Mengoptimalkan Asupan Zat Gizi sebagai Upaya Preventif dalam Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Asupan Zat Gizi Kesehatan Mental Peranan Upaya Preventif

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang: Zat gizi memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Hasil studi menjelaskan bahwa ketika seseorang dengan kondisi kesehatan mental yang tidak baik, akan sering mengalami kekurangan zat gizi tertentu, vitamin essensial, mineral, asam amino dan asam lemak omega-3. Dalam beberapa penelitian juga membuktikan bahwa semakin banyak seseorang mengonsumsi suatu makanan yang kaya akan buah-buah dan sayuran, tinggi lemak sehat, kacang-kacangan dan ikan serta rendah makanan olahan, maka semakin seseorang akan terlindungi dari gangguan mental.

Tujuan: Studi ini dilakukan untuk mengetahui upaya preventif dalam mengatasi masalah kesehatan mental dengan mengoptimalkan asupan zat gizi.

Metode: Literatur yang digunakan dari referensi article, e-book dan research selama 10 tahun terakhir, yaitu 2013-2021, dengan menggunakan kata kunci asupan zat gizi, kesehatan mental, peranan dan upaya preventif.

Ulasan: : Berdasarkan literatur yang digunakan dari referensi article, e-book dan research selama 10 tahun terakhir, yaitu 2013-2021, didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh pengaturan pola konsumsi makanan yang sehat dengan menambah asupan-asupan zat gizi, seperti asam lemak omega-3, asam folat, asam amino (protein), vitamin B12, vitamin A, C, D dan E, Selenium, Zinc, dan Probiotik terhadap kesehatan mental seseorang.

Kesimpulan: Kofaktor zat gizi dalam mikronutrien dapat memainkan peran penting dalam mengarahkan proses metilasi DNA dan regulasi epigenetik telah banyak terlibat dalam perkembangan otak dan kesehatan mental. Dengan demikian, pengoptimalan asupan zat gizi, seperti asam lemak omega-3, asam folat, asam amino (protein), vitamin B12, vitamin A, C, D dan E, Selenium, Zinc, dan Probiotik, dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya preventif dalam mengatasi masalah kesehatan mental.