Uji Validitas Bender-Gestalt Test dengan Menggunakan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) sebagai Kriteria untuk Mendeteksi Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar
Downloads
Artikel ini disusun dengan harapan semakin banyaknya alternatif tes kesiapan masuk sekolah dasar yang dapat dilakukan oleh praktisi psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji vailidtas tes Bender-Gestalt (BG) dengan menggunakan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) sebagai kriteria. Fokus dalam kajian ini adalah satu variabel, yaitu; kesiapan sekolah dasar. Penelitian bersifat kuantitatif deskriptif dan korelasional, dengan partisipan dalam kajian ini terdiri 397 anak dari tiga sekolah yang tersebar di Sidoarjo, Bangkalan dan Probolinggo. Hasil skor tes BG dengan skor NST (sebagai kriteria) menunjukkan adanya korelasi positif (r=.337, nilai p<0.01). Hal ini menunjukkan bahwa tes BG memiliki validitas konkuren yang baik ketika dibandingkan dengan alat yang menjadi kriterianya yaitu Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST).
Andayani, B. (2001). Kemampuan Psikologis Anak Dengan Tulisan Tangan Buruk. Jurnal Psikologi, 28(2), 77-96.
Anastasi, A. & Urbina, S. (2006). Tes Psikologi. Jakarta: Penerbit Indeks.
Aquarisnawati, P., Mustami'ah, D., & Riskasari, W. (2012). Motorik Halus pada anak usia prasekolah ditinjau dari bender gestalt. Jurnal Insan Media Psikologi, 13(3).
Gregory, R.J. (2011). Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi Jilid 2, Edisi 6 (Terj). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Groth-Marnat, G. (2010). Hanbook of Psychological Assessment – Edisi 5. (Terj. Helly P.S & Sri Mulyantini S). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hendratno, L. (2015). Bender Gestalt dan Bourdon Test. Surabaya: Naira Institut of Human Development
Hurlock, E.B. (1974). Personality Development. New Delhi: Tata McGraw-Hill, Inc.
Kustimah, Abidin, & Kusumawati (2007). Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau dari Hasil Test N.S.T (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Fakultas Psikologi-Universitas Padjadjaran. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/08/asesmen_klinis.pdf. (9 Oktober 2014)
Mariyati, L. I., & Affandi, G. R. (2016). Tepatkah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) untuk Mengukur Kesiapan Sekolah Siswa Sekolah Dasar Awal pada Konteks Indonesia? (Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 194-211.
Novitawati, N. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 109-132.
Papalia, D.E., Old, S.W., Feldman, R.D. (2008). Human Development. (Terj. A.K. Anwar). Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, J. (2002). Life-span Development (perkembangan masa hidup). (Terj. A. Chusairi & Damanik). Jakarta: Penerbit Erlangga
Sulistiyaningsih, W. (2005). Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan prasekolah anak dan tingkat pendidikan orang tua. Jurnal Psikologia, 1(1).
Sudjana, N. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya: Bandung.
Sukardi, H.M. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Supartini, E. (2006). Pengukuran Kesiapan Sekolah. JPK: JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS, 2(2), 61-71.
Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental is a periodical open-access publication with Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therefore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions: (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.