Pengaruh Orientasi Tujuan Dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi tujuan dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prokrastinasi akademik. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan subjek 132 siswa SMA Kristen Cita Hati Surabaya yang dipilih melalui teknik proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala orientasi tujuan, persepsi siswa pada kompetensi pedagogik guru, dan prokrastinasi akademik siswa Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi ganda melalui program IBM SPSS 23 menunjukkan Fhitung sebesar 1.492 dan p=.299 (p>.05) yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara orientasi tujuan dan persepsi siswa pada kompetensi guru terhadap prokrastinasi akademik siswa.
Ames, C., & Archer, J. (1988). Achievement goals in the classroom: Students' learning strategies and motivation processes. Journal of Educational Psychology, 80(3), 260.
Andreas. (2007). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Skripsi. Psikologi UI.
Arias, J.F. (2004). Recent Perspective in the Study of Motivation: Goal Orientation Theory. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. Department of Developmental Psychology and Universidad de Almeria.
Burka, J.B., & Yuen, L.M. (2008). Procrastination: Why You Do It: What to Do about It Now. Cambridge: Da Capo Press.
Ghufron, N. & Rini, R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Az-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Howell, A. J., & Watson, D. C. (2007). Procrastination: Associations with achievement goal orientation and learning strategies. Personality and Individual Differences, 43(1), 167-178.
Pramusanti, N. (2012). Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Al-Islam 1 Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pintrich, P.R. & D.H. Schunk. (1996). Motivation in Education, Theory, Research, and Application. Ohio: Prentice Education. Solomom, L.J. & Rothblum, E.D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31, 504-510.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.
Steel, P. (2004). The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Canada: University of Calgary.
Sunaryo. (2002). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental adalah terbitan berkala dengan prinsip Akses Terbuka dan Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua ketentuan, yaitu; (1) Anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber aslinya serta menjelaskan segala perubahan yang dibuat; dan (2) Anda tidak diperbolehkan melakukan pembatasan, baik pembatasan legal maupun hambatan teknologi, sehingga orang lain dapat memiliki hak distribusi yang sama.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.