Pengembangan Model Bisnis UMKM dan Strategi Pemasarannya

Business Model Canvas Strategi Pemasaran Analisis SWOT

Penulis

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran dan mengembangkan model bisnis bagi UMKM di Desa Ngargogondo. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh berdasarkan wawancara dan observasi, data sekunder diperoleh dari literatur terkait dan dokumen pemerintah desa setempat. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis berdasarkan analisis SWOT dan business model canvas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Desa Ngargogondo perlu meningkatkan aspek produk, aspek komunikasi pemasaran, dan aspek distribusi dalam strategi pemasarannya. Produk yang ditawarkan memerlukan inovasi dan diversifikasi untuk mendukung value proposition. Aliansi dengan influencer media sosial diperlukan untuk meningkatkan kesadaran audiens terhadap produk UMKM tersebut. Aliansi dengan UMKM lain juga diperlukan untuk menambah saluran distribusi. Dengan menerapkan usulan strategi terkait aspek pemasaran, diharapkan bisnis UMKM Desa Ngargogondo dapat berkembang dan berkelanjutan untuk mendukung Candi Borobudur sebagai kawasan strategis pariwisata nasional di Indonesia.