The Influence of Hedonic Shopping and Free Shipping Tagline on Impulsive Buying of Shopee Users

(Case Study on Student of Al-Falah As-Sunniyah University)

Belanja Hedonis Tagline Gratis Ongkir Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee

Penulis

March 27, 2025

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku pembelian impulsif yang dirasa semakin meningkat di kalangan pengguna shopee, khususnya mahasiswa. Salah satu faktornya adalah hedonic shopping dan tagline gratis ongkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah belanja hedonis dan tagline gratis ongkos kirim berdampak pada pembelian impulsif Shopee mahasiswa Universitas Al-Falah As-Sunniyah. Seratus mahasiswa dari Universitas Al-Falah As-Sunniyah yang menggunakan Shopee menjadi ukuran sampel untuk penelitian kuantitatif ini, yang menggunakan metode survei dan prosedur pengambilan sampel probabilitas dengan menggunakan metode pengambilan sampel acak sederhana. Dengan menggunakan program statistik SPSS 25, analisis regresi berganda diterapkan dalam metode analisis data. Berdasarkan temuan penelitian, pembelian impulsif dipengaruhi secara signifikan oleh belanja hedonis, pembelian impulsif dipengaruhi secara signifikan oleh tagline gratis ongkos kirim, dan pembelian impulsif dipengaruhi secara signifikan oleh belanja hedonis dan tagline gratis ongkos kirim secara bersamaan.