ANALISIS LAYANAN BELANJA KRIING PASAR TRADISIONAL SUMENEP DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SWOT DAN QSPM
Unduhan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan pada layanan Belanja Kriing di Pasar Anom Baru Sumenep dan merumuskan alternatif strategi baru dengan melihat faktor internal dan eksternal serta menentukan strategi alternatif prioritas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan matriks IFAS-EFAS, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan Belanja Kriing Pasar Anom Baru Sumenep berada pada posisi hold and mantain sehingga strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT merekomendasikan strategi yang sebaiknya dilakukan adalah Strength-Oppotunity (SO) yang mencakup dua alternatif strategi yang kemudian diurutkan dengan matriks QSPM untuk mendapatkan strategi prioritas. Hasil matriks QSPM mengurutkan dua alternatif strategi yaitu strategi memanfaatkan harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat saat pandemi covid-19 dengan skor TAS tertinggi sebesar 5,34 dan strategi menyediakan lebih banyak variasi kebutuhan masyarakat dengan skor TAS sebesar 4,73. Kedua strategi tersebut menjadi saran manajemen strategi yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan Layanan Belanja Kriing. Namun rekomendasi strategi yang sebaiknya diprioritaskan adalah memanfaatkan harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat saat pandemi covid-19.
Kata kunci: Covid-19, Manajemen Strategi, SWOT, QSPM
ABSTRACT
This study aims to analyze the strategies applied to the Kriing Shopping service at the Anom Baru Market in Sumenep and to formulate new alternative strategies by looking at internal and external factors and determining priority alternative strategies. The research method used is descriptive qualitative with analysis techniques using the IFAS-EFAS matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM matrix. The results showed that the Anom Baru Sumenep Market Kriing Shopping Service was in a hold and maintain position, so the best strategies to do were market penetration and product development. The results of the SWOT analysis recommend that the strategy that should be carried out is Strength-Oppotunity (SO) which includes two alternative strategies which are then sorted by the QSPM matrix to get a priority strategy. The results of the QSPM matrix rank two alternative strategies, namely the strategy of utilizing prices that are in accordance with the purchasing power of the community during the Covid-19 pandemic with the highest TAS score of 5.34 and the strategy of providing more variety of community needs with a TAS score of 4.73. The two strategies are strategic management suggestions that can be done in the implementation of Kriing Shopping Services. However, the recommended strategy that should be prioritized is to take advantage of prices that are in accordance with the purchasing power of the community during the Covid-19 pandemic.
Keywords: Covid-19, Strategic Management, SWOT, QSPM
BPS. (2020, 05 05). Badan Pusat Statistik. Retrieved Juli 7, 2020, from Badan Pusat Statistik: http://www.bps.go.id
BPS. (2020, Januari 15). Badan Pusat Statistik. Retrieved Juli 8, 2020, from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id
COVID-19, G. T. (2020, Juli 4). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Retrieved Juli 4, 2020, from Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19: https://covid19.go.id
Dori Mittra Candana, M. A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Cafe Dapoer Enha Sago Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial , 1 (1), 151-162.
Hany Setyorini, M. E. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Inustria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri , 5 (1), 46-53.
Husni Awali, F. R. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam , 2 (1), 1-14.
Jusuf Udaya, L. Y. (2013). Manajemen Strategik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lidyana, V. (2020, Juni 17). detikfinance. Retrieved Juli 7, 2020, from detikfinance: https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-5056447/prediksi-ekonomi-ri-di-triwulan-ii-2020
Nyimas Ekinevita Putri, R. A. (2014). Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planing Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang). Jurnal Industria , 3 (2), 93-106.
Putra, D. A. (2020, Juni 22). merdeka.com. Retrieved Juli 18, 2020, from merdeka.com: https://m.merdeka.com/uang/dampak-covid-19-daya-beli-masyarakat-hilang-hingga-rp362-triliun.html
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Umar, H. (2008). Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Windhiarso Ponco Adi Putranto, d. (2020). Hasil Survei Sosial Demografi Dampak Covid-19. Jakarta: BPS RI.
Yohanes Prince R.P. Dosinaen, W. S. (2019). Usulan Strategi Pemasaran pada PT Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity Threath dan Matriks IFAS EFAS Tahun 2019. e-Proceeding of Applied Science , 5 (2).
Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.
AJIM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.