Determinants of Intention to Choose Halal Certified Restaurant in West Java
Unduhan
Pendirian restoran yang menawarkan beragam makanan dan minuman yang telah disertifikasi halal sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap sertifikasi halal. Namun, pentingnya sertifikasi ini belum sepenuhnya dipahami oleh sebagian besar konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki potensi pengaruh pengetahuan, sikap, dan religiusitas terhadap minat beli konsumen di restoran halal di Jawa Barat, yang masing-masing ditandai dengan fitur unik. Selain itu, beberapa tempat makan menekankan aspek alam dan budaya dari daerah tersebut. Ragam kuliner tradisional, pusat bisnis, dan keberadaan komunitas Muslim membuat Jawa Barat menjadi destinasi menarik bagi mereka yang mencari pengalaman makan yang sesuai dengan nilai-nilai keagamaan dan nyaman. Dalam studi kuantitatif ini, data utama dikumpulkan dari 100 responden melalui kuesioner yang didistribusikan melalui Google Form. Pendekatan pemodelan persamaan struktural (SEM) berdasarkan partial least square (PLS) digunakan untuk menganalisis data, dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4 untuk pengolahan. Temuan menunjukkan bahwa faktor sikap dan religiusitas terbukti menjadi faktor yang berpengaruh pada minat beli konsumen di tempat makan halal tersebut. Sebaliknya, pengetahuan tidak terbukti memiliki efek signifikan pada minat beli konsumen terhadap restoran halal dalam penelitian ini.
Afrianty, N., & Agustina, D. (2020). Pengaruh Islamic Branding Dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT. HNI HPAI Kota Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies (JIEFeS), 1(2), 121-136.
Akhyar, K. F., & Pramesti, D. A. (2019). Pengaruh religiusitas dan sertifikasi halal terhadap keputusan pembelian (studi empiris pada japanese food restaurant di Magelang). UMMagelang Conference Series, 609–619.
Alfiani, S., & Priantina, A. (2024). Capturing Millennials’ Attention: Investigating Influential Factors on Purchase Intention at Halal Restaurants in Bogor, Indonesia. Airlangga Journal of Innovation Management, 5(1), 154–169. https://doi.org/10.20473/ajim.v5i1.55020
Amrullah, A. (2023). Determinants of Consumer Purchase Intentions on Halal Products. Airlangga Journal of Innovation Management, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.20473/ajim.v4i1.46825
Bashir, A. M., Bayat, A., Olutuase, S. O., & Abdul Latiff, Z. A. (2019). Factors affecting consumers’ intention towards purchasing halal food in South Africa: a structural equation modelling. Journal of Food Products Marketing, 25(1), 26–48. https://doi.org/10.1080/10454446.2018.1452813
Budiman, A. N., & Annisa, I. T. (2019). Pemahaman Muslim Berlangganan Restoran Halal: Peran Logo Halal dan Sikap Konsumen di Kota Bogor. Majalah Sainstekes, 6(2). https://doi.org/10.33476/ms.v6i2.1199
Desmayonda, A., & Trenggana, A. F. M. (2019). PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MUJIGAE RESTO BANDUNG. DINAMIKAEKONOMI Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 17.
Elseidi, R. I. (2018). Determinants of halal purchasing intentions: evidences from UK. Journal of Islamic Marketing, 9(1), 167–190. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2016-0013
Fauziah Ramadhany, S. (2024). Pengaruh Pengetahuan,label halal,sikap,Religiusitas dan Harga terhadap Minat Beli pada Kosmetik Halal Import Korea. Airlangga Journal of Innovation Management, 5(1), 126–140. https://doi.org/10.20473/ajim.v5i1.55095
Felix, R., & Braunsberger, K. (2016). I believe therefore I care: The relationship between religiosity, environmental attitudes, and green product purchase in Mexico. International Marketing Review, 33(1), 137–155. https://doi.org/10.1108/IMR-07-2014-0216
Firdaus, S., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2022). Analisis Religiusitas Dan Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Korean Food di Kota Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3, 1579–1583.
Fitriyani, E. N. (2021). PENGARUH KESADARAN HALAL, ISLAMIC BRANDING, DAN SIKAP TERHADAP MINAT BELI GENERASI Z DIMODERASI SOCIAL MEDIA INFLUENCER. Journal of InnovationResearchand Knowledge, 1, 577–586.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).
Kusumastuti, D. K. (2020). Minat Beli Produk Halal di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(2), 27–50. https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i2.3929
Legowati, D. A., & Ul Albab, F. N. (2019). Pengaruh Attitude, Sertifikasi Halal, Promosi dan Brand terhadap Purchase Intention di Restoran Bersertifikasi Halal. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(1), 39. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v2i1.787
Lubis, R. H. (2023). The Role of Halal Center in Increasing Sustainable Economy in the Halal Industry Sector. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 4(2), 182–196. https://doi.org/10.47700/jiefes.v4i2.6465
Matondang, Z. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Halal, dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 18–38. https://doi.org/10.24239/jiebi.v5i1.138.18-38
Nurmaydha, A., & Mustaniroh, S. A. (2022). KONSEP MODEL SISTEM JAMINAN HALAL (SJH) PADA RESTORAN HOTEL SYARIAH (STUDI KASUS DI UNIDA GONTOR INN, UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR). AGRIS - International System for Agricultural Science and Technology, 19(3), 12.
Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 Dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Ryandono, M. N. H., Mawardi, I., Rani, L. N., Widiastuti, T., Ratnasari, R. T., & Wardhana, A. K. (2022). Trends of research topics related to Halal meat as a commodity between Scopus and Web of Science: A systematic review. F1000Research, 11(1562), 1562.
Septianda, T., & Priantina, A. (2024). Gen Z and Halal Local Cosmetics. Airlangga Journal of Innovation Management, 5(2), 201–214. https://doi.org/10.20473/ajim.v5i2.56338
Sumbalatu, J., Prasojo, W. B., & Panjaitan, A. M. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LABEL HALAL PADA RESTORAN. 3(1).
The impact of COVID-19 to millennials’ consumption behaviour and halal preference: Does religiosity matter? (2021). The Journal of Muamalat and Islamic Finance Research, 125–135. https://doi.org/10.33102/jmifr.v19i2.466
Tumangger, A. M., Nasution, A. A., & Jamaluddin. (2022). ANALISIS PENGARUH SERTIFIKAT PRODUK HALALDALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMENHERBAL NETWORK INTERNATIONAL-HERBA PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA. MUTLAQAH; Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 2, 12.
Wardhana, A. K., & Ratnasari, R. T. (2022). Impact of Agricultural Land and the Output of Agricultural Products Moderated with Internet Users toward the Total export of Agricultural Product in Three Islamic South East Asian Countries. Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 11–20.
Zakik, Z., Kamil, A., Prasetyo, A. S., Ryandono, M. N. H., & Wijayanti, I. (2022). Economic development on Madura Island through halal tourism: A business feasibility study. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 6(2), 289–303.
Zulfikar, Z., Muflikhati, I., & Irni Rahmayani, J. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Terhadap Minat Beli Rumah Berkonsep Urban Farming Makassar. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.9.2.570
Hak Cipta (c) 2024 Airlangga Journal of Innovation Management
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-No ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.
AJIM by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.