Uji Validitas Bender-Gestalt Test dengan Menggunakan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) sebagai Kriteria untuk Mendeteksi Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar

Ghozali Rusyid Affandi, Lely Ika Mariyati

= http://dx.doi.org/10.20473/jpkm.V2I22017.84-95
Sari views = 2280 times | downloads = 6480 times

Sari


Artikel ini disusun dengan harapan semakin banyaknya alternatif tes kesiapan masuk sekolah dasar yang dapat dilakukan oleh praktisi psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji vailidtas tes Bender-Gestalt (BG) dengan menggunakan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) sebagai kriteria. Fokus dalam kajian ini adalah satu variabel, yaitu; kesiapan sekolah dasar. Penelitian bersifat kuantitatif deskriptif dan korelasional, dengan partisipan dalam kajian ini terdiri 397 anak dari tiga sekolah yang tersebar di Sidoarjo, Bangkalan dan Probolinggo. Hasil skor tes BG dengan skor NST (sebagai kriteria) menunjukkan adanya korelasi positif (r=.337, nilai p<0.01). Hal ini menunjukkan bahwa tes BG memiliki validitas konkuren yang baik ketika dibandingkan dengan alat yang menjadi kriterianya yaitu Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST).


Kata Kunci


kesiapan masuk sekolah dasar; Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST); tes Bender-Gestalt (BG)

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Andayani, B. (2001). Kemampuan Psikologis Anak Dengan Tulisan Tangan Buruk. Jurnal Psikologi, 28(2), 77-96.

Anastasi, A. & Urbina, S. (2006). Tes Psikologi. Jakarta: Penerbit Indeks.

Aquarisnawati, P., Mustami'ah, D., & Riskasari, W. (2012). Motorik Halus pada anak usia prasekolah ditinjau dari bender gestalt. Jurnal Insan Media Psikologi, 13(3).

Gregory, R.J. (2011). Tes Psikologi: Sejarah, Prinsip, dan Aplikasi Jilid 2, Edisi 6 (Terj). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Groth-Marnat, G. (2010). Hanbook of Psychological Assessment – Edisi 5. (Terj. Helly P.S & Sri Mulyantini S). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendratno, L. (2015). Bender Gestalt dan Bourdon Test. Surabaya: Naira Institut of Human Development

Hurlock, E.B. (1974). Personality Development. New Delhi: Tata McGraw-Hill, Inc.

Kustimah, Abidin, & Kusumawati (2007). Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau dari Hasil Test N.S.T (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Fakultas Psikologi-Universitas Padjadjaran. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/08/asesmen_klinis.pdf. (9 Oktober 2014)

Mariyati, L. I., & Affandi, G. R. (2016). Tepatkah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) untuk Mengukur Kesiapan Sekolah Siswa Sekolah Dasar Awal pada Konteks Indonesia? (Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 194-211.

Novitawati, N. (2013). Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 109-132.

Papalia, D.E., Old, S.W., Feldman, R.D. (2008). Human Development. (Terj. A.K. Anwar). Edisi kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J. (2002). Life-span Development (perkembangan masa hidup). (Terj. A. Chusairi & Damanik). Jakarta: Penerbit Erlangga

Sulistiyaningsih, W. (2005). Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan prasekolah anak dan tingkat pendidikan orang tua. Jurnal Psikologia, 1(1).

Sudjana, N. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya: Bandung.

Sukardi, H.M. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supartini, E. (2006). Pengukuran Kesiapan Sekolah. JPK: JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS, 2(2), 61-71.

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

INSAN JPKM Telah Terindeks:

   
  

 

INSAN JPKM Telah Terdaftar Dengan:

p-ISSN:2528-0104 ; e-ISSN 2528-5181


Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

Statistik Jurnal

Lihat Statistik