Influence of Halal Lifestyle, Islamic Branding, and Social Media Marketing on Muslim Fashion Purchasing Decisions

Halal lifestyle islamic branding social media marketing purchasing decision muslim fashion

Penulis

  • Mutmainah
    muthmainah56@gmail.com
    UIN KH Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Muhammad Ryan Romadhon Department of Sharia Economics, Jember Islamic University, Indonesia, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup halal, branding Islami, pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian busana muslim di Jawa Timur. Tren gaya hidup halal saat ini juga mempengaruhi pola konsumtif masyarakat, di mana mereka selalu ingin mengikuti tren busana muslim yang selalu berkembang. Perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, dan Perkembangan gaya hidup halal menunjukkan bahwa meningkatnya kesadaran umat Islam dalam mengambil keputusan pembelian harus didasarkan pada rasionalitas agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif exsplenatory. Data yang diperoleh survei konsumen, riset dilakukan secara daring pada Agustus 2023 dengan jumlah responden sebanyak 101 orang. Alat statistik adalah Eviews 9 menggunakan metode regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel gaya hidup halal tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Selanjutnya, branding Islami dan variabel pemasaran media sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dalam membeli produk busana muslim, tidak semua konsumen memperhatikan gaya hidup halal karena terkadang mereka dalam menentukan pembelian suatu produk busana muslim lebih memikirkan merek dan produk yang sedang tren di media sosial.