Analysis of Nutritional Value and Consumer Behavior Diversification of Milkfish (Chanos sp.) Products From Aquaculture Products By Packaging Modification In MSME Sukolilo, Surabaya
Analisis nilai gizi dan prilaku konsumen merupakan aspek penting untuk peningkatan nilai jual dari produk baru. Perbaikan pada kemasan dan informasi nilai gizi adalah salah satu cara untuk meningkatkan branding sebuah produk dan meningkatkan nilai jual produk terutama di masa pandemic Covid-19. Oleh sebab itu, peneltian ini bertujuan untuk menganalisis nilai gizi dan perilaku konsumen pada produk otak-otak dan bandeng presto yang diolah oleh salah satu UMKM di Surabaya. Metode yang digunakan yaitu dengan analysis nilai gizi produk yang diolah oleh UMKM dlabolatorium dan analisis prilaku konsumen dengan menyebar kuisioner ke 50 responden dengan berbagai latar belakang Pendidikan. Hasil uji analisis nilai gizi kedua produk untuk bandeng presto yaitu kadar air sebesar 61%, kadar abu 7.64%, kadar lemak 6%, dan kadar protein 8.79%. Sedangkan untuk otak-otak bandeng mengandung kadar air 58.20%, kadar abu 3.12%, kadar lemak 13.42%, dan kadar protein 7.69%. Hasil analisis prilaku konsumen menunjukkan bahwa konsumen memilih produk yang menggunakan kemasan yang menarik yang dilengkapi kemasan sekunder dan primer dengan teknologi vakum dibandingkan dengan kemasan mika untuk produk bandeng presto atau daun pisang untuk produk otak. Pengaruh penggunaan kemasan juga tentunya akan bepengaruh terhadap nilai tambah dan umur simpan produk. Hasil riset menunjukan juga bahwa konsumen lebih memilih belanja online sebanyak 94% responden dengan mempertimbangan beberapa informasi seperti nilai gizi yang disajikan dalam kemasan. Oleh sebab itu, penjualan produk diversifikasi perikanan memupnya potensi pemasaran yang lebih luas menggunakan platform online dibanding penjualan langsung dipasar. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap omzet dan peningkatan perekonomian UMKM jika terus didampingi dalam pengembangan penjualan secara digital.
Aditama, F. and Purwaningsih, A., 2014. Pengaruh perencanaan pajak terhadap manajemen laba pada perusahaan non manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Modus, 26(1), pp. 33-50. https://doi.org/10.24002/modus.v26i1.576
Andarwulan, N., Kusnandar, F. and Herawati, D., 2011. Food Analysis. Dian Rakyat. Jakarta. 328 p.
Astawan, M., Nurwitri, C.C., Suliantari., and Rochim, D.A., 2015. Combination of vacuum packaging and cold storage to extend the shelf life of tempe bacem. Food, 24(2), pp. 125-134. https://doi.org/10.33964/jp.v24i2.27
[BSN] National Standardization Agency., 2006. SNI 01-2354.3-2006. Determination of total fat content in fishery products. National Standardization Agency, Jakarta.
[BSN] National Standardization Agency., 2006. SNI 01-2354.4-2006. Determination of Protein levels by total nitrogen method in fishery products. National Standardization Agency, Jakarta.
[BSN] National Standardization Agency., 2010. SNI 2354.1-2010. Determination of insoluble ash and ash levels in acids in fishery products. National Standardization Agency, Jakarta.
[BSN] National Standardization Agency., 2015. SNI 2354.2-2015. Water content testing of fishery products. National Standardization Agency, Jakarta.
Climate Adapt., 2019. Diversification of fisheries and aquaculture products and systems. Website. https://climate-adapt.eea.europa.eu/metadata/adaptation-options/diversification-of-fisheries-and-aquaculture-products-and-systems.
Dimas, H.W., Zainul, A. and Sunarti., 2015. Analysis of marketing strategies to improve the competitiveness of MSMEs (study on Batik Diajeng Solo). Journal of Business Administration, 29(1), pp. 59-66. https://media.neliti.com/media/publications/86529-ID-analisis-strategi-pemasaran-untuk-mening.pdf
Fantini, E., Mohammad, S. and Ade, S., 2021. Optimalisasi sosial media sebagai sarana promosi usaha kecil menengah meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial, 1(2), pp. 126-131. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/18/15
Indriastuti., Dewi, S. and Dwi, H., 2018. Pengembangan dan peningkatan usaha produk olahan bandeng di Kecamatan Pakal Surabaya. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(1), pp. 37-42. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/8517/8375
Maulana, S.M., Heru, S., and Riyadi., 2015. Implementasi e-commerce sebagai media penjualan online (studi kasus pada toko pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), pp. 1-9. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1165/1452
Moriansyah, L., 2015. Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), pp. 187-196. http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.19.3.346
Mulyawan, I.B., Baiq, R.H., Bambang, D., Wiharyani, W. and Astri, I.S., 2019. Pengaruh teknik pengemasan dan jenis kemasan terhadap mutu dan daya simpan ikan pindang bumbu kuning. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 22(3), pp. 464-475. https://doi.org/10.17844/jphpi.v22i3.28926
Muna, F.N., 2019. Pengaruh pembelian online dan pembelian offline terhadap keputusan pembelian dengan minat sebagai variabel intervening (studi kasus pada 3Second Yogyakarta). Thesis. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. 93 p.
Murtidjo., 2002. Budidaya dan pembenihan bandeng. Kanisius. Yogyakarta.
Normilawati, Fadlilaturahmah, Samsul, H., and Normaidah., 2019. Penetapan kadar air dan kadar protein pada biskuit yang beredar di Pasar Banjarbaru. Jurnal Ilmu Farmasi, 10(2), pp. 51-55. https://ejournal.stikesmukla.ac.id/index.php/cerata/article/view/77/58
Pratiwi, A. and Nuryanti., 2017. Studi kelayakan kadar air, abu, protein, dan timbal (Pb) pada sayuran di Pasar Sunter, Jakarta Utara, sebagai bahan suplemen makanan. Indonesia Natural Research Pharmaceutical Journal, 2(2), pp. 67-78. https://doi.org/10.52447/inspj.v2i2.1910
Purnamayati, L., Ima, W., Apri, D.A., Ulfah, A. and Sumardianto., 2018. Pengaruh pengemasan vakum terhadap kualitas bandeng presto selama penyimpanan. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 11(2), pp. 63-68. https://jurnal.uns.ac.id/ilmupangan/article/download/29052/19734
Rizaldy, D., 2019. Lama masak presto terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik bandeng (Chanos chanos Forsk) presto. Thesis. Universitas Semarang. Semarang.
Sunardi, S.S., Johan, V.S. and Zalfiatri, Y.S., 2018. Pemanfaatan rebung betung dalam pembuatan bakso ikan toman. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 10(2), pp. 6-13. https://doi.org/10.17969/jtipi.v10i2.11100
Yanti, H., Hidayati and Elfawati., 2008. Kualitas daging sapi dengan kemasan plastik PE (Polyethylene) dan plastik PP (Polypropylen) di pasar arengka Kota Pekanbaru. Jurnal Peternakan, 5(1), pp. 22- 27. http://dx.doi.org/10.24014/jupet.v5i1.279
Copyright (c) 2022 Patmawati Patmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. The copyright of this journal belongs to the Editorial Board, based on the author's consent, while the moral rights of the publication belong to the author(s).
2. The formal legal aspect of journal accessibility refers to the same Creative Common Attribution + Noncommercial + ShareAlike (CC BY-NC-SA), implying that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publication (printed/electronic) is open access for educational, research and library purposes. In addition to the objectives stated above, the editorial board is not responsible for copyright infringement