Dukungan Sosial Keluarga dan Self Efficacy Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian Nasional
Downloads
Latar Belakang: Penyelenggaraan Ujian Nasional dimulai sejak tahun ajaran 2002/2003 ternyata masih banyak menyisakan permasalahan dan kekurangan. Perubahan sistem dari hasil evaluasi pemerintah dapat menyebabkan kecemasan terhadap siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer. Self efficacy dan dukungan sosial merupakan komponen penting yang harus ditinjau untuk mencegah terjadinya gangguan psikologis siswa dalam menghadapi UNBK. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran mengenai self efficacy dengan dukungan sosial agar dapat dijadikan acuan untuk mencegah gangguan psikologi siswa pada SMP ‘X'. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 38 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial dengan kategori rendah sebanyak 44,8%, kategori sedang 36,4% dan kategori tinggi hanya mencapai angka 18,4%. Self efficacy pada siswa ada pada kategori tinggi yaitu sebesar 50%, kategori sedang menunjukkan angka 28,9% sedangkan pada kategori rendah 21,1%. Kesimpulan: Dukungan sosial keluarga meningkatkan rasa percaya diri. Self efficacy siswa termasuk dalam kategori tinggi, mereka dapat mencari informasi dari berbagai sumber.
Bandura, A. (1994) Self-efficacy. Encycloped. Edited by I. V. S. Ramachaudran. New York: Academic Press.
Basrowi and Juariyah, S. (2010) ‘Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat desa Srigading, Kecamaan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur', Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7(1), pp. 58–81.
Davies, A. P. (2018) UNBK Buat Anak Anda Cemas dan Stres? Simak Kata Ahli. Jakarta. Available at: https://gaya.tempo.co/read/1082320/unbk-buat-anak-anda-cemas-dan-stres-simak-kata-ahli.
Felita, P. et al. (2016) ‘Pemakaian Media Sosial Dan Self Concept Pada Remaja', Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 5(1), pp. 30–41.
Fiana, W. (2017) Peran Guru dalam Menumbuhkan rasa Percaya Diri pada Siswa Tunanetra (Studi Kasus Pola Pendidikan di SLB-A'Aisyiyah Ponorogo). Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Available at: http://eprints.umpo.ac.id/3618/.
Hapasari, A. and Primastuti, E. (2014) ‘Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya', Psikodimensia, 13(1), pp. 60–72. doi: 10.24167/PSIKO.V13I1.278.
Hartanto, S. (2013) ‘Ujian Nasional (UN), Masih Perlukah?', Widyaiswara LPPKS. Available at: http://lppks.kemdikbud.go.id/id/kabar/ujian-nasional-un-masih-perlukah.
Indahri, Y. (2014) Ujian Nasional Tahun 2014. Jakarta.
Kemendikbud (2017) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Available at: http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_03_17.pdf.
Lestari, M. R. D. (2018) ‘UNBK di Tingkat SD Dinilai Tambah Stres Anak, Ini Saran Peneliti', NetralNews, 8 January. Available at: https://www.netralnews.com/news/pendidikan/read/122449/unbk.di.tingkat.sd.dinilai.tambah.stres.
Maulida, A. N. (2017) Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Self Efficacy Menghadapi Ujian Nasional. Universitas Airlangga. Available at: http://repository.unair.ac.id/66113/.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2013) Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.
Muchsin (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata terhadap Prestasi Belajar Kognitif IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta. Available at: http://eprints.uny.ac.id/15645/1/skripsi muchsin pgsd %2709.pdf.
Mulia, L. O., Elita, V. and Woferst, R. (2014) ‘Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Tingkat Resiliensi Remaja Di Panti Asuhan', Jom Psik, 1(2), pp. 1–9.
Pratiwi, N. K. (2015) ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang', Jurnal Pujangga, Vol. 1(2), pp. 75–105.
Rahayu, L. P. (2015) Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Panggang Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta. Available at: https://eprints.uny.ac.id/16566/.
Reivich, K. and Shatte, A. (2008) The Resience Factor: 7 Essential Skill for overcoming life's Inevitable Obstacle. New York: Broadway Books.
Romas, M. Z. (2006) ‘Pengaruh Pujian Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar', Jurnal Psikologi, 2, pp. 1–9.
Santrock, J. . (2007) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Schunk, D. H. and Meece, J. L. (2006) Self-Efficacy Development in Adolescence. Edited by & T. U. In F. Pajares. Greenwich: Information Age Publishing.
Selytania, L. (2007) ‘Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Kelas III SMU'. Available at: https://docplayer.info/29901008-Hubungan-antara-kepercayaan-diri-dengan-kecemasan-menghadapi-ujian-nasional-pada-siswa-kelas-iii-smu-lilis-selytania-sukarti-intisari.html.
Spiegler and Guevremont (2003) Contemporary Behavior Therapy. edisi ke e. USA: Thomson Wadsworth.
Tilaar, H. A. R. (2006) Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.
Tumanggor, R., Ridho, K. and Nurochim (2017) Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. edisi keti. Jakarta: Kencana.
UU RI No 20 Tahun 2003 (2003) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional'. Available at: http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf.
Widanarti, N. and Indati, A. (2002) ‘Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self-efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta', Jurnal Psikologi, (2), pp. 112–123.
Wurinanda, I. (2016) ‘Beragam Kecurangan UN Terulang Setiap Tahun', Okezone, 10 April. Available at: https://news.okezone.com/read/2016/04/09/65/1358480/beragam-kecurangan-un-terulang-setiap-tahun.
In order to be accepted and published by Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, Author(s) who submit an article should complete all the review process. The copyright of received articles assigned to the Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education,and Department of Health Promotion and Behavior Science, Universitas Airlangga as publishers of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints).
Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education's website. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health EducationS and/or Department of Health Promotion and Behavior Science, Universitas Airlangga with an acknowledgement of initial publication in this journal.
The Editorial Team of Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education and Department of Health Promotion and Behavior Sciences strive to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. No fees charged. Please use the materials accordingly.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Attribution ” You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial ” You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike ” If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.