Influence of Halal Lifestyle, Islamic Branding, and Social Media Marketing on Muslim Fashion Purchasing Decisions
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup halal, branding Islami, pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian busana muslim di Jawa Timur. Tren gaya hidup halal saat ini juga mempengaruhi pola konsumtif masyarakat, di mana mereka selalu ingin mengikuti tren busana muslim yang selalu berkembang. Perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat, dan Perkembangan gaya hidup halal menunjukkan bahwa meningkatnya kesadaran umat Islam dalam mengambil keputusan pembelian harus didasarkan pada rasionalitas agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif exsplenatory. Data yang diperoleh survei konsumen, riset dilakukan secara daring pada Agustus 2023 dengan jumlah responden sebanyak 101 orang. Alat statistik adalah Eviews 9 menggunakan metode regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel gaya hidup halal tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Selanjutnya, branding Islami dan variabel pemasaran media sosial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dalam membeli produk busana muslim, tidak semua konsumen memperhatikan gaya hidup halal karena terkadang mereka dalam menentukan pembelian suatu produk busana muslim lebih memikirkan merek dan produk yang sedang tren di media sosial.
Abu-Hussin, M. F., Johari, F., Hehsan, A., & Mohd Nawawi, M. S. A. Bin. (2017). Halal Purchase Intention Among the Singaporean Muslim Minority. Journal of Food Products Marketing, 23(7), 769–782. https://doi.org/10.1080/10454446.2016.1141139
Ali Takrim, S. N. (2021). Pengaruh, Analisis Branding, Islamic Awareness, Halal Kualitas, D A N Keputusan, Terhadap Kaos, Pembelian Halal, Kaki Soka, Merek.
Amrullah, A. (2023). Determinants of Consumer Purchase Intentions on Halal Products. Airlangga Journal of Innovation Management, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.20473/ajim.v4i1.46825
Annur, C. M. (2022). Ini Aplikasi Medsos yang Paling Sering Digunakan Sehari-hari. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/ini-aplikasi-medsos-yang-paling-sering-digunakan-sehari-hari#:~:text=WhatsApp tampaknya menjadi aplikasi media,Katadata Insight Center (KIC).
Ariesandy, P., & Zuliestina, D. A. (2019). THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING VIA INSTAGRAM ON PURCHASE INTENTION OF LADYFAMESHOP CONSUMERS. 6(2), 2767–2772.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arsj, F. R. (2023). Does Social Media Marketing Influences Consumer Purchase Decisions at Marketplace ? AJIM (Airlangga Journal of Innovation Management), 4(1), 114–124.
Aruan, D. T. H., & Wirdania, I. (2020). You are what you wear: examining the multidimensionality of religiosity and its influence on attitudes and intention to buy Muslim fashion clothing. Journal of Fashion Marketing and Management, 24(1), 121–136. https://doi.org/10.1108/JFMM-04-2019-0069
Arzahwa, F. N. A., Suryani, & Priyatno, P. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI Z MEMILIH BUSANA MUSLIMAH. Jurnal EK&BI, 4.
Buana, A. (2018). Ahlan Wa Sahlan Industri Hijab Dunia. Tirto.Id. https://tirto.id/ahlan-wa-sahlan-industri-hijab-dunia-ddC
Gerungan, K., & Karina, P. (2019). Analisa Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Restoran Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 72(2), 171–182. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/10189%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/viewFile/10189/9121
Habibi, R. (2023). THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY AND TRUST ON THE INTEREST TO SAVING MODERATED HALAL LIFESTYLE. Conference or Workshop Item.
Handayani, P., Rusydiyah, E. F., & A'la, B. A. (2023). Halal Lifestyle Education in Indonesia: An Analysis of Textbook Content (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-052-7_5
Ihatec marketing research. (2022). Laporan Survei TOP HALAL INDEX 2022 PERSEPSI MILENIAL INDONESIA TERHADAP PRODUK HALAL. 1–24.
Ilham, M., & Firdaus, F. (2020). Islamic Branding Dan Religiusitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Pada Swalayan Al-Baik Kota Tanjungpinang. Perada, 3(1), 29–48. https://doi.org/10.35961/perada.v3i1.56
Jailani, N., & Adinugraha, H. H. (2022). The Effect of Halal Lifestyle on Economic Growth in Indonesia. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.18196/jerss.v6i1.13617
Kalbuadi, A., Saputra, A. M., & Hermanto, A. (2022). Peran Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness dan Brand Commitment (Studi Pada Universitas Teknologi Mataram di Kota Mataram). Solid, June. https://doi.org/10.35200/solid.v12i1.511
Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK BERLABEL HALAL DI PEKALONGAN. Jurnal Studi Keislaman, 7(1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2005). Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Lane, K. (2007). Manajemen Pemasaran. In Manajemen Pemasaran.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Photosynthetica, 2(1), 1–13.
Pamungkas, N. L., Ibdalsyah, I., & Triwoelandari, R. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 100–114. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.539
Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product dan Service Solution : untuk analisis data dan uji statistic. Mediakom.
Pujianto, O., Achsa, A., & Novitaningtyas, I. (2023). the Effect of Brand Ambassadors and Brand Image on Purchasing Decisions. AJIM (Airlangga Journal of Innovation Management), 2(2), 121–240. https://doi.org/10.53067/ijomral.v2i2
Refiani, A. S., & Mustikasari, A. (2020). Analisis pengaruh sosial media marketing melalui Instagram terhadap keputusan pembelian. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 2753–2758.
Rifyal Dahlawy Chalil Dkk. (2020). Brand, Islamic Branding Dan Re-Branding "Peran Strategi Merek Dalam Mencptakan Daya Saing Industri Dan Bisnis Global. Rajawali Press.
Setyaningsih, T. (2021). PENgaruh Islamic Branding, Brand Image, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya oleh Masyarakat Ponorogo. 6.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14
Yolandha, F. (2023). Busana Muslim Jadi Salah Satu Produk Lokal Paling Diburu Selama Harbolnas 2022. Republika Co.Id. https://ekonomi.republika.co.id/berita/rodbd2370/busana-muslim-jadi-salah-satu-produk-lokal-paling-diburu-selama-harbolnas-2022
Zuraya, N. (2021). Industri Fashion Muslim Indonesia Jadi Tiga Terbaik di Dunia. 21 Desember 2021. https://www.republika.co.id/berita/r4etxx383/industri-fashion-muslimindonesia-jadi-tiga-terbaik-di-dunia
Hak Cipta (c) 2023 Airlangga Journal of Innovation Management
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.
AJIM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.