Pengaruh Digital Marketing, Brand Preference dan Product Quality Terhadap Buying Decision Product skincare Avoskin
Unduhan
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh digital marketing (pemasaran digital),
preferensi merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk perawatan kulit
Avoskin. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan objek penelitian yaitu pelanggan
kosmetik yang membeli Skincare Avoskin. Pengambilan sampel masyarakat pengguna Avoskin
Skincare yang tidak diketahui jumlahnya menggunakan pendekatan purposive sampling dengan
jumlah sampel sekitar 100 responden pengguna Avoskin Skincare. Kuesioner digunakan untuk
mengumpulkan data.
Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji instrumen; uji asumsi klasik meliputi uji
normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas; pengujian hipotesis meliputi analisis regresi
linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
variable digital marketing (pemasaran digital) memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap
keputusan pembelian. Telah dibuktikan bahwa preferensi merek memiliki pengaruh besar terhadap
Keputusan Pembelian Produk Perawatan Kulit Avoskin. Kualitas Produk pengaruhnya besar
terhadap pembelian Produk Avoskin Skincare.
Kata Kunci : Marketing, Brand Preference, Product Quality dan Buying Decision
Arikunto, S. (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Assuari. (1966). Keputusan pembelian. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Cipta. Djarwanto, P.S. (2018) Statistik Induktif. Yogyakarta: BPFE.
Ekasari, R. dan Mandasari, E.D. (2022) "Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo,” IQTISHAD equity jurnal MANAJEMEN, 4(1), hal. 1. Tersedia pada: https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson Education.
Handoyo, A. (2023). Pengaruh digital marketing terhadap kebijakan manajemen perusahaan: Studi kasus pada perusahaan kosmetik Avoskin. Skripsi. Universitas Indonesia.
Heidrick and Struggles (2009) The Adoption Of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.
Hendra, H. dkk. (2017) "Impact of Brand Image, Product Quality and Self-Efficacy on Purchase Decisions on Private Label Rights Products,” Expert Journal of Business and Management, 5(2), hal. 74–82.
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115-135.
Julius, Y., & Limakrisna, N. (2016). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Graha Ilmu
Juli, P.R., Suardhika, I.N. dan Hendrawan, G.Y. (2021) "Pengaruh Inovasi Produk , Kualitas Produk Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angelo Store Ubud Bali,” Jurnal Values, 2(2), hal. 373–385.
Jogiyanto, H. M. (2011). Metodologi penelitian bisnis: Salah kaprah dan pengalaman-pengalaman. BPFE Yogyakarta.
Keller, L. (1993) How to Manage Brand equity. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kompas (2022)10 Top Brand Serum Terlaris di Indonesia 2022. https://compas.co.id/article/10-top-brand-serum-terlaris-2022-data-penjualan/
Kotler, P. (2017) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12 ed. Jakarta: Erlangga.
Korengkeng, F. R., & Tielung, M. (2018). Pengaruh brand preference terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk smartphone merek Samsung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(1), 1-10.
Martínez, E. dan De Chernatony, L. (2004) "The effect of brand extension strategies upon brand image,” Journal of Consumer Marketing, 21(1), hal. 39–50. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/07363760410513950.
Nurzaini, Y. dan Khasanah, I. (2018) "Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian,” Diponegoro Journal of Management, 7(2), hal. 360–370.
O'Shaughnessy, J. (1987) Why people buy? New York: Oxford University Press.
Pamungkas, A. A., & Sigit, B. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen: Studi kasus pada perusahaan kosmetik Avoskin. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 24(1), 1-12.
Paramita, A., Ali, H. dan Dwikoco, F. (2022) "Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen ...,” Jurnal Manajemen Pendidikan ..., 3(2), hal. 660–669.
Prakosa, Y.B. dan Tjahjaningsih, E. (2021) "Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(3), hal. 361–374. Tersedia pada: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.189.
Jelita, P., and Apriliana, V.F.S. (2021) "Pengaruh Kualitas dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik,” Al-Multazim Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), hal. 68–79.
Putriansari, F.P. (2019) "The Influence of Perceived Quality, Brand Attitude and Brand Preference of the Purchase Intention Frisian Flag Milk in Surabaya,” Journal of Business & Banking, 8(2), hal. 177. Tersedia pada: https://doi.org/10.14414/jbb.v8i2.1544.
Rahman, A.F.A., Sudirman, I. dan Kadir, N. (2022) "Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek Lumier Skincare Dimasa Pandemi Covid– 19,” SEIKO : Journal of Management & Business, Vol. 5(No. 2), hal. 229–237.
Robi'ah, D.W. dan Nopiana, M. (2022) "Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin,” YUME : Journal of Management, 5(1), hal. 433–441. Tersedia pada: https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235.
Sääksjärvi, M. dan Samiee, S. (2011) "Relationships among Brand Identity, Brand Image and Brand Preference: Differences between Cyber and Extension Retail Brands over Time,” Journal of Interactive Marketing, 25(3), hal. 169–177. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.intmar.2011.04.002.
Saputra, G.W. dan Ardani, G.A.K.S. (2020) "Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,” E-Jurnal Manajemen, 9(7), hal. 2596– 2620.Tersedia pada:https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07.
Sekaran, U. (1992). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahidah, R.A. (2021) "Pengaruh Viral Marketing dan Digital Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Lokal di Masa Pandemi Covid 19,” Humanis, 1(2), hal. 827–837.
Tjiptono, F. (2016). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi
Wiranata, I.K.A., Agung, A.A.P. dan Prayoga, I.M.S. (2021) "Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan,” Jurnal EMAS, 2(3), hal. 133–146.
Yulianty, Y., Setyawan, O. dan Indrastuti, S. (2021) "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lipstik Merek Wardah Di Kota Pekanbaru,” Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 6(2), hal. 142–155. Tersedia pada: https://doi.org/10.35145/kurs.v6i2.1819
Hak Cipta (c) 2023 Airlangga Journal of Innovation Management
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.
AJIM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.