Hubungan Penggunaan Media Sosial pada Orangtua dengan Pola Makan Anak TK Al Ikhlas Kecamatan Arjasa Kangean

Unduhan
Latar Belakang: Usia prasekolah merupakan anak berusia 3-6 tahun. Diusia ini, anak memiliki kemampuan yang lebih tinggi untuk tumbuh dan berkembang. Pemberian stimulasi serta pola makan yang baik bagi anak, akan bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak. anak usia prasekolah jumlahnya sangat besar di Indonesia, yaitu 20% dari keseluruhan populasi, dalam rentang usia 36 bulan sampai dengan 5 tahun.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial pada orangtua dengan pola makan anak di TK Al Ikhlas Kecamatan Arjasa Kangean.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian secara kuantitatif yang bersifat observasional. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain cross sectional study. Sampel diambil dengan Teknik proportional random sampling pada 83 ibu anak TK.
Hasil: Tidak terdapat hubungan antara frekuensi penggunaan media sosial dengan pola makan pada anak (pv=0,218) dan tidak terdapat hubungan antara frekuensi penggunaan media sosial dengan pola asuh pada anak (pv=0,121).
Kesimpulan: Terdapat hubungan penggunaan media sosial pada orangtua dengan pola makan anak di TK Al Ikhlas Kecamatan Arjasa Kangean. Hal ini terjadi karena penggunaan media sosial pada orangtua tergolong singkat, sehingga orangtua tetap dapat memberikan perhatian penuh terhadap anak.
Anak, K., & Dini, U. (2020). Article History Received : 5/04/2020.
Antara, H., Asuh, P., Tua, O., Pola, D., & Nurcahyani, D. W. (2021). Naskah publikasi.
Arimbawa, I. M. (2019). Prevalensi dan karakteristik obesitas pada anak di Sekolah Dasar Saraswati V Kota Denpasar tahun 2016. 10(2), 342–346. https://doi.org/10.15562/ism.v10i2.393
Azis, H., & Sari, D. P. (2021). Penyuluhan Deteksi Dini Stunting Pada Anak Usia Sekolah di Puskesmas Tiban Baru. 1(1), 16–23.
Christiana, E. (2021). Jurnal Ilmiah Kesehatan 2021 Jurnal Ilmiah Kesehatan 2021. 19–25.
D, S. N. I. S., & HUTABARAT, S. M. D. (2020). Pendampingan Penggunaan Media Sosial Yang Cerdas Dan Bijak Berdasarkan Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 34–46. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v2i1.754
Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.
Handayani, D., Mariyanto, E., Faozi, K., Hariansyah, O., & Winarti, W. (2022). Peningkatan pemahaman orang tua dalam penggunaan media sosial secara cerdas dan bijak di posbindu melati putih. 2(1), 139–148.
Hiperaktivitas, P. D. A. N. (2018). Dampak penggunaan Gadget Anak Usia Prasekolah. XVI(2), 191–205.
Imron, R. (2017). keperawatan Anak Pengaruh Gadjet. XIII(2), 148–154.
Islam, U., & Rahmat, R. (2022). MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah Keywords : Parenting Patterns , Emotional Development © Mubtadi : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. 3(2), 133–145.
Kasumayanti, E., & Elina, Y. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 186–197. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1179
Lestari, S., & PH, L. (2019). Kemampuan Orangtua dalam Melakukan Stimulasi Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 123. https://doi.org/10.32584/jikj.v2i3.438
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Masyarakat, K. (2019). No Title. 42(1), 1–10.
Metcalfe, J. J., & Fiese, B. H. (2018). Family food involvement is related to healthier dietary intake in preschool-aged children. Appetite, 126, 195–200. https://doi.org/10.1016/j.appet.2018.03.021
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 446–453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Nazihah, A. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang 1000 HPK , Pola Asuh , Pola Makan dengan Status Usia 36-59 Bulan. 6(2), 152–162. https://doi.org/10.22236/argipa.v6i2.6063
Ners, S., & Indonesia, Y. (2018). 1,2,3,4. 7(1).
No Title. (2020).
Program, M., Ilmu, S., Fakultas, K., Kesehatan, I., Tribhuwana, U., Malang, T., Program, D., Keperawatan, S., Kemenkes, P., Program, D., Ilmu, S., Fakultas, K., Kesehatan, I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). = 0,359 Atau Rho Y > R. 3, 499–510.
Rahmawati, H. N., Khabib, M., Iqom, B., Studi, P., Keperawatan, I., Studi, P., Keperawatan, I., Tinggi, S., & Kesehatan, I. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial dengan Motivasi Belajar Relationship of Duration of Social Media with Teen Learning Motivation. 77–81.
Raudhoh, S., & Krisnawati, E. (2019). Psikoedukasi Pola Makan Sehat Pada Anak Pra-Sekolah. Medical Dedication (Medic) .... https://online-journal.unja.ac.id/medic/article/view/5890%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/medic/article/download/5890/9185
Sambo, M., Ciuantasari, F., & Maria, G. (2020). Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 423–429. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.316
Sari, P. P., & Mulyadi, S. (2020).Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. 4(1), 157–170.
Sari, R., & Setiarsih, D. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun The Relationship of Parenting Patterns With Social Development of Preeschool Children 4-6 Years Old. 2(1), 61–70.
Syahroni, M. H. A., Astuti, N., Indrawati, V., & Ismawati, R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan. Jurnal Tata Boga, 10(1), 12–22.
Yulihasri, R., & Mahyuddin, N. (2021). Pengaruh Pola Asuh Berdasarkan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Karakter Mandiri Anak. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 169–181.
Hak Cipta (c) 2023 Yura Melly Safira

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing right of the article without restrictions.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA).
3. The Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.