Analysis of Nutritional Value and Consumer Behavior Diversification of Milkfish (Chanos sp.) Products From Aquaculture Products By Packaging Modification In MSME Sukolilo, Surabaya

milkfish branding Covid-19 aquatic organism vacuum MSME

Authors

  • Patmawati Patmawati
    patmawati@fpk.unair.ac.id
    Department of Marine, Faculty of Fisheries and Marine Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Sri Subekti Department of Marine, Faculty of Fisheries and Marine Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Wahju Tjahjaningsih Department of Marine, Faculty of Fisheries and Marine Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Ida Ayu Puspitasari Study Programme of Fisheries Products Technology, Faculty of Fisheries and Marine, Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Annisa Nur R. P. Study Programme of Fisheries Products Technology, Faculty of Fisheries and Marine, Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Mohamad Akmal A.H. Study Programme of Fisheries Products Technology, Faculty of Fisheries and Marine, Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Renyta Andini, W. Study Programme of Fisheries Products Technology, Faculty of Fisheries and Marine, Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia
  • Aliffiansyah Rizky E Study Programme of Fisheries Products Technology, Faculty of Fisheries and Marine, Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java, Indonesia, Indonesia

Downloads

Analisis nilai gizi dan prilaku konsumen merupakan aspek penting untuk peningkatan nilai jual dari produk baru. Perbaikan pada kemasan dan informasi nilai gizi adalah salah satu cara untuk meningkatkan branding sebuah produk dan meningkatkan nilai jual produk terutama di masa pandemic Covid-19. Oleh sebab itu, peneltian ini bertujuan untuk menganalisis nilai gizi dan perilaku konsumen pada produk otak-otak dan bandeng presto yang diolah oleh salah satu UMKM di Surabaya. Metode yang digunakan yaitu dengan analysis nilai gizi produk yang diolah oleh UMKM dlabolatorium dan analisis prilaku konsumen dengan menyebar kuisioner ke 50 responden dengan berbagai latar belakang Pendidikan. Hasil uji analisis nilai gizi kedua produk untuk bandeng presto yaitu kadar air sebesar 61%, kadar abu 7.64%, kadar lemak 6%, dan kadar protein 8.79%. Sedangkan untuk otak-otak bandeng mengandung kadar air 58.20%, kadar abu 3.12%, kadar lemak  13.42%, dan kadar protein 7.69%. Hasil analisis prilaku konsumen menunjukkan bahwa konsumen memilih produk yang menggunakan kemasan yang menarik yang dilengkapi kemasan sekunder dan primer dengan teknologi vakum dibandingkan dengan kemasan mika untuk produk bandeng presto atau daun pisang untuk produk otak. Pengaruh penggunaan kemasan juga tentunya akan bepengaruh terhadap nilai tambah dan umur simpan produk. Hasil riset menunjukan juga bahwa konsumen lebih memilih belanja online sebanyak 94% responden dengan mempertimbangan beberapa informasi seperti nilai gizi yang disajikan dalam kemasan. Oleh sebab itu, penjualan produk diversifikasi perikanan memupnya potensi pemasaran yang lebih luas menggunakan platform online dibanding penjualan langsung dipasar. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap omzet dan peningkatan perekonomian UMKM jika terus didampingi dalam pengembangan penjualan secara digital. 

Most read articles by the same author(s)