GAMBARAN PENGGUNAAN INTERNET DALAM MENCARI INFORMASI KESEHATAN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) X
Downloads
Remaja merupakan masa peralihan, dimana anak akan mengalami banyak sekali perubahan dalam dirinya baik secara fisik, psikologi dan perubahan lainnya. Perubahan tersebut akan menimbulkan berbagai permasalahan dalam hidupnya. Remaja dengan karakteristiknya, beberapa diantaranya adalah rasa ingin tau yang tinggi, rasa penasaran yang berlebihan, suka mencoba berbagai hal. Semua karakteristik tersebut memiliki tujuan, yaitu pencarian jati diri. Jaman semakin berkembang dibarengi dengan berkembangnya teknologi yang dapat membantu kehidpun manusia, termasuk remaja. Internet salah satunya, internet merupakan salah satu jaringan yang dapat membantu kita untuk mendapatkan segala infomasi. Adanya internet dapat bermanfaat bagi remaja, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif yang besar bagi kehidupan mereka. Internet memberikan limpahan manfaat bagi remaja, termasuk untuk meningkatkan derajat kesehatan mereka. Namun anyak berita hoaKanzul Ulum tersebar di internet, hal inilah yang mengancam remaja terhadap informasi yang tidak benar. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pemakaian internet terhadap pencarian informasi kesehatan di SMP KANZUL ULUM. Pengambilan sampel dalam penelitain ini adalah total sampling. Hasil penelitian ini adalah Guru memperoleh presentase 27,0% atau 17 responden sebagai informan pertama mengenai internet. Tidak semua responden memiliki media untuk berinternet, hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian dengan angka 28 (44,4) responden yang tidak memiliki media untuk berinternet. smartphone merupakan media utaman yang responden pilih untuk berinternet dengan angka 28 (36,5). Kebanyakan dari mereka memilih mencari informasi sebagai tujuan utama berinternet dengan angka 23 responden atau sama dengan 36,5%. materi informasi yang sering dicari oleh responden adalah informasi pendidikan dengan angka 27 (42,9%). Terdapat 43 responden yang mengaku pernah memanfaatkan internet untuk mencari informasi kesehatan. Banyak responden menganggap bahwa informasi kesehatan di internet tidak dapat membantu mereka, pilihan jawaban ini memiliki angka 33 (52,4%). Respon yang sering responde lakukan setelah mendapatkan informasi kesehatan dari inetrnet adalah membagikan informasi tersebut kepada teman dengan angka 19 (30,2). Pada penelitian ini dapat disimulkan bahwa remaja dengan kemudahan aksesnya mencari informasi, khususnya perihal kesehatan tentu harus di awasi oleh orang yang lebi mengerti dan lebih bisa menyaring informasi. Sehingga remaja tidak cenderung mengambil informasi hoaKanzul Ulum yang tersebar di internet, dan tidak menyebarkan informasi tersebut kepada teman.
Halim, Nurdin Abd. 2015. Penggunaan Media Internet Di Kalangan Remaja Untuk Mengembangkan Pemahaman Keislaman. Jurnal Risalah. Vol 26 (3): 132-150
Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Traksaksi Elektronik
Aprilia, Alfa Tirza. 2015. Membaca Buku Versus Internet, Lebih Suka Mana?. Dalam https://student.cnnindonesia.com/inspirasi/20151101093252-327-88664/membaca-buku-versus-internet-lebih-suka-mana/. Diakses pada 06 April 2018 pk. 06.07
Felita, Pamea., Siahaja, Christine., Wijaya, Vania., dan Melisa, Gracia. 2016. Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja. Jurnla Ilmiah Psikologi Manasa. Vol 5 (1): 30-41
Siswanta. 2015. Informasi Kesehatan Di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 13 (3): 210-223
Ayuwuragil, Kustin. 2018. Netizen Lebih Memilih Ponsel Pintar Dibandingkan Laptop. Dalam https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180221100858-192-277653/netizen-lebih-memilih-ponsel-pintar-dibandingkan-laptop. Diakses pada 2 April pk 21.56
Simbolon, Santi Sari. 2017. Pentingnya Saran Dan Prasarana Dalam Pendidikan. Dalam http://scdc.binus.ac.id/himpgsd/2017/03/saranadanprasaranapendidikan/. Diakses pada 04 April pk 18.13
Sidharta, Lani. 1996. Sistemn Informasi Bisnis: Analisa dan Desain Sistem Informasi Bisnis. Jakarta: Media Komputindo
Putra, Muhammad Arief Hidayatullah. 2015. "Naluri Wanita” Dalam Keilmuan Psikologi. Dalam https://www.kompasiana.com/arif_hidayatullah/naluri-wanita-dalam-keilmuan-psikologi_566cf5b9d37a617e1095e029. Diakses pada 05 April 2018 pk. 05.43
Broto, Gatot S. 2014. Riset Kominfo Dan Unicef Mengenai Perilaku Anak Dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Dalam https://kominfo.go.id/indeKanzul Ulum.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers. Diakses pada 03 April 2018 pk 16.11
Papalia, D. E., Old, S. W., Feldman, & R. D. 2001. Perkembangan Manusia (terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Salemba Humanika
Pratiwi, Rinni Yudhi. 2013. Kesehatan Remaja Di Indonesia. Dalam http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kesehatan-remaja-di-indonesia. Diakses pada 05 April 2018 pk 05.16
Ernawati, Hery,. Hapsari, Elsi Dwi,. Lusmilasari, Lely. 2014. Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Website Pada Remaja. Jurnal Ners. Vol 9 (2): 194-202
Juliswara, Vibriza. 2017. Mengembangkan Model Literasi Media Yang Berkebhinekaan Dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (HoaKanzul Ulum) Di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Vol 4 (2): 142-164
Aryatmi, S., Lobby, L., Laviabus, S., 1991. Masalah Remaja. Semarang: Satya Wacana
Wahyudi. 2013. Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja engunjung Mall Sama Rinda Central Plaza. E-journal Sosiologi. Vol 1 (4): 26-36. Dalam http://ejournal.sos.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/11/Jurnal%20wahyudi%20(11-07-13-07-45-39).doc. Diakses pada 05 April 2018 pk 05.01
Safiera, Alissa. 2016. Survei Neilsen: Hanya 9% Remaja Indonesia Yang Masih Baca Media Cetak. Dalam https://wolipop.detik.com/read/2016/10/19/184850/3324740/860/survei-nielsen-hanya-9-remaja-indonesia-yang-masih-baca-media-cetak. Diakses pada 04 April 2018 pk 15.57
Ali, Mohammad., Mohammad, Ansori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sa'id. M. A. 2015. Mendidik Remaja Nakal: Panduan Praktis Seni Mendidik Dan Berinteraksi Dengan Remaja. Yogyakarta: Semesta Hikmah
Fajar, Adiatmaputra. 2010. Remaja Butuh Perhatian Lebih Daripada Anak-anak. Dalam (http://www.tribunnews.com/lifestyle/2010/12/13/remaja-butuh-perhatian-lebih-daripada-anak-anak). Diakses pada 31 Maret 2018 pk. 11.10
Salainty, Falyana R. 2015. Pengaruh Permainan Internet Terhadap Perilaku Remaja Di Kelurahan Karombasan Utara. Journal Acta Dunia. Vol 4 (1)
Kurniawan, FA. 2015. Motif Remaja Dalam Bermain Game Online (Studi Kasus Pada Remaja Di Salatiga). Dalam http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/10091/2/T1_362008024_BAB%20I.pdf. Diakses pada 04 April 2018 pk 15.36
Kusuma, Alan. 2016. Cara mengatasi Kecanduan Internet. Dalam (http://intisari.grid.id/read/0338901/5-cara-mengatasi-kecanduan-internet). Diakses pada 02 April 2018 pk. 09.58
Saputri, Ocnatias Eka. 2014. Gambaran Penggunaan Internet Pada Anak Remaja Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Husni, Emir Mauludi,. Fatulloh Agus. 2016. Kategori Pengguna Internet Di Kalangan Pelajar SD Dan SMP Menggunakan Metode Twostep Cluster. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi). ISSN: 1907-5022
Azizah. 2013. Kebahagiaan Dan Permasalahan Di Usia Remaja (Penggunaan Informasi Dalam Pelayanan Bimbingan Individual). Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol 4 (2): 295-316
Tekun. 2016. Karakteristik Dan Permasalahan Psikologi Remaja. Dalam (http://www.psikoma.com/karakteristik-dan-permasalahan-psikologi-remaja/). Diakses pada 02 April pk 11.25
Pratama, Adiatmaputra Fajar. 2010. Remaja Butuh Perhatian Lebih Daripada Anak-Anak. Dalam (http://www.tribunnews.com/lifestyle/2010/12/13/remaja-butuh-perhatian-lebih-daripada-anak-anak). Diakses pada 01 April pk 11.28
Ramadhani, Graifhan. 2003. Modul Pengenalan Internet. Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam (http://directory.umm.ac.id/tik/pengenalan_internet.pdf). Diakses pada 30 Maret 11.35
Ayudiah, Febra. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Mandi Besar Pada Siswa SMA 7 Muhammadiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi. Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Basrowi., Juariyah, Siti. 2010. Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol 7 (1): 58-81
Sarmin. 2017. Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya Dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan. Jurnal Risat dan Konseptual. Vol 2 (1): 102-112
Samil, Ali. 2000. Panduan Praktis Bagi Orang Tua Mendampingi Remaja Meraih Sukses. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia
In order to be accepted and published by Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, Author(s) who submit an article should complete all the review process. The copyright of received articles assigned to the Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education,and Department of Health Promotion and Behavior Science, Universitas Airlangga as publishers of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education's website. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health EducationS and/or Department of Health Promotion and Behavior Science, Universitas Airlangga with an acknowledgement of initial publication in this journal.
The Editorial Team of Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education and Department of Health Promotion and Behavior Sciences strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Attribution ” You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial ” You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike ” If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.