Determinants of Consumer Purchase Intentions on Halal Products

Brand Awareness Purchase Decision Halal purchase intention Halal Awareness Halal product

Penulis

Tingginya peminat produk halal di Indonesia dalam bidang makanan dan minuman,hal menimbulkan tantangan dan peluang bagi MUI sebagai pihak yang berwenang dalam mengeluarkan sertifikasi halal dan pelaku usaha sebagai mata rantai pertama dalam pendistribusian produk ke konsumen. Hal tersebut menjadi sebuah perhatian khusus bagi UMKM cafetelo D-9 dalam menghdapi tantangan dan peluang dari permintaan akan produk yang terferifikasi halal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan konsumen terhadap sikap dan niat beli dari produk D-9 Salatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan simple random sampling yang dibagikan melalui media sosial. Pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan pengetahuan halal konsumen terhadap niat beli berpengaruh signifikan serta positip Pengetahuan halal berpengaruh signifikan terhadap sikap serta sikap berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat terhdap pihak UMKM selaku palaku bisnis untuk bisa lemih memberikan perhatian bagi sertifikasi halal mengingat antusias serta respon positif masyarakat akan produk makanan dan minuman halal