The Influence Of Infogravist Media, 3D Media, Game Media On Students Knowledge and Attitudes About Food Sanitation Higiene At SMPN 5 Karawang Barat School

Hygiene sanitation Snacks Health Food

Authors

30 June 2024
Photo by NMG Network on Unsplash

Higiene dan sanitasi merupakan upaya kesehatan dengan cara meningkatkan higiene dan kesehatan melalui pemeliharaan dini terhadap individu dan lingkungannya. Gangguan kesehatan dapat terkontaminasi melalui makanan dan lingkungan sekitar, salah satunya makanan ringan yang saat ini banyak diperjualbelikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media introspektif, media animasi, media permainan terhadap pembelajaran siswa. pengetahuan dan sikap tentang higiene dan sanitasi makanan di SMPN 5 Karawang Barat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest menggunakan teknik total sampling dengan sampel sebanyak 69 responden. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hasil yang signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan media intragavis, media 3D dan media permainan dengan nilai p value signifikan sebesar 0,000.

Terdapat pengaruh media intrografi, media 3 dimensi, media permainan terhadap pembelajaran siswa. pengetahuan dan sikap mengenai higiene, sanitasi makanan jajanan di sekolah SMPN 5 Karawang Barat.