Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dan Beban Kerja Akademik dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners

Mitha Permata Dini, Rizki Fitryasari, Candra Panji Asmoro

= http://dx.doi.org/10.20473/pnj.v2i2.22269
Abstract views = 179 times | downloads = 65 times

Abstract


Pendahuluan: Stres pada mahasiswa yang menjalani praktik klinik masih menjadi masalah yang serius karena dapat berdampak terhadap kesehatan dan prestasi akademik. Self efficacy dan beban kerja akademik dapat berpengaruh terhadap stres mahasiswa keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara self efficacy dan beban kerja akademik dengan stres mahasiswa profesi ners.

Metode: Metode penelitian menggunakan desain literatur review. Pencarian jurnal atau artikel menggunakan database yang terindeks Scopus, ScienceDirect, Google Scholar. Variabel yang digunakan untuk mencari artikel adalah self efficacy, beban kerja akademik, dan stres. Framework yang digunakan untuk mereview adalah PICOS dan kriteria inklusi yang digunakan yakni jurnal berbahasa Inggris dan Indonesia dengan terbitan tahun 2015 sampai 2020. Hasil dari pencarian artikel didapatkan 10 studi yang sesuai dengan kriteria inklusi yang akan di review. Dilakukan analisis narrative dan tabulasi data pada artikel atau jurnal. Judul, abstrak, teks lengkap dan metodologi dinilai untuk menentukan kelayakan artikel atau jurnal.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self efficacy membantu mahasiswa meningkatkan kompetensi sehingga mahasiswa bisa menyelesaikan tugas dan mengambil langkah-langkah praktis dalam situasi yang menantang sehingga hal ini dapat mengurangi stressor dan menurunkan stres. Selain itu, stres dipengaruhi oleh beban kerja akademik, beban kerja yang berlebihan dapat memicu stres. Stres akademik yang terjadi berdampak negatif pada kompetensi dan kinerja akademik mahasiswa.

Kesimpulan: Self efficacy membantu mahasiswa dalam mengurangi stres yang dialami selama menjalani praktik klinik. Beban kerja akademik menjadi stressor terbesar bagi mahasiswa keperawatan yang menjalani praktik klinik.


Keywords


Self Efficacy; Academic Workloads; Stress; Nursing students

Full Text:

PDF

References


Ahmed, W. A. M. and Mohammed, B. M. A. (2019) ‘Nursing students’ stress and coping strategies during clinical training in KSA’, Journal of Taibah University Medical Sciences, 14(2), pp. 116–122. doi: 10.1016/j.jtumed.2019.02.002.

Anelia, N. (2012) ‘Hubungan Tingkat Stres dengan Mekanisme Koping pada Mahasiswa Reguler Program Profesi Ners FIK Tahun Akademik 2011/2012’, Skripsi.

Anindya, G. S. and Sartika, D. (2016) ‘Hubungan antara Self-Efficacy dengan Stress pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Islam Bandung’, Prosiding Psikologi, 4, No. 1, pp. 345–351.

Bandura, A. (1977). Self-efficay: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84, 191–215.

Bandura, A. (1997). Self Eficacy: the exercise of control. New York: Freeman

Bandura, A. (2005). Theories of Personality, Sisxt Edition. Social Cognitive Theory. The Mc Graw-Hill companies.

Bressert, S. (2020). The Impact of Stress. Psych Central. Retrieved on April 19, 2020, from https://psychcentral.com/lib/the-impact-of-stress/

Cupak, I. B. et al. (2018) ‘Perceptions of self-efficacy, stress, and the conditions of develoPment of nursing student comPetencies during their first Practical classes’, Problemy Pielęgniarstwa, 26(3), pp. 215–221.

Devi, H., Nursalam and Hidayati, L. (2013) ‘Burnout Syndrom Mahasiswa Profesi Ners Berdasarkan Analisis Faktor Stressor, Relational Meaning dan Coping Strategy’, Jurnal Ners, 8(2), pp. 175–182.

Facione, P. A. (1990) ‘Critical Thinking : A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction’, Executive Summary “ The Delphi Report ”, (November 1989).

Fonseca, J. R. F. da et al. (2019) ‘Association of stress factors and depressive symptoms with the academic performance of nursing students*’, pp. 1–9.

Gibbons, C. (2010). Stress, coping and burn‐out in nursing students. International Journal of Nursing Studies, 47, 1299–1309. https ://doi. org/10.1016/j.ijnurstu.2010.02.015

Goff, A.M (2011). Stressor, academic performance and learned resourcefullness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8,923 – 1548.

Govarest, S & Gregoire, J (2004). Stressfull academic situations : study on appraisil variables in adolesence. British Journal of Clinical Psycology, 54, 261 – 271.

Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Heiman dan Kariv, 2005. Task-Oriented versus Emotion-Oriented Coping Strategies: The Case of College Students. College Student Journal, 39 (1): 72-89.

Irawati, E, 2012. Burnout Syndrom pada Mahasiswa Reguler Program Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Berdasarkan Analisis Faktor Perilaku dan Lingkungan. Skripsi, Universitas Airlangga, Surabaya

Irwandy. 2007. Faktor-faktor yang berhubungan dengan Beban Kerja Perawat di Unit Rawat Inap RSJ Dadi Makassar Tahun 2006. Makasar: Universitas Hasanuddin. Diambil pada tanggal 15 April 2020 dari Http://irwandykapalawi.wordpress.com

Jex, S. M., & Bliese, P. D. (1999). Efficacy beliefs as a moder‐ ator of the impact of work‐related stressors: A multilevel study. Journal of Applied Psychology, 84, 349–361. https://doi.org/10.1037/0021‐9010.84.3.349

Kim, H., Lee, E. K. and Park, S. (2015) ‘Critical Thinking Disposition , Self-Efficacy, and Stress of Korean Nursing Students’, 8(August), pp. 1–5. doi: 10.17485/ijst/2015/v8i.

Latif, R. A. and Nor, M. Z. M. (2019) ‘Stressors and coping strategies during clinical practice among diploma nursing students’, Malaysian Journal of Medical Sciences, 26(2), pp. 88–98. doi: 10.21315/mjms2019.26.2.10.

Lazarus, R.S & Folkman, S. 1984. Stress appraisal and coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc.

Liu, M. et al. (2015) ‘Perceived stress among Macao nursing students in the clinical learning environment’, International Journal of Nursing Sciences. Chinese Nursing Association, 2(2), pp. 128–133. doi: 10.1016/j.ijnss.2015.04.013.

Miguel, M. S. De et al. (2020) ‘Factors contributing to stress in clinical practices : A proposed structural equation model’, (August 2019), pp. 364–375. doi: 10.1002/nop2.397.

Nasir, Abdul & Muhith, Abdul. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: pengantar dan teori. Jakarta: Salemba Medika

NCHA, A. I. (2019) ‘ACHA NCHA II’, pp. 1–18.

Nelwati, Mckenna, L. and Plummer, V. (2013) ‘Indonesian student nurses ’ perceptions of stress in clinical learning : A phenomenological study’, 3(5), pp. 56–65. doi: 10.5430/jnep.v3n5p56.

Nurhidayati, T. (2014) ‘Tingkat Stres Mahasiswa Profesi Ners Stase Komunitas Universitas Muhammadiyah Semarang’, Jurnal Keperawatan FIKkeS, 7(1), pp. 1–7.

Nursalam (2016) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 4th edn. Edited by A. Suslia. Salemba Medika.

Oon, A. N. 2007. Handling Study Stress. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Pitt V, Powis D, Levett-Jones T, Hunter S. Factors influencing nursing students’ academic and clinical performance and attrition: an integrative literature review. Nurse Education Today 2012;32:903–13.

Psychology Foundation of Australia. (2010). Depression anxiety stress scale. http://www2.psy.unsw.edu.au/groups/dass

Purwati, S. (2012) ‘Tingkat Stres pada Mahasiswa Reguler Angkatn 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia’, Skripsi.

Puspitasari, D. A. and Handayani, M. (2014) ‘Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan Tingkat Burnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya’, 3(1), pp. 59–68.

Rodrigues, E. O. L. et al. (2016) ‘Stressful situations and factors in students of nursing in clinical practice’, 34(1), pp. 211–220. doi: 10.17533/udea.iee.v34n1a23.

Rustika, I. (2012) ‘Efikasi Diri : Tinjauan Teori Albert Bandura’, 20(1), pp. 18–25.

Shanmugam, G. (2017) ‘Impact Of Stress On Nursing Students’, International Journal of Innovative Research and Advanced Studies, 4(4), pp. 107–110.

Siagian, S. D. (2019) ‘Hubungan Pembelajaran Klinik dengan Tingkat Stres Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara’, Skripsi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.

Yasmin, S. et al. (2018) ‘Coping Strategies of Nursing Student against Academic and Clinical Stress at Public Sector Lahore’, International Journal of Social Sciences and Management, 5(3), pp. 209–218. doi: 10.3126/ijssm.v5i3.20613.

Yılmaz, E. B. (2016) ‘Academic and clinical stress , stress resources and ways of coping among Turkish first-year nursing students in their first clinical practice’, Kontakt. Kontakt, 3(3), pp. 160–166. doi: 10.1016/j.kontakt.2016.08.001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This journal is indexed by:

 

 

 

This journal is published by:

 

Faculty of Nursing Universitas Airlangga

 

Creative Commons License

This journal (p-ISSN:2656-3894e-ISSN:2656-4637) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats