Analisis Hubungan Antara Internet Addiction dan Self Efficacy dengan Perilaku Cyberbullying Remaja: Studi Literatur

Hanum Amalia Zulfa, Rizki Fitryasari, Lingga Curnia Dewi

= http://dx.doi.org/10.20473/pnj.v2i2.22237
Abstract views = 131 times | downloads = 62 times

Abstract


Pendahuluan: Cyberbullying adalah masalah penting karena pelaku menggunakan teknologi komunikasi untuk mengancam atau membahayakan orang lain dengan mengintimidasi korban mereka melalui perangkat teknologi dan berulang kali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kecanduan internet dan efikasi diri dengan perilaku cyberbullying pada remaja.

Metode: penelitian ini menggunakan desain literatur review, artikel tinjauan literatur dicari dalam empat database elektronik (Scopus, PubMed, Science Direct, Google Cendekia). Varibael yang digunakan untuk mencari artikel (cyberbullying, internet addiction, self efficacy). Kerangka yang digunakan untuk meninjau adalah PICOS dan kriteria inklusi yang digunakan adalah jurnal Bahasa Inggris dan Indonesia dengan edisi dari 2014 hingga 2020. Hasil dari pencarian artikel didapatkan 10 studi yang sesuai dengan kriteria inklusi yang akan di review. Dilakukan tabulasi data dan analisis narrativ pada artikel atau jurnal yang ditemukan.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja yang tidak dapat mengendalikan penggunaan internet dan menggunakannya dalam waktu lama serta penggunaan secara implusif maka dapat terlibat dalam perilaku cyberbullying dimana mereka dapat mengungkapkan emosi dan pikiran negatif mereka kepada orang lain. Cyberbullying juga dipengengaruhi oleh keyakinan diri seorang remaja dalam menyelesaikan masalah cyberbullying dengan cara berkomunikasi secara online dengan para pelaku menggunakan bahasa tegas serta dapat melaporkan kejadian cyberbullying untuk mengurangi tindakan tersebut.

Kesimpulan: Remaja dengan kecanduan internet dapat betindak dengan cara yang tidak dipikirkan dan tidak terkontrol dengan mengungkapkan emosi dan pikiran negatif mereka dengan cara melakukan cyberbullying kepada orang lain. Remaja yang memiliki keyakinan diri dalam menyelesaikan masalah cyberbullying memungkinkan mereka untuk mencegah dan melaporkan perilaku cyberbullying.


Keywords


Internet addiction, Self efficacy, Cyberbullying, Adolescents

Full Text:

PDF

References


Anderson, C. a and Bushman, B. J. (2002) ‘Human Aggression’, Annual Review of Psychology, 53, pp. 27–51.

Anjaswarni, T. et al. (2020) ‘Development of a self-efficacy model in junior and senior high school students based on religiosity and family determinants: A cross sectional approach’, International Journal of Adolescent Medicine and Health, pp. 1–8. doi: 10.1515/ijamh-2019-0023.

Armini, N. K. A., Kurnia, I. D. and Hikmah, F. L. (2016) ‘Faktor Personal , Self Efficacy Dan Upaya Pencegahan Kanker Serviks Pada Perempuan Usia Produktif ( Personality Factor , Self Efficacy and Prevention of Cervical Cancer among Childbearing Age Women )’, Jurnal Ners Unair, 11, pp. 294–299.

Bella Nabila Wijaya Krisnawan (2018) ‘Hubungan Antara Persepsi Remaja Terhadap Peran Teman Sebaya dan Moral Disengagement dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMA di Surabaya’, Skripsi Universitas Airlangga, 2, pp. 6–11.

Bingöl, T. Y. (2018) ‘The predictive role of self-efficacy, gender, and cyber victimization on cyber bullying in adolescents’, Universal Journal of Educational Research, 6(11), pp. 2478–2483. doi: 10.13189/ujer.2018.061111.

Bottino, S. M. B. et al. (2015) ‘Cyberbullying and adolescent mental health: systematic review’, Cadernos de Saúde Pública, 31(3), pp. 463–475. doi: 10.1590/0102-311x00036114.

Bussey, K., Fitzpatrick, S. and Raman, A. (2015) ‘The Role of Moral Disengagement and Self-Efficacy in Cyberbullying’, Journal of School Violence. Routledge, 14(1), pp. 30–46. doi: 10.1080/15388220.2014.954045.

Chang, F. C. et al. (2015) ‘The relationship between parental mediation and Internet addiction among adolescents, and the association with cyberbullying and depression’, Comprehensive Psychiatry. Elsevier Inc., 57, pp. 21–28. doi: 10.1016/j.comppsych.2014.11.013.

Gámez-Guadix, M., Borrajo, E. and Almendros, C. (2016) ‘Risky online behaviors among adolescents: Longitudinal relations among problematic Internet use, cyberbullying perpetration, and meeting strangers online’, Journal of Behavioral Addictions, 5(1), pp. 100–107. doi: 10.1556/2006.5.2016.013.

Jung, Y. E. et al. (2014) ‘Cyberbullying, problematic internet use, and psychopathologic symptoms among Korean youth’, Yonsei Medical Journal, 55(3), pp. 826–830. doi: 10.3349/ymj.2014.55.3.826.

Kowalski, R. M. et al. (2014) ‘Bullying in the digital age: A critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth’, Psychological Bulletin, 140(4), pp. 1073–1137. doi: 10.1037/a0035618.

Lamak, M. K., Kusnanto and Dewi, Y. S. (2014) ‘PENGETAHUAN, SELF EFFICACY DAN STRES PASIEN KUSTA MELALUI PENERAPAN SUPPORT GROUP DENGAN PENDEKATAN TEORI ADAPTASI’, Jurnal Ners, 9(1), pp. 49–58.

Lin, L. et al. (2020) ‘Internet addiction mediates the association between cyber victimization and psychological and physical symptoms:moderation by physical exercise’, BMC psychiatry. BMC Psychiatry, 20(1), p. 144. doi: 10.1186/s12888-020-02548-6.

Margono, H., Yi, X. and Raikundalia, G. K. (2014) ‘Mining Indonesian cyber bullying patterns in social networks’, Conferences in Research and Practice in Information Technology Series, 147(ACSC), pp. 115–124.

Maya, N. (2015) ‘Fenomena Cyberbullying Di Kalangan Pelajar’, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 4(3), p. 42427.

Mukhid, A. (2009) ‘SELF-EFFICACY (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan)’, Jurnal Pendidikan Islam, 4 No.1, pp. 108–114. doi: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v4i1.247.

Musharraf, S. et al. (2019) ‘General and ICT self-efficacy in different participants roles in cyberbullying/victimization among Pakistani university students’, Frontiers in Psychology, 10(MAY), pp. 1–11. doi: 10.3389/fpsyg.2019.01098.

Mutohharoh, A. et al. (2014) ‘Teknik pengelolaan diri perilakuan dalam menurunkan kecanduan internet pada mahasiswa yogyakarta behavioral self-management technique in decreasing internet addiction on yogyakarta university students’, Humanitas: Indonesian Psychological Journal, 6(1), pp. 102–124. doi:

https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art7.

Parkington, K., Bilsbury, T. and Leblanc, J. (2012) ‘Electronic Bullying and Suicide: A Retrospective Analysis of 41 Cases’, (October 2012), p. 2.

Poland, S. (2010) ‘Cyberbullying Continues to Challenge Educators’, District Administration, p. 55.

Pudjiastuti, E. (2012) ‘Hubungan “ Self Efficacy ” dengan Perilaku’, XXVIII(1), pp. 103–112.

Rifauddin, M. (2016) ‘Fenomena Cyberbullying pada Remaja (Studi Analisis Media Sosial Facebook)’, Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(1), pp. 35–44.

Saputro, Z. khamim (2017) ‘Aplikasia: Jurnal aplikasi ilmu-ilmu agama ( memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja)’, Jurnal Aplikasi Ilmu Ilmu Agama, Volume 17(No 1), pp. 25–32.

Sari, R. N. and Suryanto (2016) ‘Kecerdasan Emosi, Anonimitas dan Cyberbullying (Bully Dunia Maya)’, Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(01). doi: 10.30996/persona.v5i01.741.

Satalina, D. (2014) ‘Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert’, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), pp. 294–310.

Savage, M. W. and Tokunaga, R. S. (2017) ‘Moving toward a theory: Testing an integrated model of cyberbullying perpetration, aggression, social skills, and Internet self-efficacy’, Computers in Human Behavior. Elsevier B.V., 71, pp. 353–361. doi: 10.1016/j.chb.2017.02.016.

Shim, H. and Shin, E. (2016) ‘Peer-group pressure as a moderator of the relationship between attitude toward cyberbullying and cyberbullying behaviors on mobile instant messengers’, Telematics and Informatics. Elsevier Ltd, 33(1), pp. 17–24. doi: 10.1016/j.tele.2015.06.002.

Simão, A. M. V. da V. et al. (2018) ‘Cyberbullying: Shaping the use of verbal aggression through normative moral beliefs and self-efficacy’, New Media and Society, 20(12), pp. 4787–4806. doi: 10.1177/1461444818784870.

Şimşek, N., Şahin, D. and Evli, M. (2019) ‘Internet Addiction, Cyberbullying, and Victimization Relationship in Adolescents: A Sample from Turkey’, Journal of Addictions Nursing, 30(3), pp. 201–210. doi: 10.1097/JAN.0000000000000296.

Stodt, B., Wegmann, E. and Brand, M. (2016) ‘Predicting dysfunctional internet use: The role of age, conscientiousness, and internet literacy in internet addiction and cyberbullying’, International Journal of Cyber Behavior, Psychology and Learning, 6(4), pp. 28–43. doi: 10.4018/IJCBPL.2016100103.

Tsimtsiou, Z. et al. (2018) ‘Pathological Internet use, cyberbullying and mobile phone use in adolescence: A school-based study in Greece’, International Journal of Adolescent Medicine and Health, 30(6). doi: 10.1515/ijamh-2016-0115.

Veiga Simão, A. M. V. da et al. (2018) ‘Cyberbullying: Shaping the use of verbal aggression through normative moral beliefs and self-efficacy’, New Media and Society, 20(12), pp. 4787–4806. doi: 10.1177/1461444818784870.

Wangid, M. N. (2016) ‘Cyberbullying: Student’S Behavior in Virtual Worlds’, GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(1), p. 38. doi: 10.24127/gdn.v6i1.412.

Wilis, S. S. (2009) Konseling Keluarga : Family Counseling. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This journal is indexed by:

 

 

 

This journal is published by:

 

Faculty of Nursing Universitas Airlangga

 

Creative Commons License

This journal (p-ISSN:2656-3894e-ISSN:2656-4637) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats