Determinants of Intention to Choose Halal Certified Restaurant in West Java

halal restaurant purchase interest knowledge Attitude religiosity

Penulis

October 14, 2024

Pendirian restoran yang menawarkan beragam makanan dan minuman yang telah disertifikasi halal sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap sertifikasi halal. Namun, pentingnya sertifikasi ini belum sepenuhnya dipahami oleh sebagian besar konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki potensi pengaruh pengetahuan, sikap, dan religiusitas terhadap minat beli konsumen di restoran halal di Jawa Barat, yang masing-masing ditandai dengan fitur unik. Selain itu, beberapa tempat makan menekankan aspek alam dan budaya dari daerah tersebut. Ragam kuliner tradisional, pusat bisnis, dan keberadaan komunitas Muslim membuat Jawa Barat menjadi destinasi menarik bagi mereka yang mencari pengalaman makan yang sesuai dengan nilai-nilai keagamaan dan nyaman. Dalam studi kuantitatif ini, data utama dikumpulkan dari 100 responden melalui kuesioner yang didistribusikan melalui Google Form. Pendekatan pemodelan persamaan struktural (SEM) berdasarkan partial least square (PLS) digunakan untuk menganalisis data, dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4 untuk pengolahan. Temuan menunjukkan bahwa faktor sikap dan religiusitas terbukti menjadi faktor yang berpengaruh pada minat beli konsumen di tempat makan halal tersebut. Sebaliknya, pengetahuan tidak terbukti memiliki efek signifikan pada minat beli konsumen terhadap restoran halal dalam penelitian ini.