Lihat Statistik