ANALISIS LAYANAN BELANJA KRIING PASAR TRADISIONAL SUMENEP DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

Covid-19 Manajemen Strategi SWOT QSPM

Penulis

  • Ariza Qanita
    qanitaariza99@gmail.com
    UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan pada layanan Belanja Kriing di Pasar Anom Baru Sumenep dan merumuskan alternatif strategi baru dengan melihat faktor internal dan eksternal serta menentukan strategi alternatif prioritas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan matriks IFAS-EFAS, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan Belanja Kriing Pasar Anom Baru Sumenep berada pada posisi hold and mantain sehingga strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT merekomendasikan strategi yang sebaiknya dilakukan adalah Strength-Oppotunity (SO) yang mencakup dua alternatif strategi yang kemudian diurutkan dengan matriks QSPM untuk mendapatkan strategi prioritas. Hasil matriks QSPM mengurutkan dua alternatif strategi yaitu strategi memanfaatkan harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat saat pandemi covid-19 dengan skor TAS tertinggi sebesar 5,34 dan strategi menyediakan lebih banyak variasi kebutuhan masyarakat dengan skor TAS sebesar 4,73. Kedua strategi tersebut menjadi saran manajemen strategi yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan Layanan Belanja Kriing. Namun rekomendasi strategi yang sebaiknya diprioritaskan adalah memanfaatkan harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat saat pandemi covid-19.

Kata kunci: Covid-19, Manajemen Strategi, SWOT, QSPM

ABSTRACT

This study aims to analyze the strategies applied to the Kriing Shopping service at the Anom Baru Market in Sumenep and to formulate new alternative strategies by looking at internal and external factors and determining priority alternative strategies. The research method used is descriptive qualitative with analysis techniques using the IFAS-EFAS matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM matrix. The results showed that the Anom Baru Sumenep Market Kriing Shopping Service was in a hold and maintain position, so the best strategies to do were market penetration and product development. The results of the SWOT analysis recommend that the strategy that should be carried out is Strength-Oppotunity (SO) which includes two alternative strategies which are then sorted by the QSPM matrix to get a priority strategy. The results of the QSPM matrix rank two alternative strategies, namely the strategy of utilizing prices that are in accordance with the purchasing power of the community during the Covid-19 pandemic with the highest TAS score of 5.34 and the strategy of providing more variety of community needs with a TAS score of 4.73. The two strategies are strategic management suggestions that can be done in the implementation of Kriing Shopping Services. However, the recommended strategy that should be prioritized is to take advantage of prices that are in accordance with the purchasing power of the community during the Covid-19 pandemic.

Keywords: Covid-19, Strategic Management, SWOT, QSPM